Mesin Motor Mati Saat Di Gas, Penyebabnya & Cara Memperbaikinya Begini Gan!!

Posted on

Kurniots.com – Penyebab Mesin Motor Mati Saat Di Gas – Mesin motor mati saat di gas adalah salah satu kendala yang sering terjadi pada sepeda motor yang masih berteknologi karburator. ini biasanya akibat dari karburator yang memerlukan perawatan.Beberapa kendala yang serupa dengan mesin motor mati saat di gas adalah diantaranya;

  1. Motor di gas brebet atau mesin motor brebet saat di gas
  2. Mesin motor brebet pada putaran tinggi atau mesin motor tidak bisa di gas tinggi
  3. Mesin motor mati saat gas dilepas
  4. Mesin motor tersendat sendat
  5. Mesin motor mati saat masuk gigi, atau mesin motor mati mendadak.

Mesin motor mati saat di gas, saat dilepas gas, mesin brebet, nyendat dsb tentunya bisa saja anda alami pada saat berkendara dengan sepeda motor anda baik motor bebek, matic ataupun sport bahkan vespa.

Baca Juga: Cara Membersihkan Saringan Fuel Pump Injeksi

Hampir dipastikan itu adalah disebabkan oleh karburator namun bisa juga diakibatkan oleh busi. dan berikut ini admin akan berbagi pengalaman apa saja yang bisa menyebabkan hal mesin motor mati saat di gas. untuk selanjutnya tentang penyebab mesin motor mati saat di gas adalah sebagai berikut ini.

Penyebab & Cara Memperbaiki Mesin Motor Mati Saat Di Gas

Penyebab mesin motor mati saat di gas
Penyebab mesin motor mati saat di gas

Beberapa hal atau penyebab yang bisa menyebabkan mesin motor mati saat di gas, brebet atau tersendat adalah Busi dan yang kedua adalah karburator. dan berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan dan cara memperbaiki mesin motor mati saat di gas.

Untuk cara memperbaiki mesin motor mati saat di gas, saya sudah sertakan artikel yang berkaitan dengan penyebabnya. silahkan langsung perbaiki kerusakannya berdasarkan penyebabnya.

  • Busi (Spark Plug)

Busi yang mati atau sudah tidak normal alias lemah bisa menyebabkan mesin brebet saat di gas, mesin brebet saat di gas tinggi, atau bahkan mesin mati total dan mendadak, saat terjadi mesin berebet, hal yang pertama harus anda lakukan adalah memeriksa kondisi busi baik kondisi api busi dan kerenggangan busi.

Baca: Cara Membersihkan Busi Mobil Motor Yang Benar

  • Karburator

Karburator yang kotor juga bisa mengakibatkan mesin brebet. karburator yang ber air atau ada endapan air di dalamnya bisa menyebabkan mesin motor brebet dan bahkan mati saat di gas tinggi. pada kasus mesin brebet mati saat di gas atau tersendat-sendat, sete;lah memeriksa kondisi busi dan memastikan busi dalam kondisi baik namun masalah masih tetap brebet, selanjutnya periksalah karburator.

Buka karburator dan bersihkan atau anda bisa membuang kotoran dan air dari pembuangan karburator yang berada di bagian bawah karburator. namun pada banyak kasus, hanya membuang air dan kotoran dari pembuangan karburaot masih belum menyelesaikan masalah. anda harus membuka dan membersihkan karburator untuk memperbaiki masalah ini.

Baca: Membersihkan Karburator Motor Mobil, Begini Caranya!

Untuk kasus mesin motor mati saat dilepas gas, kemungkinan setelan lansam adau idle yang kurang tinggi atau karburator yang sudah rusak juga kadang membuat motor sulit lansam dan akhirnya mesin motor suka mati saat gas dilepas.

Tambahan : Karburator yang tekor atau juga yang kotor bahkan juga bisa membuat mesin motor mau lansam tapi mati saat di tarik gas.

  • Koil (Ignition Coil)

Meskipun jarang terjadi, koil atau coil yang sudah lemah membuat api busi lemah dan bisa mengakibatkan mesin brebet saat di putaran tinggi atau mati saat di gas tinggi. koil yang sudah lemah juga bisa menyebabkan busi cepat mati atau boros busi. dan koil yang lemah juga bisa membuat mesin mati atau mogok mendadak saat kondisi koil atau mesin panas dan akan normal kembali saat koil dingin. nah tentu anda bisa memprediksi bagaimana kondisi coil sepeda motor anda dari penjelasan ini

Baca Juga: 6 Tanda Koil Mati, Kenali Agar Terhindar Dari Mogok

  • CDI

CDI yang bermasalah juga bisa membuat mesin brebet, dalam kasus mesin brebet, setelah anda memeriksa busi, kondisi api busi, karburator, selanjutnya jika masih brebet, anda harus mencurigai CDI. bagaimana cara mengetesnya, saran saya sih pinjam aja CDI sejenis dari motor teman atau CDI punya kita dicoba di motor teman yang sama dengan motor kita. nanti bakal ketahuan kondisi CDI seperti apa.

  • Spul dan Pulser

Meskipun jarang terjadi juga, jika semua komponen sudah di cek tapi masih juga brebet, kemungkinan masalah bersumber dari spul atau pulser. kalo untuk memperbaiki masalah yang bersumber dari ini saran saya mending bawa ke bengkel atau bisa menerapkan cara yang sama seperti cek CDI

Nah Itu tadi Penyebab Mesin Motor Mati Saat Di Gas & cara memperbaikinya, semoga Penyebab Mesin Motor Mati Saat Di Gas dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya ke Penyebab Mesin Motor Mati Saat Di Gas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *