Q&A  

Bagaimana Cara Membersihkan Aki Mobil? Begini Selengkapnya!

How to Clean a Car Battery? Here's more!

Bagaimana Cara Membersihkan Aki Mobil?
Bagaimana Cara Membersihkan Aki Mobil?

Kurniots.com – Begini selengkapnya terkait bagaimana cara membersihkan aki mobil.

Mungkin kamu salah satu yang memiliki pertanyaan bagaimana cara membersihkan aki mobil? atau apakah aki mobil bisa dibersihkan atau perlukah aki mobil untuk dibersihkan, berikut ini selengkapnya jawabannya.

Apakah aki mobil bisa dibersihkan?

Tentu saja aki mobil bisa dibersihkan baik bagian luarnya atau elemen dalamnya. Mungkin untuk bagian luarnya enggak usah kita bahas ya, untuk bersihkan bagian luarnya tinggal cuci saja pakai sabun.

Untuk bagian dalamnya atau elemen aki mobil juga bisa dibersihkan. Hal ini biasa dilakukan jika kinerja aki sudah menurun dan terdapat kerak atau kotoran yang menumpuk di bagian sel atau elemen aki.

Perlukah aki mobil untuk dibersihkan?

Jawaban dari pertanyaan ini “perlukah aki mobil untuk dibersihkan?” merujuk pada sel atau elemen di bagian dalam aki ya.

Untuk aki sendiri memang tidak perlu dan tidak ada prosedur untuk dibersihkan. Perawatan pada aki hanya menjaga level atau ketinggian cairan atau air aki pada upper level dan segera menambah air aki jika kurang.

Adapun membersihkan aki atau menguras aki biasa dilakukan jika aki mengalami penurunan performa sebagai upaya untuk mengembalikan performanya dengan mengganti air aki dan membersihkan kotorannya.

Bagaimana Cara Membersihkan Aki Mobil?

Untuk membersihkan aki mobil, kamu bisa lakukan cara berikut ini:

Alat-Alat Untuk Menguras Aki:

  1. Air Aki (Accu Zuur) air aki ini sering disebut Akisir, ini bukan untuk menambah melainkan untuk mengisi aki baru. Awas jangan ketukar sama air aki untuk nambah ya.
  2. Sarung Tangan
  3. Obeng (-)
  4. Corong kecil
  5. Masker (jika perlu) karena bau air aki menyengat.
  6. Air Di ember atau Air Kran untuk mencuci
  7. Air Panas
Cara memperbaiki aki basah
Perbedaan Accu Zuur dan Air Aki

Cara Menguras Aki :

  1. Lepas aki dari mobil atau motor
  2. Buka penutup lobang-lobang aki, anda bisa gunakan obeng atau putar pakai tangan juga bisa.
  3. Buang cairan aki dengan cara aki dibalik. hati-hati air aki berbahaya, buang di tempat aman.
  4. Masukan air panas melalui lubang-lubang aki, kemudian kocok dan buang kembali. lakukan berulang hingga elemen aki bersih. Langkah no 4 ini sebetulnya bisa di lewati jika aki kondisi elemen nya bersih. namun dari pengalaman dengan melakukan langkah no 4 ini kemungkinan berhasil menjadi lebih besar.
  5. Balik aki dan biarkan hingga sisa air habis keluar. sekiranya sudah keluar itu air bekas nguras, lanjut ke langkah selanjutnya
  6. Isi Aki dengan air aki (Accu Zuur) sampai batas upper level.
  7. Charge atau setrum aki. jika pada sepeda motor bisa langsung pasang dan hidupkan mesin pake slah dan nanti seiring mesin hidup ngisi sendiri setrumnya. Namun dengan melakukan strum aki terlebih dahulu akan lebih baik.
  8. Aki Siap digunakan kembali.

Informasi selengkapnya kamu bisa lihat artikel Cara Menguras Aki

Apakah membersihkan aki bisa mengembalikan kondisi aki mobil?

Membersihkan aki belum tentu bisa mengembalikan performa atau kondisi aki mobil. Sebagai informasi bahwa kotoran di dalam aki memang bisa rontok oleh air panas namun tidak bisa memperbaiki elemen atau sel yang rusak.

Untuk diketahui jika kerak kotoran pada aki berasal dari sel atau elemen aki yang rusak. Jadi membersihkan aki belum tentu bisa mengembalikan performa atau kondisi aki mobil.

Adapun jika sel masih dalam keadaan baik maka membersihkan aki tentu bisa mengembalikan performa atau kondisi aki mobil.

Punya pengalaman atau jawaban lain berdasarkan pengalaman pribadimu, silahkan tulis di kolom komentar.