Cara Menguras Aki Mobil Motor Sampai Bersih Total

Posted on

Kurniots.com – Menguras aki mobil atau motor adalah satu cara untuk memperbaiki aki yang lemah, soak atau ngedrop. kuras aki bisa dilakukan dengan mudah oleh anda sendiri asalkan berhati-hati dengan cairan aki karena itu adalah cairan keras. kali ini admin akan memberikan tutorial cara untuk menguras aki mobil atau motor hingga bersih total sampai dalam ke dalam elemen-elemen aki.

Cara menguras aki sebetulnya telah saya tulis di artikel tapi sebagai bagian dari cara memperbaiki aki. dan yang umumnya dilakukan pengurasan adalah jenis aki basah. anda bisa baca artikel utuhnya di Cara Memperbaiki Aki Basah Motor Mobil 100% Ampuh. dan baiklah untuk anda yang hanya sedang mencari tutorial cara menguras aki, berikut akan saya bahas untuk anda.

Cara Menguras & Membersihkan Elemen Aki Mobil Motor

Yang harus anda ketahui sebelum ke cara kuras aki mobil atau motor, tips ini biasanya hanya digunakan untuk menguras aki basah. untuk memperbaiki aki kering mobil atau motor, anda bisa baca Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan 9 Langkah Mudah. baiklah langsung ssaja berikut ini caranya.

Alat-Alat :

  1. Air Aki (Accu Zuur) air aki ini sering disebut Akisir, ini bukan untuk menambah melainkan untuk mengisi aki baru. Awas jangan ketukar sama air aki untuk nambah ya.
  2. Sarung Tangan
  3. Obeng (-)
  4. Corong kecil
  5. Masker (jika perlu) karena bau air aki menyengat.
  6. Air Di ember atau Air Kran untuk mencuci
  7. Air Panas
Cara memperbaiki aki basah
Perbedaan Accu Zuur dan Air Aki

Cara menguras aki :

  1. Lepas aki dari mobil atau motor
  2. Buka penutup lobang-lobang aki, anda bisa gunakan obeng atau putar pakai tangan juga bisa.
  3. Buang cairan aki dengan cara aki dibalik. hati-hati air aki berbahaya, buang di tempat aman.
  4. Masukan air panas melalui lubang-lubang aki, kemudian kocok dan buang kembali. lakukan berulang hingga elemen aki bersih. Langkah no 4 ini sebetulnya bisa di lewati jika aki kondisi elemen nya bersih. namun dari pengalaman dengan melakukan langkah no 4 ini kemungkinan berhasil menjadi lebih besar.
  5. Balik aki dan biarkan hingga sisa air habis keluar. sekiranya sudah keluar itu air bekas nguras, lanjut ke langkah selanjutnya
  6. Isi Aki dengan air aki (Accu Zuur) sampai batas upper level.
  7. Charge atau setrum aki. jika pada sepeda motor bisa langsung pasang dan hidupkan mesin pake slah dan nanti seiring mesin hidup ngisi sendiri setrumnya. Namun dengan melakukan strum aki terlebih dahulu akan lebih baik.
  8. Aki Siap digunakan kembali.

Sesimpel itu saja cara kuras aki mobil atau motor yang rusak tidak ngisi setrum, lemah atau ngedrop. penting untuk anda perhatikan, mohon berhati-hati dengan cairan aki karena itu adalah cairan keras yang berbahaya jika kontak dengan kulit apalagi mata anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *