Noken As Racing Gemuk dan Kurus, Ini Perbedaan Karakternya!

Posted on

Kurniots.comKarakter Noken As Racing Gemuk dan Kurus – Korek Mesin atau Modifikasi mesin tak akan lepas dengan yang namanya Mendesain Ulang Noken As untuk menentukan Lift, Durasi Dan ratio. Membuat noken as atau desain noken as sendiri memang bukan pekerjaan mudah dan itu sedikit orang yang dapat melakukannya dengan ahli.

Salah satu cara yang paling gampang untuk custom noken as untuk keperluan upgrade mesin adalah membeli noken as aftermarket, Noken as racing dari pabrik itu juga memang ada plus minusnya, yang pasti itu desain kan udah ditentukan pabrik, jadi kita gak tahu deh cocok apa nggak.

Untuk memilih noken as harus kita pahami dulu karakter nya dari bentuknya. secara umum bentuk noken as ada dua yaitu noken as kurus dan noken as gemuk. Terdapat perbedaan karakter antara noken as gemuk dan noken as kurus tersebut.

Baca Juga: Menghitung Durasi dan Lift Noken As / Camshaft, Rumus & Contoh

Pada dasarnya, untuk harian ya noken as bawaan pabrik lebih baik bila mengingat efisiensi bahan bakar juga umur pakai motor. namun jika untuk kebutuhan upgrade noken as racing jadi solusi termudah dibanding membuat sendiri. namun perhatikan karakter noken as dari bentuknya sebelum anda beli supaya tidak salah beli.

Cara Memilih Noken As Racing Gemuk atau Kurus?

karakter noken as racing kurus dan gemuk
karakter noken as racing kurus dan gemuk
  • Karakter noken as racing ┬ákurus

Noken as ini berdurasi pendek/kurus yang akan menutup klep lebih cepat, alhasil kompresi cukup besar pada putaran rendah. torsi yang dihasilkan akan menjadi sangat besar pada RPM rendah. namun akan menyebabkan knocking pada RPM tinggi seiring meningkatnya RPM mesin, dikarenakan tekanan kompresi akan semakin meningkat dan pada titik tertentu, tekanan akan terlampau tinggi dan menyebabkan knocking.

Baca Juga: Rumus Hitung Diameter Klep Motor

  • Karakter noken as racing gemuk

Noken as jenis ini dapat merubah karakter mesin motor anda cukup signifikan, namun Jika dipakai di mesin untuk harian,  akan kehilangan torsi di putaran bawah. Akibatnya, anda harus memutar grip gas lebih lebar untuk melakukan akselerasi ringan. dan bensin yang dibutuhkan akan lebih banyak.

Nah dari penjelasan diatas pastinya anda terbayang noken dengan bentuk atau desain seperti apa yang harus anda pilih dalam memilih noken as untuk mnesin motor anda yang udah upgrade atau kohar. atau anda punya jurus jitu mendesain sendiri.

Baca Juga: Rumus Karburator, Cara Menentukan Diameter Venturi

Teliti sebelum membeli, jangan sampai salah beli yang tadinya mau kuenceng malah keor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *