Cara Membersihkan Busi Mobil Motor Yang Benar

Posted on

Kurniots.com – Penting untuk selalu menjaga busi dalam keadaan bersih agar pengapian dan pembakaran maksimal sehingga performa mesin selalu dalam kedaan maksimal. Cara membersihkan busi kotor yang berkerak itu mudah.

Membersihkan busi Mobil Motor bisa anda lakukan dalam proses tune up atau servis berkala. Dalam proses membersihkan busi, memang terkadang ada bagian yang sulit untuk dibersihkan yaitu di dalam celah keramik namun jika gunakan alat yang benar itu tidak masalah.

Jangan biarkan busi mobil atau motor anda lama tanpa perawatan. minimal anda lakukan pembersihan berkala dalam proses tune up. atau anda bersihkan busi jika ada gejala-gejala seperti gejala busi lemah. Berikut adalah cara membersihkan busi mobil motor yang benar.

Cara Membersihkan Busi Mobil Motor Ampuh Hilangkan Kerak

Hal penting dalam membersihkan busi pada mobil adalah anda ingat posisi kabel busi. Jika anda baru pertama, anda perhatikan dulu urutan kkabel busi tersebut.

Kunci busi yang digunakan pada mobil dan motor adalah kunci busi 21, 19, 16 dan 14. siapkan kunci busi yang digunakan untuk mesin mobil atau motor anda.

Cara membersihkan busi mobil dan motor:

  • Lepas Kabel Busi
  • Kendurkan dan buka busi mobil atau motor. berlawanan arah jarum jam untuk membuka dan searah jarum jam untuk memasang.
  • Setelah busi dilepas, pertama anda bersihkan kerak di bagian luar busi yang mudah dijangkau dengan amplas.
  • Bersihkan bagian dalam (Di bagian celah keramik) menggunakan sikat kawat atau kuas kawat. kamu bisa beli atau bikin sendiri dari kabel kopling atau kabel gas bekas. penamppakannya seperti berikut ini.
Cara membersihkan busi dengan kuas kawat
cara membersihkan busi dengan kuas kawat
  • Bersihkan sisa-sisa kotoran atau kerak dengan di semprot pakai angin kompresor.
  • Setelah bersih, Pasang kembali busi.

Catatan:Hindari merendam busi dengan bensin, saya biasanya hanya mencuci busi pakai bensin jika busi basah oleh oli. kenapa begitu, karena ditakutkan busi direndam lama oleh bensin, nanti busi malah basah dan mati.

Cara Menyetel Celah Kerenggangan Busi Setelah Dibersihkan

Setelah membersihkan busi mobil atau motor, satu langkah terakhir yang sangat penting adalah menyetel kembali celah kerenggangan elektroda busi.

Bagi yang ingin akurat, kamu harus pakai plat alat ukur (Feeler Gauge). ukuran kerenggangan biasanya di angka 0.80 – 0,90mm atau bisa lebih rapat lagi jika kondisi pengapian sudah lemah.

Bagi yang tidak ada alatnya, kamu bisa gunakan feeling kamu. yang penting celahnya sama seperti saat baru. Semoga informasi cara membersihkan busi mobil dan motort ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *