Cara Kerja Reed Valve ( Katup Harmonika / Buluh ) Mesin 2 Tak

Posted on

Kurniots.com – Prinsip Cara Kerja Reed Valve ( Katup Harmonika / Buluh ) Mesin 2 Tak – Katup harmonika atau Katub Buluh ( Reed valve ) adalah sebuah komponen katup yang terdapat pada mesin 2 tax. Pada sepeda motor dengan mesin 2 Tak, pembukaan dan penutupan saluran pemasukan gas barunya diatur oleh suatu alat yang disebut reed valve atau disebut juga klep harmonika.

Reed valve sangat peka terhadap pengaruh luar. Reed vave atau katup buluh atau katup harmonika hanya dipergunakan pada mesin dua langkah. Tetapi tidak semua mesin dua langkah menggunakan katup harmonika ini. seperti pada mesin sepeda motor Vespa tidak menggunakan katup Reed Valve, melainkan jenis lain.

Klep harmonika berfungsi untuk membuka dan menutup saluran gas bensin dari karburator ke ruang engkol. Reed valve dipasangkan pada saluran masuk sepeda motor. Letaknya adalah setelah karburator bila dilihat dari arah gas baru masuk.

Baca Juga: Mesin Motor Mati Saat Di Gas, Penyebabnya & Cara Memperbaikinya Begini!

Cara Kerja  Reed Valve ( Katup Harmonika / Buluh )

Cara Kerja Reed Valve ( Katup Harmonika / Buluh ) Mesin 2 Tak
Cara Kerja Reed Valve ( Katup Harmonika / Buluh ) Mesin 2 Tak

Untuk keperluan modifikasi, Katup ini dapat disetel, tergantung keperluannya. Namun kesalahan penyetelan terhadap katup harmonika dapat menyebabkan kebocoran gas. dan bisa menyebabkan tenaga ngempos.

Prinsip Kerja Reed Valve ( Katup Harmonika / Buluh ) Mesin 2 Tak
Prinsip Kerja Reed Valve ( Katup Harmonika / Buluh ) Mesin 2 Tak

Reed valve bekerja berdasarkan perubahan tekanan pada ruang engkol. Ini terjadi pada saat piston bergerak ke atas dari TMB ke TMA reed valve membuka karena adanya kevakuman pada ruang engkol. Gas baru masuk ke dalam ruang engkol. Jika piston bergerak turun dari TMA ke TMB reed valve menutup. Dan gas masuk kedalam silinder.

Baca Juga: Cara Skir Klep Motor Mobil Untuk Memperbaiki Klep Bocor

  • Piston turun ( TMA ke TMB )

Pada saat piston bergerak ke bawah, daerah di bak engkol mendapat tekanan. Akibatnya saluran masuk mememiliki tekanan yang lebih tinggi dari tekanan udara luar. Kondisi ini membuat reed valve tertutup. Tak ada campuran gas yang masuk, sebab tak ada proses penghisapan di saluran masuk.

  • Piston naik ( TMB ke TMA )

Baca Juga: Menyetel Karburator Motor Mobil, Begini Caranya!

Saat piston naik, daerah bak engkol mengalami kevakuman. Hal ini disebabkan terjadinya pembesaran volume daerah di bawah piston. Kevakuman ini membuat katup reed valve tertarik terbuka dan campuran gas baru terhisap masuk melalui saluran masuk , menuju ke bak engkol.

Sekian tentang Prinsip Kerja Reed Valve ( Katup Harmonika / Buluh ) Mesin 2 Tak Semoga Prinsip Kerja Reed Valve ( Katup Harmonika / Buluh ) Mesin 2 Tak bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda ke Prinsip Kerja Reed Valve ( Katup Harmonika / Buluh ) Mesin 2 Tak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *