6 Ide Usaha Kreatif Inovatif ala Milenial

6 Ide Usaha Kreatif Inovatif ala Milenial
6 Ide Usaha Kreatif Inovatif ala Milenial

Kurniots.com – Kamu lagi cari ide usaha? Berikut ini 6 inspirasi ide usaha kreatif dan inovatif yang bisa kamu jadikan rujukan untuk usahamu ala milenial.

Mencari ide kreatif dan inovatif di jaman yang serba cepat dan serba digital seperti ini memang susah-susah gampang padahal apapun di jaman ini bisa kita jual atau jadikan ladang usaha kita.

Kita dituntut untuk menjadi kreatif dan selalu inovatif dalam menghadapi jaman yang serba digital ini.

Namun mencari ide itu sendiri terkadang memerlukan referensi dan pemantik agar pikiran kita kemudian terpancing untuk memunculkan ide-ide baru lainnya.

Mencari ide usaha kreatif inovatif memang tentunya menjadi PR besar bagi mereka yang ingin memulai suatu usaha.

Karena ide merupakan inti utama dari sebuah bisnis. Semakin unik ide bisnis yang kalian punya maka keberhasilan bisnis yang akan kalian bisnis juga semakin besar.

Di zaman dimana milenial menjadi tonggak dalam bisnis, mencari ide unik dan anti mainstream akan menjadi suatu peluang dalam membuka usaha.

Apalagi kecenderungan sekarang ini dimana ide yang “nyeleneh” tapi unik akan lebih diingat daripada yang biasa saja. 

Cara Memilih Ide Usaha Bagi Pemula 

  • Pilih Bidang Usaha Yang Kamu Kuasai

Usaha dengan sesuatu yang kita kuasai akan mempermudah dalam menjalankan usaha, karena kita tidak perlu belajar lagi tentang usaha tersebut. Kita hanya perlu menerapkan pengetahuan yang kita kuasai.

  • Pilih Usaha Yang Sedang Tren

Tren usaha bisa menjadi salah satu pilihan dalam menemukan sebuah ide untuk usaha. Memilih ide usaha dengan apa yang sedang tren akan membuat usaha kita ramai pengunjung. Namun jangan lupa untuk selalu membuat inovasi agar usaha kita tetap bisa bertahan.

  • Pilih Bidang Yang Kamu Suka

Memikih usaha dari yang kita suka biasanya akan mempermudah kita dalam menjalankan usaha. Memulai usaha dengan yang kita suka maka kita tidak akan mudah patah semangat karena kita melakukannya dengan hati yang senang. Selain itu melakukan usaha dengan bidang yang kita suka akan membuat kita sepenuh hati dalam menjalankan usaha tersebut.

  • Gunakan Metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

Jika kalian memilih usaha yang ternyata memiliki saingan yang cukup berat kalian perlu menerapkan Amati, Tiru, Modifikasi ketika menjalankan usaha. Karena dengan ATM walaupun bidang usahanya sama kita akan lebih terlihat unik daripada usaha yang lain.

6 Ide Usaha Kreatif Inovatif Yang Bisa Jadi Inspirasi

1. Seserahan Akad

Prosesi akad nikah merupakan prosesi yang cukup sakral sehingga calon pengantin mempersiapkan dengan sanga hati hati. Salah satu hal yang harus dipersiapakan adalah seserahan dalam akad nikah. Seserahan ini biasanya berupa mahar dan juga beberapa hadiah untuk mempelai wanita. 

Seserahan tersebut biasanya dikemas dalam kemasan yang cantik. Usaha desain seserahan akad merupakan salah satu uasaha yang bisa kalian coba ketika memilih ide usaha. 

2. Ide Bisnis Milenial, Admin Sosial Media

Sosial media yang awalnya digunakan untuk membagikan keseharian dengan pengguna lain, sekarang berubah menjadi tempat untuk menjual dan menawarkan produk yang dijual.

Karena perkembangan sosial media maka adanya usaha admin sosial media menjadi salah satu contoh usaha yang bisa kalian lakukan.

Admin sosial media ini sendiri bertugas dan bertanggung jawab terhadap suatu akun sosial media mulai dari memposting dan mengedit konten, membalas komentar dan membalas pesan.

3. Ide Bisnis Kekinian, Serempang Wisuda

Keberadaan sosial media membuat orang menjadi tampil cantik dan beda di sosial media itu, salah satunya adalah dengan tampil beda ketika sudah melaksanakan ujian pendadaran maupun saat lulusan sekolah.

Ide bisnis kekinian membuat serempang wisuda merupakan ide unik yang lain dari yang lain.

Serempang wisuda biasanya digunakan ketika wisuda dan disediakan oleh pihak kampus, namun dalam perkembangannya serempang ini digunakan sebagai hadiah bagi mereka yang sudah lulus sekolah atau yang telah selesai sidang pendadaran. 

4. Ide Bisnis Kreatif Makanan

Ide bisnis kreatif makanan menjadi salah satu yang paling banyak jadi pilihan banyak orang dan contoh usaha yang bisa kalian geluti, apalagi jika kalian jagonya masak memasaak dengan baik.

Namun karena bisnis makanan memiliki saingan usaha yang cukup berat, kalian perlu membuat ide makanan yang lain dari yang lain. Misalkan snack dengan nama dan bentuk yang unik. 

5. Jual Produk Daur Ulang

Menggunakan produk daur ulang menjadi konsen besar bagi pemetintah, salah satunya produk daur ulang dari plastic.

Hal ini karna sampah plastik yang sudah sangat menggunung sekarang ini. Dengan mengolah dan menjul produk daur ulang maka kita akan sedikit membatu masalah lingkungan di Indonesia.

Contoh produk daur ulang yang bisa dijual juga sangat lah banyak, seperti hiasan dari kertas bekas, tas ataupun keranjang dari plastik dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk konsumen usaha produk daur ulang ini juga sangatlah banyak, hal ini karena orang sekarang juga sudah banyak yang aware dan menggunakan produk daur ulang.

Selain ide usaha kreatif inovatif produk daur ulang juga bisa dipasaran sebagai komoditas ekspor karena keunikannya.

6. ide Bisnis Sederhana, Bucket Uang/Snack

Dalam perkembangan zaman memberikan kado kepada seseorang bukan hanya terbatas dengan kotak yang dibungkus rapi namun juga dengan bucket.

Jika biasanya bucket berisikan rangkaian bunga, kalian bisa menggantinya dengan bucket uang maupun snack.

Ide bisnis sederhana ini tidak memerlukan modal yang besar cukup dengan krearifitas dalam hal menyusun bucket akan membuat usaha ini ramai pembeli. 

Bagaimana apakah sudah dapat idenya? Semoga bisa menginspirasi ya.