Tips Memperbaiki Alarm Mobil Ngadat Tidak Berbunyi

Posted on

Kurniots.comTips Memperbaiki Alarm Mobil Ngadat Tidak Berbunyi – Salah satu antisipasi kebobolan mobil dijebol maling adalah Alarm mobil. kebanyakan mobil modern sekarang sudah dilengkapi alarm dari pabrikannya. nah yang namanya perangkat elektronik, kadangkala kita alami perangkat alarm tersebut ngadat atau rusak atau tidak bunyi, bahkan Bunyi Sendiri.

Sebelumnya saya sudah tulis tentang tips memperbaiki alarm bunyi sendiri. nah untuk kali ini bagaimana jika alarm tidak bunyi. apa yang rusak atau apa yang salah, berikut ini ulasannya.

Baca: Cara Memperbaiki Alarm Mobil Bunyi Sendiri

Tips Memperbaiki Alarm Mobil Ngadat Tidak Berbunyi

Tips Memperbaiki Alarm Mobil Ngadat Tidak Berbunyi
Tips Memperbaiki Alarm Mobil Ngadat Tidak Berbunyi
  • Standby Valet Mode

Alarm mobil yang mati gak bunyi bukan berarti itu dipastikan sirine atau alarm rusak. harus diketahui dulu kalo sebetulnya ada fitur alarm mobil yang bisa membuat sirine menjadi tidak berbunyi kalau digunakan untuk buka/kunci central lock pintu mobil menggunakan remote, yaitu fitur Standby Valet Mode. contohnya pada Avanza dan Xenia. 

Baca Juga: Oil Seal Sering Bocor, Ini Penyebab & Cara Memperbaikinya!!

Fitur ini menonaktifkan alarm untuk sementara waktu, tetapi remote masih berfungsi untuk membuka/kunci central lock pintu. fitur ini berguna bila mobil ingin masuk bengkel atau sedang di cuci. bagaimana tandanya. periksa dulu lampu LED alarm yang apakah menyala terus atau tidak.

Jika menyala terus artinya alarm masuk kedalam fitur Standby Valet Mode, ini mungkin terjadi karena tidak sengaja ditekan tekan. jika pada Kijang inova, fitur ini bisa aktif dan non aktif dengan cara :

  1. Tutup semua pintu termasuk kap mesin
  2. Pada tombol remote tekan [lock] – [unlock] – [lock] – [lock] secara sequence kurang lebih dilakukan sekitar tiga detik, maka bunyi beep akan mati, ulangi prosedur yang sama untuk membunyikan nada beep.
  3. Pada saat valet mode lampu led alarm akan menyala terus.

Baca Juga: Cara Cek Pulser Motor Menggunakan Avometer Atau Multitester

Jika pada mobil baru, coba anda baca kembali owner manual, sebetulnya disitu sudah ada petunjuk mengenai penggunaan alarm ini. seperti pada avanza dan xenia yang menggunakan auto2000 security system.

1. Mengaktifkan Alarm

  • Tekan tombol bergambar gembok tetutup 1x,seluruh CDL (Central Door Lock) terkunci alarm aktif (klakson bunyi 1x,sein berkedip 1x,LED indikator berkedip).
  • Jika masih terdapat pintu-pintu atau kap mesin terbuka saat mengaktifkan alarm klakson bunyi beep5x,tetapi bagian pintu yang terbuka tidak disensor oleh Control Processing Unit alarm.
  • Saat Alarm Aktif: jika pintu pintu terbuka atau kunci kontak diputar dari posisi LOCK/ACC ke ON,maka alarm langsung menyalak dan kendaraan tidak dapat di starter (klakson akan bunyi beep 10x kemudian bunyi sekitar 30 detik disertai sein berkedip,LED indikator ON)
  • Saat Alarm Aktif: kap mesin dibuka/terbuka atau sensor getar mendapat getaran cukup kuat maka alarm langsung menyalak dan mobil tidak bisa di starter (klakson berbunyi kira-kira 30 detik disertai sein berkedip,LED indikator menyala).

Baca Juga: Cara Membersihkan Saringan Fuel Pump Injeksi

2. Menonaktifkan alarm

Kemudian kasusnya jika posisi alarm mobil anda tidak masuk dalam Valet Mode namun sirine tidak berbunyi maka dipastikan ada masalah dengan sirine atau sistem alarm anda.

Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *