Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan 9 Langkah Mudah

Posted on

Kurniots.com  – Aki kering kini lebih banyak digunakan dan lebih banyak dipilih oleh pemilik mobil dan motor. aki kering memang mempunyai kelebihan tanpa perawatan rutin atau maintenance free. salah satu kerusakan yang sering terjadi pada aki kering adalah aki kering soak atau aki kering rusak. dan pada kesempatan ini saya akan bahas bagaimana cara memperbaiki aki kering rusak atau soak.

Cara memperbaiki aki kering soak atau rusak ini bisa anda praktekan untuk memperbaiki aki kering motor, memperbaiki aki kering mobil, bahkan untuk memperbaiki aki kering UPS atau mainan. Tutorial ini sudah saya coba pada aki motor, dan sangat ampuh untuk memperbaiki aki kering yang umur pakainya tergolong masih baru.

Penyebab Aki Kering Soak, Rusak atau Lemah

Sebelum ke cara memperbaiki aki kering soak, rusak atau lemah mari kita cari tahu dulu apa penyebab aki kering bisa rusak, soak atau lemah. Aki kering mobil motor ataupun UPS dan mainan memang seyogyanya sekali pakai. umurnya beragam dan biasanya bertahan lebih dari 1 tahu tergantung pemakaian dan kondidi komponen pengisi daya atau chargingnya.

Cara memperbaiki aki kering
Regulator / Kiprok bisa sebabkan aki kering cepat rusak

Mobil dan sepeda motor yang jarang digunakan atau kadang sering dibiarkan lama tak digunakan sering menjadi penyebab aki kering cepat rusak atau soak. faktor lainnya juga adalah kondisi regulator atau kiprok sebagai komponen pengisian setrum aki bermasalah atau malfungsi. atau bisa juga kualitas aki yang buruk atau sering kita sebut aki KW atau palsu. Setelah kita tahu hal-hal yang bisa menyebabkan aki rusak atau soak, maka mari kita perbaiki aki kering dengan panduan cara memperbaiki aki kering mobil motor dibawah ini.

Sebelum melakukan langkah cara memperbaiki aki kering berikut ini alangkah baiknya anda memeriksa arus pengisian aki, kabel yang berasal dari regulator atau kiprok biasanya terhubung ke kutub positif aki atau ke kabel aki bagian positif (+).

Untuk sepeda motor paling mudah mengeceknya, anda tinggal engkol mesin dan cek apakah ada setrum dari kabel positif. Jika tidak ada setrum, cek dulu kiprok dan spul, jika ada setrum maka lanjut kita perbaiki aki kering karena bisa dipastikan aki rusak.

Cara Memperbaiki Aki Kering Mobil, Motor, UPS & Mainan Rusak

Untuk memperbaiki aki kering, anda harus siapkan dulu alat-alatnya. Alat yang akan kita gunakan adalah sebagai berikut ini.

Alat untuk memperbaiki aki kering soak / rusak :

  • Air aki (zuur). jangan sampai salah beli, air aki ini beda dengan air aki untuk menambah namun ini air aki untuk mengisi aki baru.
  • Obeng (-) atau bisa juga pisau yang bisa digunakan untuk mencongkel.
  • Suntikan tinta printer atau jarum suntik untuk memasukkan air zuur kedalam box aki.
  • kain lap.
  • air (kain lap dan air untuk berjaga-jaga jika air aki tumpah atau kena kulit)

Setelah kita siapkan alat yang akan kita gunakan, maka langsung kita ke cara memperbaiki aki kering Mobil Motor UPS & Mainan:

Langkah Memperbaiki aki kering soak / rusak:

cara memperbaiki aki kering
  • Lepas aki dari mobil, motor, atau perangkat lainnya.
  • Bersihkan dulu aki kering dari kotoran.
  • Mencongkel penutup bagian atas dengan obeng minus secara paksa (jangan rusak ya).
  • Buka tutup kecil dari karet bulat biasanya terdapat 3 buah.
  • Ambil jarum suntik dan sedot atau masukan air aki ke dalam jarum suntik.
  • Isikan air aki (suntikan) ke dalam semua lubang aki tadi  secara hati hati dengan ukuran maksimal 1 cm di bawah lubang.
cara memperbaiki aki kering
  • Tutup kembali lubang dan pastikan telah terturup dengan rapat jangan sampai ada indikasi kebocoran atau merembas.
  • Pasang penutup atas seperti semula sampai terlihat rapi dan rapat. anda bisa memberinya lem plastic (lem tembak) untuk membantu melekatkannya secara sempurna.
  • Langkah terakhir dalam cara memperbaiki aki kering adalah Charge aki atau jika pada motor bisa langsung dipasang karena untuk pertama bisa anda engkol untuk menghidupkan mesinnya dan akan otomatis ngisi ketika mesin hidup.

Agar terhindar dari kemungkinan aki kering yang cepat rusak, maka saya sarankan sebaiknya anda beli aki di toko-toko resmi atau toko-toko sparepart yang bisa menjamin kualitas produk aki tersebut asli. tak penting merek apa yang anda sukai, yang penting apapun mereknya, akinya asli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *