Cara Memperbaiki Kopling Motor Selip

Posted on

Kurniots.comCara Memperebaiki Kopling Motor Selip – Kopling selip akan membuat tenaga dan akselerasi motor melorot, hal utama yang menyebabkanya adalah kanpas kopling yang sudah habis atau tipis.

Beberapa penyebab kopling motor selip juga dapat diakibatkan oleh komponen dalam rakitan kopling sudah aus atau sudah usang. kopling selip diakibatkan tidak kuatnya kopling meladeni tenaga mesin yang melonjak pada saat berakselerasi atau mesin di gas.

Dalam hal memperbaiki kopling motor selip, kamu harus tahu dulu apa saja komponen-komponen dalam rakitan kopling yang dapat mengakibatkan kopling motor menjadi selip agar kamu dapat menggantinya berdasarkan analisa kerusakannya. nah apa saja yang menyebabkan kopling pada sepeda motor selip, berikut ini selengkapnya.

Baca Juga: Tanda Kopling Tipis Yang Harus Kamu Ketahui

Penyebab Kopling Motor Selip

Selain plat kopling atau kanpas kopling yang sudah habis atau tipis, ada banyak komponen dan kemungkinan yang dapat menyebabkan kopling motor selip. dan ini adalah penyebabnya.per kopling lemah atau kurang keras.

  1. Plat kopling aus
  2. Kanvas kopling aus
  3. Rumah kopling aus
  4. Baut pengunci per kopling longgar/kendor
  5. Per kopling sudah lemah
  6. Oli mesin sudah encer.

Cara Memperebaiki Kopling Motor Slip

Setelah mengetahui penyebab kopling motor selip, untuk cara memperbaiki kopling motor selip, kamu cari mana yang sudah aus atau usang dan ganti dengan yang baru. atau jika ingin mensiasati untuk meninimalisir biaya, anda bisa pake cara ini.

  • Per kopling lemah atau kurang keras.

Untuk memperbaiki kopling motor selip akibat per kopling lemah, ganjal per kopling pake kawat yang dibentuk lingkaran, atau jika kendalanya kurang keras, cari per payung. itu tuh payung buat hujan, ukur dan potong awas lingkaran per harus sama atau lebihin satu lingkaran. (per ini banyak dipake para peracik mesin daerah saya keras dan murah)

Baca Juga: Cara Menguras Radiator Mobil Motor Itu Bisa Kamu Lakukan Sendiri!!!

Cara Memperebaiki Kopling Motor Slip
Cara Memperebaiki Kopling Motor Slip
  • Plat kopling aus

Jika kopling selip akibat Plat kopling yang aus, coba amplas untuk mendapatkan bidang kasar, juga cari alternatif kanfas lebih tebal, atau pilih dan ganti yang aus saja.

  • Kanvas kopling aus

Jika tingkat keausan belum parah, anda bisa membentuk kembali celah2 di kanvas kopling. pake gergaji besi.

  • Rumah kopling aus

Selanjutnya untuk memperbaiki kopling motor selip,Coba untuk mencari alternatif kanvas kopling yang lebih tebal atau anda tambahkan satu plat kopling (di double).

  • Baut pengunci per kopling longgar/kendor

Kalo untuk masalah ini sih ya sudah barang tentu anda harus mengencangkannya kembali.

  • Oli sudah encer.

Udah lama ya gak ganti oli, beli oli baru gih sana biar licin dan mantaf. selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *