Jenis Rangka Sepeda Motor Berdasarkan Bahan Materialnya

Jenis Rangka Sepeda Motor Berdasarkan Bahan Materialnya

Berikut adalah jenis rangka sepeda motor berdasarkan bahan material yang digunakan. Bahan material yang digunakan tentunya salah satunya menentukan kekuatan.

Hai teman-teman pecinta sepeda motor! Apakah kalian tahu bahwa rangka sepeda motor adalah salah satu komponen penting yang menentukan performa dan keamanan saat berkendara? Ya, rangka sepeda motor berperan sebagai tulang punggung yang mendukung berat badan pengendara serta menahan kekuatan mesin dan guncangan saat melaju di jalan.

Di pasaran, terdapat beberapa jenis rangka sepeda motor yang digunakan oleh berbagai produsen. Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas beberapa jenis rangka sepeda motor yang perlu kamu ketahui berdasarkan bahan materialnya. Yuk, simak!

Rangka Berbahan Baja

Rangka sepeda motor berbahan baja merupakan jenis yang paling umum digunakan. Baja memiliki kekuatan yang baik dan tahan terhadap benturan, sehingga memberikan keamanan ekstra saat berkendara. Selain itu, rangka berbahan baja juga relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis lainnya.

Terdapat dua jenis rangka berbahan baja yang sering digunakan, yaitu rangka berbentuk berongga dan rangka berbentuk berlapis. Rangka berbentuk berongga memiliki ruang hampa di dalamnya, sehingga lebih ringan namun tetap kuat. Sementara itu, rangka berbentuk berlapis terdiri dari beberapa lapisan baja yang ditempatkan secara berlapis, sehingga lebih tahan terhadap benturan.

Rangka Berbahan Aluminium

Salah satu jenis rangka sepeda motor yang semakin populer adalah rangka berbahan aluminium. Rangka ini memiliki kelebihan berat yang lebih ringan dibandingkan dengan rangka berbahan baja. Hal ini membuat sepeda motor dengan rangka aluminium lebih mudah dikendalikan dan bermanuver di jalan.

Namun, rangka aluminium juga memiliki kelemahan. Bahan ini cenderung lebih mudah berkarat dan kurang tahan terhadap benturan. Oleh karena itu, perawatan yang lebih intensif diperlukan agar rangka aluminium tetap awet dan aman untuk digunakan.

Rangka Berbahan Karbon

Jika kamu mencari sepeda motor dengan rangka yang sangat ringan, rangka berbahan karbon bisa menjadi pilihan yang tepat. Rangka karbon terbuat dari serat karbon yang sangat kuat namun ringan, sehingga memberikan kekuatan yang optimal namun tetap ringan.

Kelebihan lain dari rangka karbon adalah kemampuannya dalam meredam guncangan saat berkendara. Hal ini membuat sepeda motor dengan rangka karbon lebih nyaman digunakan dalam perjalanan jarak jauh. Namun, harga rangka karbon cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis rangka lainnya.

Rangka Berbahan Titanium

Rangka sepeda motor berbahan titanium merupakan pilihan bagi mereka yang menginginkan kombinasi kekuatan dan ringan yang optimal. Titanium memiliki kekuatan yang setara dengan baja namun dengan berat yang lebih ringan.

Rangka titanium juga memiliki ketahanan terhadap korosi yang baik, sehingga lebih tahan lama dan awet. Namun, harga rangka titanium biasanya lebih mahal dibandingkan dengan rangka berbahan baja atau aluminium.

Itulah beberapa jenis rangka sepeda motor yang perlu kamu ketahui. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, sehingga kamu dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu.

Pengetahuan akan hal ini tentunya menjadi sangat penting apabila kamu adalah seorang modificator. Tentunya akan sangat bermanfaat mengetahui plus minus rangka berdasarkan bahan baku material yang digunakannya.

Jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan saat berkendara dan melakukan perawatan rutin terhadap rangka sepeda motormu. Semoga artikel ini bermanfaat, teman-teman! Selamat berkendara!

Exit mobile version