Inilah 10 Penyebab Aki Cepat Rusak, Salah Satunya Paling Sering Jadi Biang Keroknya!

Posted on

Kurniots.com – Penyebab Aki Cepat Rusak Soak Ngedrop atau Mati – Aki mobil atau Motor adalah komponen yang susah diperkirakan umur pakainya atau kekuatannya. ada beberapa penyebab aki mobil & motor cepat rusak soak tidak mengisi selain dari kualitas aki itu sendiri. Kualitas aki memang menjadi indikator pertama awet dan tidaknya aki mobil atau motor tersebut dalam penggunaanya.

Sebetulnya penyebab aki mobil & motor cepat rusak soak, ngedrop atau mati telah saya ulas sepintas di artikel-artikel sebelumnya tentang memperbaiki aki yang bisa anda baca di  Cara Memperbaiki Aki Basah Motor Mobil 100% Ampuh untuk jenis aki basah dan Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan 9 Langkah Mudah untuk jenis aki kering

Umur aki bawaan mobil & motor itu beragam ada yang pendek dan ada juga juga bisa mencapai 3 tahun lebih. namun jika pada sistem pengisian bermasalah, bukan tidak mungkin aki baru tidak sampai 1 tahun udah mati. nah apa saja penyebab aki mobil & motor cepat rusak, soak atau ngedrop dan bahkan mati.

Penyebab Aki cepat Rusak / Mati

Penyebab aki cepat rusak
  • Sistem Pengisian atau charge tidak normal.

Sistem pengisian tidak normal akan membuat aki cepat rusak. nah bagaimana cara mengeceknya, anda harus cek pakai Avometer.

  • Kebocoran arus listrik

Kebocoran atau ada arus yang keluar juga bisa jadi penyebab aki cepat rusak atau soak. biasanya ini terjadi bila Anda menggunakan lampu variasi, klakson variasi atau bisa juga alarm, itu akan membuat aki tekor lama-kelamaan. atau juga malah ada yang korslet. Kebocoran arus listrik bisa di periksa menggunakan Avometer atau Ampere Meter.

Cara untuk mengeceknya adalah dlm kondisi mesin mati dan kunci kontak off, lepaskan kabel negatif dari baterai. Hubungkan jarum positif (+) amperemeter ke kabel massa dan jarum negatif (-) amperemeter ke terminal negatif (-) baterai. kemudian baca pada layar AVOmeter, maksimal kebocoran yang diperbolehkan adalah 0,1mA.

  • Kualitas air aki jelek

Air aki atau Accu Zuur juga bisa menentukan keawetan aki. bagaimana tidak, ketika air aki sudah tidak dalam kondisi baik maka aki pun kan soak.

Baca Juga : Cara Menguras Aki Mobil & Motor

  •  Intensitas pemakaian mobil / motor terlalu tinggi

Intensitas pemakaian mobil / motor yang tinggi membuat air aki (aki basah) akan cepat habis, maka dengan itu diperlukan pemeriksaan berkala terhadap level air aki di level yang telah ditentukan pada indikatornya agar tetap terjaga tidak sampai kekeringan, sehingga performa dan kekuatan battery bisa terjaga tidak sampai drop tiba-tiba.

  • Penambahan Aksesoris Yang Berlebihan

Penambahan berbagai aksesoris elektronik non standar seperti audio sistem dan juga charger di mobil ataupun motor, bisa membuat aki cepat rusak atau ngedrop sebelum waktunya. jika ingin menambah berbagai aksesoris tambahan maka ampere aki juga butuh yang lebih besar.

Baca Juga: Diagnosa Sistem Pengisian Aki, Begini Caranya!

  • Faktor lupa/lalai

Faktor penyebab aki cepat rusak lainnya juga bisa diakibatkan kelalaian atau lupa. lampu kabin nyala saat parkir kendaraan akibat pintu tidak tertutup dengan benar dan lupa mematikan audio bisa menguras kelistrikan dan membuat aki drop atau soak.

  • Kebocoran arus listrik

Penyebab aki cepat rusak, soak atau tidak awet juga bisa diakibatkan karena kebocoran arus listrik ini bisa saja disebabkan karena konsleting. kondisi seperti ini juga bisa menguras kelistrikan dan membuat aki drop atau soak.

  • Sistem pengisian / Charge aki tidak normal

Jika sistem pengisian aki tidak normal tentunya akan menyebabkan kerusakan aki lebih cepat, yang mana saat pengisian, tegangan suplai kelistrikan tidak stabil, ini membuat aki menjadi cepat tekor dan soak, perlu pengecekan secara menyeluruh pada komponen pengisian seperti kiprok ataupun spull pada motor dan dinamo ampere pada mobil.

  • Mobil / Motor jarang digunakan

Kendaraan yang jarang digunakan juga bisa menyebabkan aki cepat rusak soak dan tidak mengisi. mobil yang jarang digunakan dan hanya dipanaskan saja sebetulnya tidak akan cukup mensuplai listrik untuk mengisi ulang aki tersebut, dan ini menyebabkan battery cepat tekor dan drop.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Busi Yang Mati 100% Ampuh

Namun masih mending dipanaskan dibanding yang tidak digunakan dan tidak dipanaskan sama sekali dalam jangka waktu lama. karena minimalnya dengan dipanaskan, maka aki akan mendapat aliran listrik agar aki tidak ngedrop dan tekor.

  • Usia produksi aki

Yang terakhir yang menyebabkan aki cepat rusak tidak mau mengisi adalah usia produksi aki. Jika anda membeli aki baru, penting memperhatikan kapan aki tersebut dibuat, karena aki yang tersimpan terlalu lama, walaupun aki tersebut masih baru, akan menurunkan performa aki tersebut, jadi teliti sebelum membeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *