Cara Lepas Pasang Aki Mobil Yang Benar, ECU Aman!

Posted on

Kurniots.com – Melepas dan memasang aki mobil memang tidak boleh sembarangan. apalagi jika untuk mobil type mesin injeksi EFI. dalam hal kesalahan prosedur lepas pasang aki pada mobil injection, bisa mengakibatkan kerusakan ECU atau bisa membuat ECU ter-reset karena ECU tidak mendapat pasokan listrik. Jika ECU ter-reset itu biasanya ada memori yang terhapus, karena ECU kan mempelajari pola mengemudi tiap pengendara seperti bukaan gas (throttle), dan perpindahan gigi di mobil matik, pengaturan radio, jam dll.

Untuk tipe mobil-mobil mewah, biasanya pada sistem kelistrikannya dilengkapi dengan baterai cadangan di bagian dalam dashboard mobil. Baterai cadangan tersebut Tujuannya agar ECU tetap mendapat pasokan listrik ketika baterai utama di cabut. Tapi kalau tidak ada baterai cadangannya, bisa gunakan aki cadangan dan lepas pasang aki mobil dengan cara ini nanti kita perjelas.

Baik, langsung saja kita ke cara lepas pasang aki mobil yang aman dan benar sesuai prosedur sehingga ECU aman dan tidak ter-reset.

Baca Juga : Penyebab Aki Cepat Rusak

Cara Lepas Pasang Aki Mobil Lama (Karburator)

Cara lepas pasang aki mobil

Yang pertama ini adalah cara bongkar pasang aki pada mobil-mobil type karburator. untuk melepas dan memasang aki pada mobil non-injeksi, sebetulnya mudah dan tidak ada perlakuan khusus. dan cara lepas pasang aki nya adalah sebagai berikut.

  1. Yang pertama pastikan posisi kunci kontak kendaraan dalam posisi Off
  2. Tentunya persiapkan Aki baru yang akan diganti
  3. Persiapkan Kunci Ring dan Kunci Pas 10
  4. Kendurkan dan Lepaskan negative Aki ( – ) secara perlahan
  5. Kendurkan dan Lepaskan Positif Aki ( + ) secara perlahan
  6. Kendurkan dan Lepaskan Penahan Aki
  7. Angkat Aki Lama
  8. Masukkan Aki yang Baru
  9. Bersihkan terlebih dahulu kabel/klem aku jika kotor. Bisa gunakan Amplas.
  10. Pasang Kabel/klem kutub Positif Aki ( + ) lalu Kencangkan
  11. Pasang Kabel/klem kutub Negatif Aki ( – ) lalu Kencangkan
  12. Pasang Kembali Penahan Aki Hingga Terkunci Rapat
  13. Hidupkan Mesin
  14. Periksa Kembali Kelistrikan Kendaraan Apakah Semua Berfungsi Normal atau Abnormal. anda bisa baca Diagnosa Sistem Pengisian Aki

Cara Melepas dan Memasang Aki Mobil Injeksi EFI

Untuk mobil injection (EFI), cara lepas pasang aki mobil ini memang jangan sembarangan. kenapa begitu, karena pada mobil ini terdapat ECU yang sangat sensitif. untuk mengganti aki pada jenis mobil ini, berikut ini langkahnya.

Seperti yang saya katakan diawal, untuk tipe mobil mewah, biasanya dilengkapi dengan baterai cadangan agar ECU tetap mendapat pasokan listrik ketika baterai utama di cabut. Tapi kalau tidak ada baterai atau aki cadangannya, bisa gunakan aki cadangan.

Jadi disini, cara lepas pasang aki mobil yang pertama adalah anda bisa menggunakan aki cadangan yang dihubungkan seperti pada saat jumper aki mobil. Sebelum melepas aki, kasih kabel jumper positif ke positif dan negatif ke negatif lalu aki bisa dilepas seperti pada metode melepas aki pada mobil karburator diatas. dengan bantuan aki cadangan ini, arus akan standby.

Cara kedua lepas pasang aki mobil efi adalah dengan menyalakan mesin. Tapi mengganti aki mobil dengan menyalakan mesin, harus dilakukan dengan cepat, waktu adalah 10-20 detik. maksimalnya semenit agar sistem sirkulasi kelistrikan di mobil tak mengalami masalah dan dengan catatan aksesoris seperti AC, audio semua mati, lampu mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *