Cara Memperbaiki Plati Rotax Pompa Bensin Mati

Cara Memperbaiki Plati Rotax Pompa Bensin Mati
Cara Memperbaiki Plati Rotax Pompa Bensin Mati

Berikut adalah cara memperbaiki plati rotax pompa bensin mobil yang mati tidak mau memompa bensin dari tangki ke karburator.

Tutorial ini mungkin udah ketinggalan jaman, tapi mengingat masih banyak mobil-mobil keluaran lama yang masih menggunakan karburator berseliweran maka mungkin masih banyak yang membutuhkan.

Pada mobil, karena letak bahan bakar posisinya lebih rendah dengan karburator maka untuk mensuplai bensin ke karburator digunakanlah satu komponen yang namanya fuel pump atau pompa bensin.

Apa Itu Rotax?

Sebelum ke cara memperbaiki plati rotax, mari kita bahas dulu apa itu Rotax.

Rotax adalah istilah lain dari Fuel Pump atau Pompa Bensin dalam dunia otomotif atau perbengkelan.

Dalam dunia bengkel, orang-orang sering menyebut pompa bensin dengan istilah rotax.

Bagaimana Rotax Bekerja?

Pompa Bensin atau biasa disebut sebagai Rotax dalam dunia otomotif berfungsi untuk memompa dan mengalirkan bahan bakar dari selang tangki ke karburator pada kendaraan.

Sebagaimana diketahui jika pada mobil model lama yang masih menggunakan pengabut bahan bakar karburator, pada dasarnya kita dapat menemukan dua jenis Rotax atau pompa bensin.

Jenis-jenis Rotax

Rotax atau Pompa bensin pada mobil yang masih menggunakan Karburator sebagai pengabut bahan bakar terdapat dua jenis Fuel Pump yaitu Elektrik ( Rotax ) dan Manual ( Membran ).

Pompa bensin atau Rorax elektrik menggunakan listrik untuk bekerja sedangkan untuk pompa bensin manual atau yang sering disebut rotax membran menggunakan putaran mesin dalam cara kerjanya.

Letak Posisi Rotax Pada Mobil

Untuk memperbaiki plati rotax, kamu harus tahu letak posisi plati rotax. Letak atau posisi pompa bensin atau rotax pada mobil ada yang berada di luar tangki dan ada yang di dalam tangki bahan bakar.

Akan tetapi untuk yang dibahas kali ini khusus pada rotax yang mekanismenya menggunakan platina untuk pompa bekerja yang model seperti ini adalah model rotax yang diluar tangki BBM.

Model Rotax atau pompa bensin yang diluar tangki BBM pun sebetulnya tidak semuanya menggunakan platina. Sebagai contoh Rotax Daihatsu Zebra yang tidak menggunakan plati melainkan hanya rangkaian elektronik dengan IC.

Untuk rotax yang menggunakan platina ( plati rotak ) contohnya adalah pada pompa bensin atau rotax Mitsubishi T 120 SS.

Efek Plati Rotax Rusak

Apabila plati rotax rusak, maka pompa bensin bisa mati dan tentunya mobil bakal mogok lantaran mesin mati akibat tidak ada suplai BBM ke karburator.

Ini sering terjadi pada mobil Mitsubishi T 120 SS yang masih karburator.

Letak Posisi Plati Rotax

Apabila pompa bensin atau rotax mobil kamu mati, maka kamu bisa mengecek bagian platina dengan membuka pembungkus di bagian atas pompa rotax.

Cara Memperbaiki Plati Rotax Pompa Bensin Mati 4

Tentunya pastikan terlebih dulu kabel tidak putus dan listrik dari kontak dipastikan tidak bermasalah alias ada setrumnya.

Setelah dipastikan kabel dan setrum oke, maka udah pasti plati rotax yang bermasalah yang menyebabkan Pompa Bensin atau rotax mati.

Cara Memperbaiki Plati Rotax Pompa Bensin Mati

Jika kabel dan setrum udah dipastikan oke, maka untuk memperbaiki pompa rotax, kamu bisa mengganti plati rotax.

Untuk mengganti plati rotax caranya yaitu :

  • Lepas Rotax atau pompa bensin.
  • Buka tutup Rotax.
  • Cabut dan ganti platina lama dengan yang baru.
Cara Memperbaiki Plati Rotax Pompa Bensin Mati 5

NB: Dalam memperbaiki Plati Rotax, kamu membutuhkan solder dan tinol untuk menyambungkan kabel dari platina. kemudian cek di luar dengan memberi setrum sebelum rotax dipasang ke mobil. mudah bukan.

Sekian tentang Cara Memperbaiki Plati Rotax Pompa Bensin, semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda ke Cara Memperbaiki Rotax / Plati Rotax Pompa Bensin.

Exit mobile version