Ukuran Gear Set Motor Standar, Untuk Napas Panjang & Tanjakan

Data ukuran gear set motor standar, untuk napas panjang dan untuk tanjakan dari bberbagai motor honda yamaha suzuki dan kawasaki
Data ukuran gear set motor standar, untuk napas panjang dan untuk tanjakan dari bberbagai motor honda yamaha suzuki dan kawasaki

Ukuran Gear Set Motor – Gir pada sepeda motor berperan sebagai pentransfer putaran mesin untuk diteruskan memutar roda belakang motor. Gir motor memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung dari Ratio gearbox dan power mesin.

Secara fisik, ukuran gear depan pada motor lebih kecil dari gear belakang. Ini berbeda jika kamu membandingkan dengan sepeda yang justru kebalikannya. Secara mudah bisa kita pahami bahwa jika kita mengayuh sepeda yang memiliki beberapa gear set yang bisa diganti-ganti, jika gear belakang makin kecil maka sepeda akan makin berat dikayuh tapi satu putaran saja kamu mengayuh jarak laju sepeda makin jauh, begitupun sebaliknya.

Ada banyak sekali ukuran gear set motor yang bisa kamu gunakan baik untuk keperluan seting tenaga untuk napas panjang atau untuk tanjakan. Pada dasarnya untuk setting gear depan atau belakang motor, yang kamu perlukan hanya data ukuran gear set motor standar saja.

Baca juga: Ukuran Diameter Venturi Karbu Motor Honda Yamaha Suzuki Kawasaki

Ukuran Gear Set Motor Standar Honda

Ukuran Gear Set Motor Standar, Untuk Napas Panjang & Tanjakan 3

Dalam memilih gear set untuk keperluan setting tenaga, maka kamu bisa aplikasikan atau substitusi part motor satu pabrikan atau satu keluarga. misal honda grand bisa kamu cari gear set keluarganya yaitu honda supra atau supra x. untuk karisma bisa cari suprra x 125 begitupun sebaliknya. Ini karena dudukan baut gir bisa dipastikan kemungkinannya sama. Beda jika aplikasikan dari pabrikan lain yang ada resiko sangat besar lobang baut gir gak sama.

Oke langsung saja berikut data ukuran gear set motor standar honda yamaha suzuki dan kawasaki.

Tipe MotorGear DepanGear Belakang
Supra15 T40 T
Supra X15 T40 T
Supra X 12514 T35 T
Supra Fit New14 T36 T
Gl Pro Neo14 T46 T
Gl Max NT14 T41 T
Astrea Grand14 T36 T
CS114 T43 T
Kharisma14 T35 T
Megapro14 T46 T
Megapro New14 T46 T
Revo Abs14 T37 T
Blade14 T37 T
Tiger13 T43 T
CBR15014 T36 T
Ukuran Gear Set Motor Standar Honda

Ukuran Gear Set Motor Standar Yamaha

Tipe MotorGear DepanGear Belakang
Vega ZR15 T40 T
Vega R New15 T35 T
Jupiter Z15 T36 T
Jupiter Z 113 T41 T
Jupiter MX15 T39 T
Jupiter Z New14 T40 T
Force 114 T39 T
Byson14 T40 T
Scorpio15 T44 T
New Vixion14 T43 T
Vixion14 T42 T
Rxking14 T37 T
Jupiter MX New14 T38 T
R1515 T47 T
Ukuran Gear Set Motor Standar Yamaha

Baca juga: Cara Merawat Dan Menyetel Rantai Sepeda Motor

Ukuran Gear Set Motor Standar Suzuki

Tipe MotorGear DepanGear Belakang
Shogun 12514 T35 T
Satria FU 15014 T43 T
Smash14 T35 T
Smash New14 T36 T
Thunder 12514 T45 T
Ukuran Gear Set Motor Standar Suzuki

Ukuran Gear Set Motor Standar Kawasaki

Tipe MotorGear DepanGear Belakang
Kaze R14 T43 T
Kaze ZX 13014 T43 T
Athlete14 T35 T
Blitz14 T35 T
KLX 15014 T44 T
Ninja  150 R14 T42 T
Ninja 25014 T45 T
Ninja RR14 T39 T
Ukuran Gear Set Motor Standar Kawasaki

Huruf “T” yang terdapat dalam ukuran gir depan dan gir belakang motor merupakan singkatan dari kata Tooth atau bentuk jamaknya Teeth yang berarti adalah jumlah gigi pada gir tersebut. Contoh 14 T berarti terdapat 14 gigi dalam gir tersebut. Jumlah Teeth yang lebih banyak secara visual kita memahami dengan diameter gir yang lebih besar.

Itulah tadi data ukuran geear set motor standar dari pabrikan honda, yamaha, suzuki dan kawasaki. oke lalu ukuran gear set yang bagus untuk napas panjang dan tanjakan itu yang seperti apa, kita lanjut lagi dibawah ya.

Ukuran Gear Set Agar Napas Panjang

Untuk kalian yang sedang mencari ukuran gear set motor agar motor kamu meiliki napas panjang, maka ketahuilah jika itu sebetulnya sangat mudah dilakukan.

Seperti yang saya katakan diawal jika diumpamakan mengayuh sepeda, maka itulah prinsip dasar yang dilakukan untuk melakukan modifikasi gear agar napas panjang dan makin kencang motor kamu.

Baca juga: Lengkap Kode Ukuran Rantai Motor Honda Yamaha Suzuki Kawasaki

Pada prinsipnya adalah apabila ingin motor menjadi panjang napasnya ketika di geber maka kamu bisa ubah ukuran gir dengan prinsip berikut ini.

  • Gir depan: naikan ukuran
  • Gir belakang: turunkan ukuran

Dari rumus diatas, maka gear untuk napas panjang kamu bisa ubah ukuran gear depan dengan yang lebih besar atau ubah ukuran gir belakang dengan yang lebih kecil. misal gir depan standarnya 14 T maka kamu bisa cari yang 15 T atau misal gir belakang 40 T kamu bisa cari yang 38 atau bahkan 36.

Dengan begitu maka napas motor akan lebih panjang. Namun ingat, kamu harus memperhatikan power mesin jangan sampai nanti malah kedodoran di tanjakan dan putaran atas karena ratio terlalu berat.

Ukuran Gear Set Untuk Tanjakan

Berbeda dengan ukuran gear untuk napas panjang, untu gear agar kuat di tanjakan maka berlaku kebalikannya.

Kamu bisa lihat motor2 trail yang gear belakangnya besar-besar. resiko menggunakan gear besar maka kamu memang akan kuat nanjak tapi harus kehilangan napas saat di trek lurus (top speed)

Pada prinsipnya adalah apabila ingin motor kuat di tanjakan maka kamu bisa ubah ukuran gir dengan prinsip berikut ini untuk ukuran gear set untuk tanjakan.

  • Gir depan: turunkan ukuran
  • Gir belakang: naikan ukuran

Dari rumus diatas, maka gear untuk tanjakan kamu bisa ubah ukuran gear depan dengan yang lebih kecil atau ubah ukuran gir belakang dengan yang lebih besar. misal gir depan standarnya 14 T maka kamu bisa cari yang 13 T atau misal gir belakang 36 T kamu bisa cari yang 38 atau bahkan 40 T. Ada satu resiko lagi jika melakukan ubahan yaitu kamu harus sambung rantai.

Exit mobile version