12 Tipe Rangka Sepeda Motor, Esaf Adalah Salah Satunya

Tipe Rangka Sepeda Motor

Di artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis tipe rangka sepeda motor, salah satunya rangka esaf yang dapat Anda temukan di pasaran.

Dalam dunia sepeda motor, salah satu elemen yang paling vital adalah rangka. Rangka sepeda motor bukan hanya sebagai kerangka untuk menopang mesin dan komponen lainnya, tetapi juga memainkan peran penting dalam kenyamanan, kestabilan, dan gaya berkendara.

Rangka sepeda motor adalah tulang punggung dari kendaraan ini. Ini adalah komponen yang mendukung semua bagian lainnya dan memengaruhi bagaimana sepeda motor berperilaku di jalan.

Pemilihan tipe rangka yang tepat sangat penting untuk memenuhi kebutuhan berkendara Anda. Mari kita mulai dengan beberapa jenis tipe rangka yang paling umum ditemui.

1. Tipe Rangka Sepeda Motor Pressed (rangka press)

12 Tipe Rangka Sepeda Motor, Esaf Adalah Salah Satunya 17

Salah satu jenis rangka yang mungkin kurang dikenal tetapi tak kalah menarik adalah “rangka pressed” atau yang sering disebut “rangka press.” Rangka pressed adalah jenis rangka sepeda motor yang terbuat dari plat logam yang ditekan (pressed) menjadi bentuk yang diperlukan.

Hal ini menciptakan rangka yang lebih ramping dan ringan dibandingkan dengan beberapa jenis rangka lainnya. Rangka ini sering ditemui pada sepeda motor dengan desain yang sederhana dan minimalis.

2. Tipe Rangka Sepeda Motor Single Cradle (Rangka Bak Tunggal)

12 Tipe Rangka Sepeda Motor, Esaf Adalah Salah Satunya 18

Rangka single cradle adalah jenis rangka pada sepeda motor yang memiliki satu balok utama yang membentang dari bagian depan hingga bagian belakang. Ini adalah jenis rangka yang sangat populer dalam dunia sepeda motor klasik dan retro. Rangka ini memberikan tampilan yang klasik dan andal.

3. Rangka Full duplex cradle (rangka bak dobel)

12 Tipe Rangka Sepeda Motor, Esaf Adalah Salah Satunya 19

Rangka full duplex cradle adalah salah satu jenis rangka pada sepeda motor yang memiliki karakteristik yang unik. Secara sederhana, kita bisa menyebutnya sebagai rangka bak dobel. Rangka ini menawarkan kombinasi menarik antara kekuatan dan karakteristik yang unik.

4. Tipe Rangka Sepeda Motor Half-Duplex Cradle (Rangka Bak Semi Dobel)

12 Tipe Rangka Sepeda Motor, Esaf Adalah Salah Satunya 20

Rangka half-duplex cradle adalah salah satu jenis rangka pada sepeda motor yang memiliki struktur yang unik. Dalam bahasa yang lebih sederhana, kita bisa menyebutnya sebagai rangka bak semi dobel. Rangka ini memberikan kombinasi yang menarik antara kekuatan dan kesederhanaan.

5. Tipe Rangka Motor Deltabox

12 Tipe Rangka Sepeda Motor, Esaf Adalah Salah Satunya 21

Rangka Deltabox adalah salah satu jenis rangka yang sering ditemukan pada sepeda motor sport dan sepeda motor balap. Nama “Deltabox” diambil dari bentuknya yang menyerupai huruf delta (Δ) dalam alfabet Yunani. Rangka ini terkenal karena desainnya yang canggih dan kinerja yang luar biasa.

6. Tipe Rangka Sepeda Motor Spine atau Backbone (rangka tulang punggung)

12 Tipe Rangka Sepeda Motor, Esaf Adalah Salah Satunya 22

Rangka Spine, juga sering disebut sebagai rangka Backbone, adalah salah satu jenis rangka sepeda motor yang memiliki desain yang sederhana namun andal. Nama “Spine” diambil dari bentuknya yang mirip tulang belakang manusia. Rangka ini biasanya ditemukan pada sepeda motor dengan desain klasik atau retro.

7. Tipe Rangka Sepeda Motor Perimeter (twin spar frame)

12 Tipe Rangka Sepeda Motor, Esaf Adalah Salah Satunya 23

Rangka perimeter, seperti namanya, adalah jenis rangka yang membentuk “perimeter” atau batas luar sepeda motor. Ini adalah jenis rangka yang berbeda dari yang lain karena strukturnya yang khas.

8. Tipe Rangka Sepeda Motor Beam (rangka balok penyeimbang)

12 Tipe Rangka Sepeda Motor, Esaf Adalah Salah Satunya 24

Rangka Beam, yang juga sering disebut sebagai balok penyeimbang, adalah jenis rangka sepeda motor yang memiliki desain yang sederhana dan mudah dikenali. Rangka ini biasanya digunakan pada sepeda motor dengan gaya klasik atau cruiser.

9. Tipe Rangka Sepeda Motor Diamond (Diamond Frame)

12 Tipe Rangka Sepeda Motor, Esaf Adalah Salah Satunya 25

Rangka Diamond adalah salah satu jenis rangka sepeda motor yang memiliki bentuk yang khas menyerupai berlian. Rangka ini sering digunakan pada sepeda motor klasik dan cruiser. Nama “Diamond” diambil dari bentuknya yang menyerupai berlian yang indah.

Rangka ini memiliki bentuk seperti berlian dengan tabung horizontal di antara mesin dan bagian belakang sepeda motor. Rangka ini dikenal karena kestabilan dan kemudahan manuvernya.

10. Tipe Rangka Sepeda Motor Trellis (rangka teralis)

12 Tipe Rangka Sepeda Motor, Esaf Adalah Salah Satunya 26

Rangka Trellis adalah salah satu jenis rangka sepeda motor yang memiliki desain yang unik dan sangat mudah dikenali. Nama “Trellis” diambil dari bahasa Italia yang berarti “teralis” atau “jaringan logam yang saling terhubung.” Rangka ini sering kali digunakan pada sepeda motor dengan tampilan sporty dan agresif.

11. Tipe Rangka Sepeda Motor Monocoque

12 Tipe Rangka Sepeda Motor, Esaf Adalah Salah Satunya 27

Rangka Monocoque adalah salah satu jenis rangka sepeda motor yang memiliki desain yang sangat khas. Nama “Monocoque” berasal dari bahasa Prancis yang berarti “kendaraan tunggal” atau “kendaraan berbentuk cangkang.” Rangka ini terkenal karena desainnya yang mengintegrasikan rangka dengan bodi sepeda motor.

12. Tipe Rangka Sepeda Motor Esaf

12 Tipe Rangka Sepeda Motor, Esaf Adalah Salah Satunya 28

Belakangan ini motor Honda sedang ramai dibicarakan berkat isu rangka keropos dan patah yang menimpa beberapa model. Motor-motor yang mengalami hal tersebut diduga kuat merupakan tipe pengguna teknologi rangka terbaru bernama eSAF.

Sasis eSAF ini merupakan teknologi khusus untuk motor-motor matic terbaru Honda. Pada 2019 silam, PT Astra Honda Motor (AHM) memulai penggunaan rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) pada skutik bergaya klasik mereka yaitu Honda Genio.

Kesimpulan

Memilih jenis tipe rangka sepeda motor yang sesuai dengan gaya berkendara Anda adalah langkah penting dalam pengalaman berkendara yang optimal. Setiap jenis rangka memiliki karakteristik uniknya sendiri, yang dapat memengaruhi performa dan kenyamanan Anda. Jadi, pastikan Anda memahami perbedaan di antara mereka sebelum memutuskan untuk membeli sepeda motor baru.

Exit mobile version