Panjang Stang Seher Megapro Series (Old & Monoshock)

Panjang Stang Seher Megapro Series (Old & Monoshock)

Untuk kalian yang sedang nyari ukuran panjang stang seher megapro series untuk kebutuhan substitusi, perbaikan ataupun modifikasi, berikut ini datanya.

Mesin motor adalah mesin yang kompleks, terdiri dari banyak komponen yang saling berinteraksi. Salah satu komponen yang sangat penting dalam mesin motor adalah seher atau piston. Artikel ini akan menginformasikan tentang ukuran panjang stang seher megapro series termasuk panjang stang seher dan segala hal yang perlu Anda ketahui.

Ukuran Panjang Stang Seher Megapro Lama

Panjang Stang Seher Megapro Series (Old & Monoshock) 4

Berdasarkan data yang saya dapat, stang seher Honda MegaPro lama (Road Assy Connecting) memiliki ukuran panjang stang seher, diameter pen piston dan big end sama dengan Honda Tiger dan GL Pro Neo Tech.

Ukuran panjang stang seher Megapro lama adalah sebagai berikut:

  • Panjang: 105,5 mm
  • Pen Piston 15 mm
  • Big End 30 mm

Ukuran stang seher megapro ini sama dengan ukuran stang seher Honda Tiger.

Ukuran Panjang Stang Seher New Megapro Monoshock

Panjang Stang Seher Megapro Series (Old & Monoshock) 5

Adapun untuk ukuran stang seher new Megapro monoshock diketahui sama dengan Honda Verza. Secara rinci, ukuran stang sehernya yang saya dapat dari sumber adalah sebagai berikut:

  • Panjang dari ujung big end ke pin piston 117 mm.
  • Tebal setang 16 mm.
  • Diameter big end 28 mm.
  • Ukuran lubang setang bagian bawah tanpa laher 36 mm.
  • Pin piston 14 mm.

Ukuran stang seher new Megapro monoshock diketahui sama dengan Honda Verza. Jadi bisa saling substitusi.

Harga Stang Seher Megapro Di Pasaran

Untuk harga stang seher megapro di pasaran, berdasarkan pantauan saya dari beberapa marketplace di Penelusuran Google Shopping berkisar antara Rp. 70.000 sampai Rp. 500.000 an tergantung merek.

Kamu bisa langsung saja cek harga terkininya disana atau bisa di marketplace-marketplace lain. Tentunya utamakan beli part original agar awet dan tahan lama.

Kenapa Panjang Stang Seher Berbeda?

Panjang stang seher berbeda-beda karena setiap mesin motor memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda. Dari data ukuran panjang stang seher megapro ternyata ada perbedaan antara megapro lama dan new megapro.

Beberapa alasan mengapa panjang stang seher bisa berbeda antara mesin motor yang satu dengan yang lain meliputi:

  1. Spesifikasi Mesin: Setiap mesin motor memiliki spesifikasi yang unik, seperti kapasitas silinder, putaran maksimum, dan tujuan penggunaan. Panjang stang seher dirancang untuk sesuai dengan spesifikasi mesin tertentu agar mencapai kinerja yang diinginkan.
  2. Performa yang Diinginkan: Panjang stang seher dapat memengaruhi torsi (daya putar) dan daya (daya mesin). Panjang yang berbeda dapat digunakan untuk mencapai level torsi dan daya yang sesuai dengan tujuan penggunaan motor tersebut.
  3. Desain Mesin: Desain mesin motor, termasuk geometri dan struktur komponen lainnya, dapat memengaruhi panjang stang seher yang optimal. Sehingga, setiap desain mesin mungkin memerlukan panjang stang seher yang berbeda.
  4. Teknologi Mesin: Penggunaan teknologi yang berbeda dalam mesin motor, seperti teknologi injeksi bahan bakar atau teknologi pengapian, dapat memengaruhi panjang stang seher yang ideal.
  5. Efisiensi dan Emisi Gas Buang: Panjang stang seher juga dapat memengaruhi efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang. Oleh karena itu, panjang stang seher mungkin harus disesuaikan agar memenuhi standar emisi dan efisiensi yang berlaku.

Jadi, panjang stang seher adalah salah satu elemen desain kunci yang disesuaikan untuk mencapai performa dan tujuan tertentu dalam mesin motor. Karena setiap mesin motor memiliki karakteristik yang berbeda, panjang stang seher harus dioptimalkan agar sesuai dengan kebutuhan mesin tersebut.

Kenapa Stang Seher Megapro Banyak Yang Cari?

Diketahui jika Motor Honda CB Seris dan GL Series banyak yang mengoleksi dan memodifikasi. Memiliki mesin yang enak untuk dimodifikasi karena memiliki basis yang sama dan ketersediaan part yang melimpah membuat motor CB, GL, Megapro dan Tiger jadi primadona para modifikator.

Maka dengan itu salah satu komponen yang pasti banyak dicari, salah satunya adalah stang seher. Selain itu juga karena motor megapro juga tergolong motor keluaran lama, tentunya banyak yang sudah turun mesin. Jadi wajar jika part seperti stang seher megapro banyak yang mencari.

Exit mobile version