Tanda Top Mesin Pada Keteng, Timing Belt & Gigi Sentrik

Posted on

Kurniots.com – Tanda Top Mesin – Ciri top mesin pada berbagai mesin itu berbeda-beda tergantung ciri atau tanda yang dipakainya dan letaknya pun berbeda-beda. seperti pada sepeda motor yang memakai keteng, mobil dengan timing belt atau gigi sentrik.

Dalam kita membuka bagian rantai keteng atau timming belt tentu hal yang harus kita ketahui adalah posisi top mesin. jika membuka bagian bagian itu tanpa tahu top mesin, maka bisa berakibat fatal. rantai keteng atau timming belt yang dipasang pada posisi top mesin yang salah, bisa mengakibatkan klep bengkok, platuk patah sampai seher jebol.

Nah bagaimana ciri top mesin tersebut, berikut ini saya akan ulas sedikit tentang tanda top mesin baik untuk yang menggunakan rantai keteng atau timming belt.

Baca Juga : Cara Mengganti Rantai Keteng / Kamrat

Ciri Top Mesin Pada Keteng, Timing Belt dan Gigi

Tanda Top Mesin
Tanda top mesin

Top mesin ditandai dengan piston berada di TMA atau titik mati atas dan kedua katup (IN dan EX ) menutup. nah untuk tandanya tanda2 yang biasanya dipakai pada gigi adalah (panah, angka, coakan, dan ciri warna) perhatikan dan lihat apa ciri yang dipakai, cari lawan dari tanda TOP nya.

Baca Juga : Tanda Timing Belt Rusak Dilihat Dari Fisiknya

Sebagai contoh untuk yang pake timing belt tanda top ada di gigi dan body mesin, gigi saling berkait berarti tanda ada di gigi dan gigi. dan untuk yang pakai rantai keteng ada di gigi dan rantai.

Nah langkah mengetopkan ini penting dilakukan pada proses pembongkaran dan perakitan mesin. jika kita membuka mesin yang baru kita buka atau dalam artian belum kita pahami seutuhnya maka ini akan memudahkan ketika kita merakitnya kembali.

Karena akibat dari top mesin yang salah ini dapat berakibat fatal, maka sangat penting tentunya untuk kita mengetahui posisi top mesin yang akan kita bongkar agar terhindar dari hal yang tidak kita inginkan.

Baca Juga : Cara Memasang Timming Belt Supaya Awet

Sekian tentang Ciri Top Mesin Pada Keteng, Timing Belt dan Gigi Sentrik semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *