Memperbaiki Gardan Mobil Rusak Bunyi Berdengung & Gemuruh

Posted on

Kurniots.comMemperbaiki Gardan Mobil – Gardan mobil bunyi berdengung atau bunyi gemuruh adalah tanda-tanda kerusakan pada gardan mobil. penyebab suara dengung ataupun gemuruh pada gardan diakibatkan oleh adanya komponen rusak atau aus yang harus segera diperiksa dan di stel kembali.

Indikator gardan mobil rusak ditandai oleh gardan yang berbunyi dengung pada kecepatan tinggi atau bunyi gemuruh pada saat mobil jalan. Segera memeriksa gardan yang bunyi memang harus dilakukan segera agar kerusakan komponen tidak bertambah parah.

Penyebab Gardan Mobil Bunyi Berdengung Atau Bergemuruh

Pada dasarnya ada 2 bunyi yang menandakan gardan mobil rusak yaitu bunyi dengung dan bunyi gemuruh. Bunyi dengung gardan biasanya diakibatkan karena ring-ring gigi gardan aus atau kerenggangan gigi pinion perlu di setel kembali. Sementara bunyi gemuruh biasanya diakibatkan oleh adanya laher yang aus atau bisa jadi ada gigi-gigi gardan yang rompal.

Lantas bagaimana cara memperbaiki gardan mobil rusak? Opsinya ada dua. Satu dengan melakukan pembongkaran dan satu lagi tanpa bongkar atau mensiasatinya.

Tips yang utama adalah jangan biarkan gardan yang mengeluarkan bungi dengung atau gemuruh lama tanpa perbaikan karena bisa jadi mengakibatkan gardan mobil rontok.

Cara Memperbaiki Gardan Mobil Bunyi Berdengung Atau Gemuruh

cara memperbaiki gardan mobil rusak
cara memperbaiki gardan mobil rusak

Dalam memperbaiki gardan mobil rusak, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan. perbaikan tentunya akan dilakukan sesuai dengan kondisi kerusakan gardan berdasarkan dari diagnosa yang telah dilakukan. langsung saja berikut ini langkah yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki gardan mobil rusak, berdengung atau bergemuruh.

  • Cek Kondisi Oli Gardan

Langkah pertama untuk memperbaiki gardan mobil rusak adalah anda cek kondisi oli gardan. oli gardan apakah masih baik, tidak kurang atau bahkan kering. oli gardan adalah pada umumnya menggunakan SAE 140

  • Membuka Gardan

Untuk memperbaiki gardan mobil rusak bunyi berdengung dan gemuruh, memang harus dilakukan pembongkaran dan penyetelan ulang jarak bebas antara gigi Crown Whel dan gigi Pinion gardan serta penggantian komponen yang rusak.

Komponen gardan yang biasanya aus adalah ring gigi-gigi gardan (side gear & pinion carier) dan laher-laher gardan. dalam melakukan pembongkaran gardan, harus dilakukan oleh bengkel karena dalam hal perakitannya, harus di setel kerengggangan gigi-giginya. Jika sembarangan, maka gigi akan cepat rompal.

  • Mengganti Oli Gardan Dengan Yang lebih Kental

Jika hanya ingin menghilangkan dengung gardan saja, Ada cara menghilangkan dengung gardan tanpa harus melakukan pembongkaran. bagaimana caranya, yaitu “ ganti oli gardan memakai oli yang kental” oli jenis ini pada umumnya disebut oli kobok / oli curah dan banyak digunakan mesin traktor bajak sawah.

Oli ini sangat kental seperti gemuk stempet yang meleleh. dan anda juga bisa masukan atau campurkan stempet atau gemuk / grease pada oli gardan.  cara ini kebanyakan dipakai pada gardan yang gigi Crown Whel dan gigi Pinion cacat yang harus dilakukan penggantian namun masih dipakai.

Memperbaiki gardan rusak bunyi dengung atau gemuruh menggunakan opsi ini memang bisa mengatasi masalah dengung atau gemuruh gardan, namun ingat itu tidak memperbaiki gardan karena idealnya komponen rusak haruslah diganti.

Baca Juga : Cara Merawat Gardan Mobil

Cara ini juga umumnya banyak digunakan pada mobil-mobil yang akan dijual, jadi jika anda akan membeli mobil bekas, penting untuk melihat kondisi oli untuk memastikan komponen dalam kondisi baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *