Rumus Hitung CC Motor 4 tak & 2 tak Dengan Contoh Cara Menghitungnya

Posted on

Kurniots.comRumus Hitung CC Motor 4 tak & 2 tak – Ada kalanya kita membutuhkan untuk menghitung berapa kapasitas silinder atau umunya disebut kapasitas CC Motor. Modifikasi yang dilakukan pada mesin motor tentunya akan membuat berubahnya kapasitas mesin motor atau kapasitas cc motor jika ubahan yang dilakukan pada mesin motor dilakukan pada sektor dapur pacu baik korek, boreup dan stroke up.

Rumus hitung cc motor dan cara menghitung cc motor diperlukan untuk kita dalam melakukan penghitungan kapasitas cc mesin dan juga diperlukan data-data ukuran pada beberapa komponen.

Dalam melakukan penghitungan cc mesin motor baik motor drag, bore up, stroke up, 4 tak & 2 tak, diameter piston (bore) dan panjang langkah setang seher (stroke) adalah angka yang harus anda cari untuk data awalnya untuk melakan perhitungan kapasiatas cc mesin motor. dan tentunya anda juga harus mengetahui terlebih dahulu rumus cara menghitung cc motor.

Baca Juga: Rumus Hitung Gigi Ratio Gearbox Motor

Penghitngan cc mesin motor diperlukan jika anda berniat menerjunkan motor hasil modifikasi anda untuk balap yang tentunya ada batasan cc di setiap kelasnya dan juga jika hanya sekedar ingin mengetahui kapasitas mesin anda saja.

Cara menghitung cc motor tidaklah sulit jika anda mengetahui rumus hitung cc mesin motor. dan untuk mengingatkan atau membantu anda jika yang belum tahu caranya, berikut ini admin sajikan cara menghitung cc motor lengkap dengan rumusnya dan contohnya.

Cara Menghitung CC Motor 4 tak & 2 tak

rumus hitung cc mesin 4 tak dan 2 tak
rumus hitung cc mesin 4 tak dan 2 tak

Untuk cara menghitung cc motor, ketahui dulu rumusnya dan berikut ini adalah rumus hitung cc motor. silahkan disimak sebagai berikut ini.

Baca Juga: Rumus Hitung Diameter Klep Motor

∏/4 x (DxD) x L

Keterangan :
∏ : Rumus absolute sebuah lingkaran (3,14)
D : Diameter silinder atau piston
L : Panjang langkah piston atau stroke

Itu adalah rumus cara menghitung cc motor. dan juga ada rumus hitung cc motor lain yang lebih mudah dipahami. jika anda merasa bingung dengan rumus hitung cc motor yang pertama, berikut ini adalah rumus yang kedua yang lebih mudah.

Baca Juga: Rumus Karburator, Cara Menentukan Diameter Venturi

0,785 x Bore x Bore x Stroke

O,785 merupakan hasil dari 3,14 : 4 dari rumus di atas. Rumus ini agar lebih mudah diingat saja. dan mari kita coba menghitung cc motor dengan rumus sederhana menggunakan rumus yang kedua.

Contoh :

sebuah mesin motor menggunakan piston dengan diameter 58 mm, dengan Stroke 57,9 mm maka untuk menghitung cc motor adalah sebagai berikut.

Diketahui :

  • Diameter Piston : 58 mm
  • Stroke : 57,9 mm
  • Rumus : 0,785 x Bore x Bore x Stroke
  • 0,785 x 58 mm x 58 mm x 57,9 mm = 152898,8 mm

Hasilnya belum ke cc melainkan masih mm dan anda tinggal bagi 1000 dan maka hasilnya adalah :

Baca Juga: Modifikasi Power Jet Karburator Untuk Mengail Putaran Atas

  • 152898,8 mm : 1000 = 152,8 cc

Rumus dan cara menghitung cc motor diatas bisa anda aplikasikan baik pada mesin standar, drag, bore up, stroke up, 4 tak & 2 tak mesin motor dan juga mesin mobil. silahkan anda coba praktekan dan selamat menghitung berapa jadinya kapasitas mesin motor anda.

Sekian tentang Rumus dan cara menghitung cc motor 4 tak & 2 tak, selamat mencoba serta semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *