7 Ciri Busi Sudah Lemah Mau Mati

Posted on

Kurniots.com – Busi merupakan komponen pengapian yang sangat penting. bertugas memantik api untuk membakar campuran bahan bakar dan udara yang telah dikompresikan di ruang bakar. Ada ciri-ciri busi sudah lemah yang bisa anda ketahui pada motor atau mobil anda.

Masalah busi sudah lemah sudah seharusnya terdeteksi sejak dini karena bisa mengakibatkan mesin mobil atau motor mendadak mogok. Tanda busi sudah lemah mau mati bisa terdengar dan terasa dengan mudah.

Terdapat ciri-ciri busi sudah lemah yang bisa anda ketahui. dan tanda serta gejala busi sudah lemah mau mati adalah sebagai berikut ini.

ciri ciri busi sudah lemah
ciri ciri busi sudah lemah

Ciri Busi Sudah Lemah Pada Mobil & Motor

Terdapat beberapa ciri-ciri atau tanda gejala busi sudah lemah yang bisa anda deteksi. berikut selengkapnya.

  • Mesin Susah Hidup

Gejala busi sudah lemah yang pertama adalah mesin mobil atau motor susah dihidupkan. busi yang sudah lemah bisa membuat mesin susah hidup karena percikan api busi tidak sempurna.

  • Mesin Brebet

Tanda busi sudah lemah yang kedua adalah mesin brebet saat anda gas atau akselerasi. api busi yang tidak sempurna tentu akan mempengaruhi kualitas pembakaran.

  • Boros Bahan Bakar

Gejala busi sudah lemah yang selanjutnya masih berkaitan dengan point-point sebelumnya. pengapian yang tidak sempurna menyebabkan pembakaran yang jelek sehingga bahan bakar cenderung lebih boros.

  • Mesin Tidak Responsif & Loyo

Tanda busi Selanjutnya adalah tenaga mesin loyo akibat dari faktor pembakaran yang tidak sempurna, mesin menjadi loyo dan tidak responsif saat berakselerasi.

  • Lansam Tidak Halus

Ciri busi tidak normal selanjutnya adalah lansam mesin tidak halus atau tidak stabil. ini pastinya berkaitan dengan faktor kualitas pembakaran yang diakibatkan oleh api busi yang tidak stabil.

  • Ada Ledakan di Knalpot (Nembak)

Tanda busi lemah yang ini sering banget terjadi pada motor matic nih…. kalo lagi kenceng trus turun gas ada nembak di knalpot. pada mobil juga bisa terjadi saat mesin susah hidup eh malah ada suara nembak di knalpot.

  • Warna Busi Hitam

Ciri busi sudah lemah yang terakhir adalah busi hitam. kenapa berwarna hitam, ini karena tentunya akibat pembakaran yang tidak sempurna.

Tanda-tanda diatas memang mengindikasikan busi sudah lemah, namun jika sudah diganti masih ada beberapa tanda diatas seperti masih hitam atau masih brebet, berarti anda harus mengecek bagian koil yang memang bertugas untuk memasok listrik ke busi dan bagian pengabut bahan bakar, bisa jadi koil juga sudah lemah atau seting bahan bakar terlalu boros.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *