Kopling Motor Bunyi Berisik, Ini Cara Memperbaiki & Penyebabnya!

Posted on

Kurniots.com – Kopling motor bunyi berisik ketika dilepas tuas koplingnya adalah salah satu indikator keausan pada komponen kopling. umumnya ditandai dengan berisiknya di seputar area blok kopling mirip seperti bunyi stang piston aus. bedanya adalah bunyi hilang saat koplinf ditekan.

Pada komponen kopling motor, terdapat karet bantalan di dalam mangkuk kopling. bunyi berisik ini salah satunya diakibatkan oleh karet mangkuk kopling yang aus. untuk cara memperbaikinya, berikut ini selengkapnya terkait dengan cara memperbaiki kopling motor bunyi berisik dan penyebabnya.

Cara Memperbaiki Kopling Motor Bunyi Berisik Ketika Dilepas

cara memperbaiki kopling motor bunyi berisik ketika dilepas
cara memperbaiki kopling motor bunyi berisik ketika dilepas

Untuk memperbaiki kopling motor yang bunyi saat dilepas, anda hanya perlu untuk mengganti karet mangkuk kopling. karet ini terletak di dalam mangkuk kopling yang dibungkus oleh gigi kopling dan plat penahan.

Yang perlu anda lakukan adalah membuka mangkuk kopling dan membuka paku-paku pengunci di plat mangkuk kopling. Umumnya terdapat 3 buah paku pengunci. setelah plat mangkuk kopling terbuka, anda akan melihat karet mangkuk kopling.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Gigi Kopling Motor Bunyi Nangis

Ganti karet mangkuk kopling dengan yang baru, pake yang asli ya biar awet. setelah itu tinggal pasang dan paku kembali.

Penyebab Kopling Motor Bunyi Berisik

Yang menyebabkan kopling motor bunyi berisik ketika dilepas, seperti yang telah saya ulas sebelumnya adalah akibat kkaret kopling aus atau pecah. nah yang menyebabkan karet kopling cepat aus atau pecah adalah dari kebiasaan berkendara.

Kebbiasaan berkendara dengan menghentak-hentak motor adalah penyebab utama umurr karet kopling cepat oblak. tentunya terkadang kebiasaan ini tak bisa dihindari jika kita berkkendara di medan pegunungan atau anda suka akselerasi yang spontan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *