Oil Seal Sering Bocor, Ini Penyebab & Cara Memperbaikinya!!

Posted on

Kurniots.com РPenyebab & Cara Memperbaiki Oil Seal Sering Bocor РKerusakan yang terjadi pada Oli sil adalah rembes atau bocor, rusaknya sil oli kebanyakan dikarenakan umur pakai. nah ada juga penyakit yang sering terjadi pada motor atau mobil lawas yang sudah dimakan usia yaitu seal sering bocor.

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan seal sering bocor, setiap diganti tak bertahan lama dan sering  sekali rusak nah sebetulnya apa yang menyebabkan oil seal sering bocor?

Seal yang sering rusak faktor utamanya biasanya akibat dudukan atau as sudah aus atau tidak rata. faktor lainnya juga dapat diakibatkan oleh kesalahan pemasangan yang akan menyebabkan seal menjadi sering bocor.

Baca Juga: Penyebab Oli Mesin Sering Berkurang, Dapat Akibatkan Mesinmu Macet!

Penyebab Oil Seal Sering Bocor

Penyebab & Cara Memperbaiki Oil Seal Sering Bocor
Penyebab & Cara Memperbaiki Oil Seal Sering Bocor

Berikut adalah penyebab oil seal sering bocor atau sering rusak. Mengetahui penyebabnya adalah penting untuk kemudian memutuskan apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki seal yang sering sekali rusak.

  • Oli terlalu banyak ( melebihi kapasitas ).

Oli yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan oil seal sering bocor. makanya ketika melakukan penggantian oli perhatikan jumlah kapasitas oli yang dipakai. baik itu pada oli mesin, gardan, shock breaker, transmisi dan lainnya.

Baca Juga: Inilah 10 Penyebab Aki Cepat Rusak, Salah Satunya Paling Sering Jadi Biang Keroknya!

  • As Sudah Aus.

As yang sudah aus atau longgar juga akan membuat oil seal kurang mencengkram makanya akan membuat seal sering bocor. contohnya seperti pada as stut kopling, as transmisi sepeda motor, as slah motor, shockbreaker dan lainnya.

Jika pada mobil biasa terjadi pada sok pinion gardan aus dan banyak lagi. untuk memperbaikinya tentu harus mengganti komponen yang aus atau mengelas dan membubut bagian yang aus. atau alternatif lain bisa juga lakukan pemotongan pada pegas atau per oil seal agar lebih mencengkram.

  • Pemasangan Oil Seal yang kurang benar.

Pada pemasangan sil oli itu harus rata dan tak boleh miring. juga untuk menghindari rembes gunakan sealer atau lem. dan ktika memasukan seal ke lobang dudukan awas tidak boleh penyok. karena jika penyok maka lingkaran sil pun akan berubah.

Baca Juga: Diagnosa Sistem Pengisian Aki, Begini Caranya!

Semoga Cara Memperbaiki Oil seal ( Sil Oli ) Sering Bocor bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *