Cara Mengatasi Karburator Boros Bensin dan Penyebabnya

How to Overcome Gasoline Wasteful Carburetor and Its Causes

Cara Mengatasi Karburator Boros Bensin dan Penyebabnya

Kurniots.com – Berikut ini cara mengatasi karburator boros bensin beserta penyebab karburator boros bensin yang penting kamu ketahui agar bisa melakukan perbaikan.

Setiap orang pasti ingin memiliki kendaraan baik itu motor ataupun mobil yang bertenaga, kencang namun dengan konsumsi BBM yang irit.

Namun faktanya, untuk mendapatkan tenaga yang besar maka kapasitas CC mesin akan besar dan ketika CC mesin besar maka akan memakan bahan bakar lebih banyak atau lebih boros.

Luar dari itu, kadang bisa saja terjadi dimana motor kamu CC kecil, lari juga ngos-ngosan akan tetapi boros bensin terutama untuk mesin yang menggunakan karburator.

Nah pada kesempatan ini, Admin ingin berbagi cara mengatasi karburator boros bensin yang akan kita mulai dengan mengenali penyebab kendaraan bisa boros bensin karena perlu kamu ketahui jika mesin boros tidak melulu diakibatkan karburator.

Penyebab Motor Mobil Boros Bensin

Oke kita mulai dulu untuk mengetahui penyebab mesin motor mobil boros bensin khusus untuk motor atau mobil yang menggunakan karburator.

1. Settingan karburator tidak pas

Perlu kamu ketahui setingan karburator yang tidak pas baik itu setingan karbu, pilot jet dan main jet serta posisi klip jarum skep akan membuat karburator menjadi boros.

2. Terjadi Kebocoran

Tentu saja kebocoran pada bak karburator, selang bensin dan tangki serta tutup tangki akan menyebabkan boros bensin.

Sifat bensin ini yang mudah menguap maka kebocoran yang kecil juga bisa menyebabkan bensin akan boros karena menguap.

3. Filter udara terlalu kotor

Fungsi filter udara memang sebagai penyaring udara dari debu dan kotoran. akan tetapi jika filter udara terlalu kotor maka akan menghambat udara yang masuk.

Apabila kotor parah maka akan sama saja efeknya seperti kamu membekap karburator dan akibatnya konsumsi BBM akan boros

4. Masalah sistem pengapian

Sistem pengapian memiliki andil dalam hal penyalaan busi. Jika busi motor kecil apinya, maka pembakaran juga menjadi kurang ideal dan bensin akan menjadi boros.

5. Rem macet / seret

Rem cakram yang macet atau seret akan menahan putaran roda, sehingga perlu kinerja mesin yang lebih keras agar motor bisa lari. Imbasnya jelas pemakaian bensin akan boros.

6. Laher roda macet / seret

Sama halnya dengan rem yang macet, laher roda yang rusak atau macet juga akan menahan putaran roda, sehingga perlu kinerja mesin yang lebih keras agar motor bisa lari.

Imbasnya jelas pemakaian bensin akan boros.

7. Kapasitas cc mesin

CC mesin yang besar akan memakan bahan bakar yang lebih boros. Maka jika kamu baru-baru ini habis turun mesin dan memperbesar ukuran piston juga akan menyebabkan bahan bakar lebih boros dari sebelumnya.

Apalagi jika kamu bukan hanya sekedar turun mesin saja melainkan melakukan beberapa ubahan seperti bore up dan stroke up mesin.

Penyebab Karburator Boros Bensin

Tadi adalah beberapa penyebab mesin motor mobil boros bensin. Khusus untuk permasalahan karburator, apa saja penyebab karburator Boros bensin?

Seperti kita ketahui sebelumnya jika mesin yang boros dapat diakibatkan oleh karburator. Untuk kamu yang baru-baru ini habis bongkar karburator dan dirasa karburator motor atau mobil kamu boros bensin, berikut ini penyebabnya.

1. Setingan Angin Karbu Tidak Pas

Setingan angin karburator yang tidak pas akan menyebabkan karburator menjadi boros. Ini terutama jika setingan terlalu basah.

2. PJ MJ Terlalu Besar

Spuyer angin dan bensin atau PJ MJ yang besar juga akan menyebabkan karburator boros bensin.

Hati-hati jika membersihkan karburator saat membersihkan spuyer jangan colok sembarangan lubang spuyey ya karena jika lubang makin besar maka karburator akan boros bensin.

3. Bos Skep dan Jarum Skep Aus

Berdasarkan dari pengalaman, pada motor yang udah tua sering terjadi jarum skep sudah mengecil atau bos skep nya udah aus sehingga lubang membesar dan ini sangat menyebabkan karburator boros bensin.

Perlu kamu ketahui, sering kali jika kita beli repair kit karburator yang bukan aslinya maka bos skep ini sering gak ada di repair kit tersebut.

Bos skep yang saya maksud ini adalah tempat jalur dimana jarum skep terbenam.

Bos Skep Karburator Motor

4. Karburator Bocor atau Banjir

Terjadi kebocoran dan karburator banjir akan mengakibatkan bensin boros. penyebab karbu banjir ini kebanyakan karena karbu kotor. Sementara kebocoran biasanya terjadi akibat paking bak karburator sudah harus diganti.

Oke selanjutnya mari kita lanjut ke inti pembahasan kali ini yaitu cara mengatasi karburator boros bensin.

Cara Mengatasi Karburator Boros Bensin

Setelah kita mengetahui penyebab mesin boros bensin maka kita bisa melakukan perbaikan berdasarkan dari apa hasil diagnosa yang menyebabkan boros bensin.

Apabila sudah diketahui permasalahan borosnya konsumsi BBM berasal dari masalah karburator, maka langkah cara mengatasi karburator boros bensin adalah sebagai berikut.

1. Setting Kembali Karburator

Langkah pertama untuk cara mengatasi karburator boros bensin adalah dengan setting kembali angin karburator.

Bagaimana cara menyetel karburator yang benar?

Untuk cara menyetel karburator yang benar, kamu bisa ikuti langkah-langkah pada tutorial cara menyetel angin karburator ya untuk melakukannya

Aapabila setelah di setting masih boros atau tidak dapat menemukan settingan yang pas sesuai tutorial diatas maka kemungkinan masalahnya pada bagian selanjutnya dibawah ini.

2. Ganti Repair Kit Karburator

Apabila cara mengatasi karburator boros bensin dengan menyetel angin karburator tidak menuntaskan masalah karburator boros bensin maka untuk mengatasi permasalahan karburator bors selanjutnya adalah dengan mengganti repair kit karburator.

Dengan mengganti repair kit maka otomatis akan mengembalikan ukuran PJ MJ ke ukuran standar, Skep dan bos skepnya ke ukuran normal dan sekaligus jarum pelampung yang baru agar tidak terjadi karburator banjir.

Yang harus di ingat, untuk membeli repair kit karburator yang di dalamnya sudah terdapat bos skep ya. Jadi jika bos nya juga sudah aus maka kamu bisa menggantinya.

Untuk cara membongkar pasang karburator, maka kamu bisa ikuti Cara Bongkar Pasang Karburator.

Kumpulan Artikel Perbaikan Karburator

Untuk kamu yang sedang memperbaiki karburator motor atau mobil dan memerlukan panduan-panduan dalam memperbaiki karburator, silahkan langsung saja saya udah sediakan link-link ke panduan yang kamu perlukan ya sob.

List Artikel Perbaikan Karburator

  1. Cara Mengatasi Karburator Ngembun (Berembun)
  2. Cara Mengatasi Karburator Boros Bensin dan Penyebabnya
  3. Cara Mengatasi Karburator Banjir Lewat Pembuangan
  4. Cara Mengatasi Karburator Brebet Saat di Gas
  5. Cara Mengatasi Karburator Nembak
  6. Cara Mengatasi Karburator Telat Bensin
  7. Cara Mengatasi Karburator Banjir Tanpa Bongkar
  8. Cara Membersihkan Karburator Motor Mobil
  9. Cara Membersihkan Kerak Hitam Karburator 100% Ampuh
  10. Cara Setting PJ MJ Karburator
  11. Cara Menyetel Angin Karburator

Pertanyaan Seputar Karburator Boros Bensin

Berikut ini beberapa pertanyaan seputar karburator boros bensin. Mungkin beberapa pertanyaan ini menjadi pertanyaanmu juga dan inilah jawabannya.

Apa yang terjadi jika karburator terlalu boros?

Setelah kita tuntas mengupas cara mengatasi karburator boros bensin maka sedikit menambahkan pada bahasan kita kali ini adalah apa sih yang terjadi jika karburator terlalu boros?

Oke untuk menjawab itu maka yang terjadi adalah pembakaran tidak sempurna yang akan menyebabkan kerak di busi, piston, klep dan knalpot.

Karburator terlalu boros juga bisa mengakibatkan busi cepat mati dan asap knalpot hitam. Dan tentunya yang paling utama adalah yang terjadi jika karburator terlalu boros adalah uang kita habis buat beli bensin terus.

Apakah ngebut boros bensin?

Masih seputar karburator boros bensin, apakah muncul pertanyaan di kepalamu apakah ngebut dapat menyebabkan boros bensin?

Jawabannya adalah, berkendara dengan kecepatan tinggi membuat konsumsi bensin boros karena kinerja mesin bekerja ekstra dan mobil mengalami hambatan udara. Mengejutkannya, menjalankan kendaraan secara perlahan juga bukan solusi.

Itu tadi seputar cara mengatasi karburator boros bensin dan semoga bermanfaat untuk yang baca serta jangan lupa share ya sob.

Sekian pembahasan Cara Mengatasi Karburator Boros Bensin dan Penyebabnya, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya.

Exit mobile version