Rumus Hitung Gigi Ratio Gearbox Motor

Posted on

Kurniots.com – Rumus Hitung Gigi Ratio Gearbox Motor – Mungkin diantara anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Gigi Ratio. gigi ratio atau gigi rasio adalah istilah untuk perbandingan gigi yang umumnya disebutkan untuk perbandingan gigi pada gearbox mesin sepeda motor.

Untuk keperluan racing atau upgrade mesin balap memang banyak yang melakukan penghitungan ulang atau memodifikasi perbandingan gigi ratio. melakukan modifikasi pada gigi ratio gearbox membutuhkan penghitungan yang pas agar apa yang diharapkan yaitu kenaikan performa motor dapat tercapai dengan maksimal.

rumus hitung gigi ratio gearbox perlu kamu ketahui dalam menentukan gigi gearbox yang akan kamu gunakan. Jangan asal menentukan ratio gigi transmisi karena itu ada aturanya agar tenaga mesin tersalurkan dengan sempurna dan maksimal di setiap giginya. penasaran bagaimana cara menghitung gigi ratio gearbox transmisi, berikut ini rumusnya.

Baca Juga: Rumus Hitung Diameter Klep Motor

Rumus Hitung Gigi Ratio Gearbox Motor

rumus hitung gigi ratio gearbox
rumus hitung gigi ratio gearbox

Ratio gear atau perbandingan gigi atau juga Gigi Ratio adalah angka yang menunjukkan tingkat ukuran besar kecilnya antara gigi- gigi pada transmisi. Ratio gear ini akan menentukan percepatan yang dihasilkan dari kombinasi gigi – gigi pada transmisi , Pada sepeda Motor pada umumnya menggunakan 2 gigi yang saling terhubung untuk menghasilkan satu tingkat percepatan.

Sebetulnya menghitung Ratio gear itu mudah rumusanya dihitung dari jumlah mata gigi, adalah berikut ini.

Baca Juga: Rumus Karburator, Cara Menentukan Diameter Venturi

  • Rumus ratio kombinasi 2 gigi

rumus : ratio gear = B : A

Contoh :

Jika pada gigi A ada 20 mata gigi, dan pada gigi B ada 40 mata gigi. Maka rasio perbandingan giginya adalah: B : A = 40 : 20 = 2

Penjelasan:

Rationya adalah 2 yang berarti bila gigi A berputar 2 kali maka gigi B berputar 1 kali.

  • Rumus ratio kombinasi 4 gigi 

rumus : ratio gear = (B : A ) x ( D : C )

  • Rumus ratio kombinasi 5 gigi 

rumus : ratio gear = ( B : A ) x (E : C ) x ( D : E )

Contoh :

jumlah roda gigi A adalah 10 , B = 30 , C =20 , D = 40

ratio gear = ( 30 : 10 ) x ( 40 : 20 )

= 3 x2

= 6

Penjelasan :

rationya adalah 6 , maksudnya adalah 6 kali putaran kopling atau akan menghasilkan 1 kali putaran output pada poros keluaran transmisi.

Baca Juga: Menghitung Durasi dan Lift Noken As / Camshaft, Rumus & Contoh

Gear Ratio / rasio gigi adalah untuk membuat beban mesin tidak terlalu berat, yang membuat mesin mampu menggerakkan mobil atau sepeda motor.Jadi Gigi ratio itu bukanlah gigi khusus atau gigi persneling racing yang kusus untuk dipakai balap. namun Istilah Ratio Gear itu lebih kepada perbandingan dari jumlah mata gigi dari kombinasi gigi yang digunakan pada transmisi.

Nah semoga artikel Rumus Hitung Gigi Ratio Gearbox Motor ini bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda ke Rumus Hitung Gigi Ratio Gearbox Motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *