Cara Memasang Timming Belt Supaya Awet

Posted on

Kurniots.com Cara Memasang Timming Belt Supaya Awet – Agar timming belt awet saat penggantian ada hal yang harus diperhatikan agar tidak terjadi timing belt mudah putus atau rusak. apa sajakah itu, tanpa banyak kata langsung ke pokok bahasan.

Putusnya timing belt itu sangat berbahaya. resiko yang diakibatkan dari timming belt mesin yang putus adalah mesin bisa jebol akibat piston bertabrakan dengan klep. resiko ini memang tidak terjadi untuk beberapa merek mesin yaitu salahsatunya adalah keluarga mesin suzuki futura.

Baca Juga : Tanda Timing Belt Rusak

Karena resiko yang besar bisa diakibatkan oleh kesalahan dalam pemasangan timming belt maka diperlukan pemasangfan yang benar dan juga pemeriksaan rutin. dan berikut saya berikan tips cara memasang timming belt supaya awet tidak mudah rusak.

Tips Cara Memasang Timming Belt Supaya Awet

Cara memasang timming belt

Dalam memasang timming belt, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar tidak terjadi kesalahan, cacat atau malah membuat timming belt cepat rusak. Anda juga harus mengetahui posisi top mesin. jika belum, anda bisa baca Tanda Top Mesin. Oke langsung saja berikut ini tips cara memasang timming belt mesin yang baik.

  1. jangan membengkokkan, melipat atau memutar timing belt waktu melepas timing belt.
  2. Hindarkan timing belt dari oli, air atau steam.
  3. ketika melepas timing belt buat sinyal panah untuk mengisyaratkan arah putar, supaya waktu pemasangannya kembali arah putarnya sama. ini untuk jaga-jaga kalo timing belt tidak diganti atau masih bisa pakai.
  4. luruskan sinyal timing pada camshaft sprocket serta crankshaft sprocket dengan piston no. di tdc pada langkah kompresi.
  5. periksalah tensioner pulley serta idler pulley apakah berputar dengan lancar, periksalah gerak main serta suaranya, apakah grease pada bearing kurang.
  6. apabila timing belt telah terpasang pada camshaft sprocket, y
  7. yakinkan bahwa kelenturannya telah cukup, lewat cara menghimpit timingbelt tensioner pulley.
  8. putar crankshaft sejumlah satu putaran ( searah jam ) lantas luruskan kembali sinyal pada crankshaft sprocket timing. janganlah memutar crankshaft dengan arah berlawanan jarum jam. crankshaft mesti berputar dengan halus.

Nah itulah Tips Cara Memasang Timing Belt Supaya Awet semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *