Penyebab Asap Knalpot Hitam Atau Putih Sangat Penting Kamu Ketahui Karena Berbahaya!

Posted on

Kurniots.com – Penyebab Asap Knalpot Hitam Atau Putih – Asap knalpot memang bisa mengidentifikasi kondisi mesin khususnya seputar area ruang bakar. gejala yang timbul yang banyak terjadi adalah asap knalpot berwarna putih atau hitam.

Sebetulnya apa yang terjadi kerusakan ketika asap knalpot mengeluarkan asap yang berwarna, baik itu warna putih dan hitam. ini penting untuk diketahui agar anda sebagai pengguna dan pemilik sepeda motor tahu apa yang hars diperbaiki dan apa yang harus dilakukan.

Dan berikut ini beberapa gejala baik yang normal dan tidak normal baik yang bersipat asap dan kerak yang terjadi pada knalpot kendaraan dengan penyebab yang menyebabkan kondisi tersebut.

Baca Juga: Karburator Banjir, Begini Cara Memperbaikinya!

Penyebab Asap Knalpot Hitam Atau Putih Pada Mobil Motor

Penyebab Asap Knalpot Hitam Atau Putih
Penyebab Asap Knalpot Hitam Atau Putih
  • Asap putih

Penyebabnya, bisa karena kondisi ring piston yang aus atau longgar. Atau berasal dari akibat sil katup pecah. Kondisi ini biasanya akan membuat umur busi menjadi pendek.

  • Asap Hitam

asap hitam timbul disebabkan oleh diantaranya adalah setingan bahan bakar terlalu kaya atau boros, bisa juga diakibatkan oleh katup atau klep bocor ( kompresi bocor ).

  • Kerak Abu-Abu

Kondisi ini menandakan pembakaran di mesin sempurna. Setingan Campuran udara, bensin dan pemantik api dalam kondisi ideal hingga pembakaran didapat.

Baca Juga: Menyetel Karburator Motor Mobil, Begini Caranya!

  • Percikan Air 

Kejadian ini normal saat kondisi mesin dingin. ini namun efek kondensasi (embun) di saluran knalpot. Seiring dengan naiknya suhu di dalam saluran knalpot, percikan air akan hilang.

  • Serpihan Kotoran

Bentuknya bisa berupa besi karatan atau benda mirip kapas yang terbakar. Ini menunjukkan kondisi saringan knalpot yang keropos akibat karat.

  • Lelehan Oli

Kondisi ini mengisyaratkan adanya oli mesin yang masuk ke ruang bakar dalam kuantitas cukup banyak. Bersamaan dengan sisa gas buang. bisa disebabkan oleh sil klep bocor atau ring piston aus. dan ini pasti menyebabkan oli mesin berkurang.

Baca Juga: Penyebab Oli Mesin Sering Berkurang, Dapat Akibatkan Mesinmu Macet!

Sekian tentang Penyebab Asap Knalpot Hitam Atau Putih semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *