3 Cara Memperbaiki Baut Busi Dol

Posted on

Kurniots.com – Drat busi atau baut busi dol memang salah satu masalah yang bisa bikin hari-hari anda runyam. drat busi yang aus atau slek memang tak bisa diperbaiki langsung tanpa membuka cylinder head, dan membuka head mesin jika pada mobil adalah bukan pekerjaan yang bisa dilakukan dengan singkat.

Namun kabar baiknya adalah, drat busi yang dol masih bisa diperbaiki. Jadi anda gak harus beli cylinder head atau deksel baru. drat busi yang dol bisa dibikin ulang dengan beberapa cara.

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah ini, berikut admin sajikan bagaimana cara memperbaiki baut busi yang dol atau slek.

Cara Memperbaiki Drat Baut Busi Dol

1. Mengganti jenis busi

Untuk cara memperbaiki drat baut busi dol yang pertama, anda bisa bikin drat baru atau tap ulang drat busi dengan ukuran yang lebih besar (pakai busi tipe lain).

Sebagai contoh jika pada motor bebek, bisa gunakan busi honda S90. ukuran dratnya sama dengan punya gl-pro atau tiger hanya beda di panjang busi saja.

Sedangkan untuk motor sport seperti tiger, bisa gunakan busi motor 2 tak atau busi mobil pilih pakai yang panjang atau pendek.

2. Cor Drat Busi

Cara yang kedua dalam memperbaiki baut busi dol ini adalah jika tak ingin mengganti tipe busi atau untuk motor 2 tak yang tidak ada pilihan tipe busi lain.

Pertama anda bisa bawa ke tukang las bubut untuk mengecor lubang drat busi pake las babet dan kemudian bor bikin lubang dan taf ulang drat busi. pakai cara ini resikonya bisa terjadi perubahan pada tekstur material karena pastinya kena panas pembakaran las.

3. Bos / Sok Drta Busi

cara memperbaiki baut busi dol dengan sok busi
cara memperbaiki baut busi dol dengan sok busi

Jika kamu tak ingin dengan cara pengelasan, maka cara ketiga untuk memperbaiki drat baut busi dol adalah dengan menggunakan bos atau sok.

caranya adalah kamu cari baut yang lebih besar dari lobang busi sebelumnya, kemudian bor dan tap ulang lubang drat busi sesuai ukuran baut tersebut.

Pasang baut untuk menutup drat busi kemudian potong dan ratakan serta rapikan ujung dan ujungnya. Terakhir bor lagi untuk bikin drat busi pada baut yang sudah terpasang tadi. atau dengan dibikin dulu diluar sebelum baut dipasang ( dilubangi dan di tap untuk drat busi seperti pada gambar diatas ).

Cara yang terakhir ini sih kalo boleh dibilang simpelnya tutup dulu lobang busi pake baut gede, kemudian bikin drat busi di baut tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *