Cara Merawat Gardan Mobil Tidak Cepat Rusak

Posted on

Kurniots.comCara Merawat Gardan РDifferential atau sering dikenal dengan nama gardan adalah komponen pada mobil yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda. letak gardan mobil itu ada di antara roda, baik roda belakang, roda depan, atau keduanya. untuk mobil jenis sedan, letak ggardan adalah menyatu di dalam blok transmisi.

Merawat gardan mobil itu sangat penting agar tidak cepat rusak. cara merawat gardan mobil sangatlah mudah, anda hanya perlu mengganti oli gardan sesuai dengan yang dianjurkan pabrikannya. pada umumnya menggunakan oli SAE 140. Namun untuk mobil-mobil kecil juga ada yang menggunakan SAE 90.

Tanda-tanda gardan rusak adalah adanya suara bunyi dengung atau gemuruh. untuk memperbaiki gardan mobil, anda bisa baca artikel cara memperbaiki gardan mobil rusak.

Penyebab Gardan Mobil Cepat Rusak

cara memperbaiki gardan mobil rusak
Cara merawat gardan mobil

Untuk cara merawat gardan mobil agar tidak cepat rusak, sebetulnya anda hanya harus menghindari hal-hal yang dapat menyebebkan gardan mobil rusak. dan beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut.

  • Sering mengalami ban selip.
  • Oli gardan jelek.
  • Oli gardan kering atau kurang.
  • Penggunaan ban beda merek antara kanan dan kiri.

Cara Merawat Gardan Mobil Agar Awet

Dan berikut adalah cara merawat gardan mobil aggar tidak cepat rusak. maka hindari hal-hal berikut ini.

  • Hindari jalanan yang dapat menyebabkan ban selip.
  • Jangan paksa kendaraan saat ban selip.
  • Hindari penggunaan ban beda merek antara kanan dan kiri.
  • Periksa secara berkala oli gardan, pastikan kualitasnya bagus dan tidak kurang.

Oli gardan perlu diganti setiap 10.000 Km, atau berpedoman pada buku panduan perawatan pemilik. penggunaan oli untuk gardan yaitu oli dengan kekentalan SAE 90 dan SAE 140.  tergantung rekomendasi pabrik. kebanyakan memakai SAE 140.

Hindari dan Jangan paksa ketika ban anda selip di jalanan licin atau terperosok lobang lumpur, jika anda paksakan ban untuk slip, maka ini akan membuat komponen di dalam gardan rusak.

Hindari penggunaan ban berbeda merek antara kanan dan kiri, Ban itu mempunyai spesifikasi masing2. jadi setiap ban pasti mempunyai daya cengkram berbeda. pemakaian ban beda merk (kanan & kiri) akan membuat kerusakan gardan dalam jangka panjang. jadi ketika membeli ban, minimal untuk sepasang roda kanan dan kiri itu sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *