Cara Menguras Aki Mobil Motor Sampai Bersih Total

How to Drain a Motorcycle Car Battery Until Totally Clean

Cara Menguras Aki Mobil Motor
Cara Menguras Aki Mobil Motor

Kurniots.com – Berikut tips untuk cara menguras aki mobil motor sampai bersih total yang bisa kamu praktekan tapi awas perhatikan hal-hal berikut ini.

Menguras aki mobil atau motor adalah salah satu cara untuk memperbaiki aki mobil atau aki motor yang lemah, soak atau ngedrop.

Menguras aki bisa dilakukan dengan mudah oleh kamu sendiri asalkan berhati-hati dengan cairan aki karena itu adalah cairan keras.

Disini kami akan memberikan tutorial cara menguras aki mobil atau motor hingga bersih total sampai dalam ke dalam elemen-elemen aki.

Cara menguras aki sebetulnya telah saya tulis di artikel tapi sebagai bagian dari cara memperbaiki aki. dan yang umumnya dilakukan pengurasan adalah jenis aki basah.

Kamu bisa baca artikel utuhnya di Cara Memperbaiki Aki Basah Motor Mobil 100% Ampuh. dan baiklah untuk kamuyang hanya sedang mencari tutorial cara menguras aki, berikut akan saya bahas untuk anda.

Cara Menguras & Membersihkan Elemen Aki Mobil Motor

Yang harus anda ketahui sebelum ke cara kuras aki mobil atau motor, tips ini biasanya hanya digunakan untuk menguras aki basah. untuk memperbaiki aki kering mobil atau motor, anda bisa baca Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan 9 Langkah Mudah. baiklah langsung ssaja berikut ini caranya.

Alat-Alat Untuk Menguras Aki:

  1. Air Aki (Accu Zuur) air aki ini sering disebut Akisir, ini bukan untuk menambah melainkan untuk mengisi aki baru. Awas jangan ketukar sama air aki untuk nambah ya.
  2. Sarung Tangan
  3. Obeng (-)
  4. Corong kecil
  5. Masker (jika perlu) karena bau air aki menyengat.
  6. Air Di ember atau Air Kran untuk mencuci
  7. Air Panas
Cara memperbaiki aki basah
Perbedaan Accu Zuur dan Air Aki

Cara Menguras Aki :

  1. Lepas aki dari mobil atau motor
  2. Buka penutup lobang-lobang aki, anda bisa gunakan obeng atau putar pakai tangan juga bisa.
  3. Buang cairan aki dengan cara aki dibalik. hati-hati air aki berbahaya, buang di tempat aman.
  4. Masukan air panas melalui lubang-lubang aki, kemudian kocok dan buang kembali. lakukan berulang hingga elemen aki bersih. Langkah no 4 ini sebetulnya bisa di lewati jika aki kondisi elemen nya bersih. namun dari pengalaman dengan melakukan langkah no 4 ini kemungkinan berhasil menjadi lebih besar.
  5. Balik aki dan biarkan hingga sisa air habis keluar. sekiranya sudah keluar itu air bekas nguras, lanjut ke langkah selanjutnya
  6. Isi Aki dengan air aki (Accu Zuur) sampai batas upper level.
  7. Charge atau setrum aki. jika pada sepeda motor bisa langsung pasang dan hidupkan mesin pake slah dan nanti seiring mesin hidup ngisi sendiri setrumnya. Namun dengan melakukan strum aki terlebih dahulu akan lebih baik.
  8. Aki Siap digunakan kembali.

Sesimpel itu saja cara kuras aki mobil atau motor yang rusak tidak ngisi setrum, lemah atau ngedrop. penting untuk anda perhatikan, mohon berhati-hati dengan cairan aki karena itu adalah cairan keras yang berbahaya jika kontak dengan kulit apalagi mata anda.

Beberapa Pertanyaan & Jawaban Terkait Permasalahan Aki

Setelah mengetahui cara menguras aki mobil motor diatas, berikut beberapa Q&A seputar perbaikan dan perawatan aki mobil motor.

Mungkin diantara kalian banyak yang terpikir beberapa pertanyaan seputar aki mobil dan aki motor.

Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban seputar memperbaiki aki, penyebab aki dan perawatan aki yang mungkin ingin kamu cari tahu jawabannya.

Apakah air aki harus di ganti?

Air aki memiliki kandungan asam sulfat yang bisa menyebabkan iritasi jika terkena kulit ataupun korosi jika terkena komponen logam pada mobil atau motor.

Mengganti air aki biasanya hanya dilakukan pada kondisi dimana aki kotor atau aki mengalami gejala penurunan kinerja.

Perawatan yang umum dilakukan adalah dengan secara berkala melakukan pengecekan level ketinggian air aki pada level Upper Level.

Penambahan air aki jika air aki berkurang adalah dengan air aki untuk menambah.

Berapa hari sekali cek air aki?

Air aki mobil sebaiknya selalu rutin diperiksa, menurut saya, kamu bisa cek air aki setiap kamu buka kap mesin jika pada mobil atau setiap ganti oli atau tune up.

Karena jika volume air aki berkurang maka bisa membuat aki soak terutama untuk jenis aki basah. Aki merupakan komponen penting pada mobil dan juga motor.

Apa bedanya air aki botol biru dan merah?

Air aki dengan botol berlabel merah kerap disebut dengan air aki zuur. Air ini memiliki kandungan kimia H2SO4 alias asam sulfat.

Sementara yang berwarna biru berisi air murni demineralisasi. Air aki yang ini adalah untuk menambah jika terjadi air aki berkurang pada masa pemakaian aki.

Akan tetapi, kamu jangan terpaku kepada warna botol kemasan air aki karena itu bukan patokan.

Banyak juga air aki dikemas dalam botol warna putih dan bening. Yang harus kamu ketahui dan perhatikan adalah Air aki untuk mengisi adalah accu zuur atau aki sir.

Sedangkan untuk menambah, biasanya terdapat keterangan air aki untuk menambah. Perbedaan diantara keduanya adalah yang satu (zuur) untuk mengisi aki baru atau mengisi aki pada saat diperbarui air aki nya dan satu lagi hanya untuk menambah saja.

Apakah aki tekor masih bisa dipakai?

Terkait pertanyaan ini, jawabannya sebagian besar masih bisa dipakai.

Misalkan saja aki tekor karena kendaraan disimpan lama, kamu hanya tinggal mengecas aki dan bisa dipakai kembali.

Selain itu juga, aki tekor bisa coba kamu perbaiki dengan cara menguras aki mobil motor paling mudah dan ampuh atasi aki mobil motor yang soak ini dan jika elemen aki masih bagus, maka tentu saja aki bisa dipakai kembali.

Kenapa baterai aki cepat habis?

Aki yang cepat habis bisa diakibatkan oleh setidaknya 3 faktor penyebab. Yang pertama adalah sistem pengisian aki kemungkinan mengalami malfungsi dimakna sistem charging melemah dan mengeluarkan arus terlalu kecil.

Apabila kondisinya demikian, maka aki akan cepat habis karena pengisian atau charging tidak memadai arusnya.

Yang kedua adalah bisa diakibatkan aki atau elemen atau air aki dalam kondisi tidak bagus. Jika dalam kondisi ini maka aki tidak bisa menyimpan setrum dalam jangka waktu lama.

Kamu bisa atasi atau perbaiki dengan cara menguras aki mobil motor paling mudah dan ampuh atasi aki mobil motor yang soak ini.

Terakhir atau yang ketiga, bisa juga diakibatkan karena adanya korsleting arus atau short. Ini juga bisa menyebabkan aki cepat habis setrumnya.

Apakah Bodrex bisa memperbaiki aki?

Mungkin kamu pernah mendengar obat Bodrex untuk memperbaiki aki.

Setelah saya mencari, dari sumber-sumber mungkin obat sakit kepala tersebut bisa digunakan karena adanya reaksi kimia yang terkandung dalam bodrex dengan air zuur bisa mereduksi oksidasi yang terjadi, sehingga mampu memperbaiki aki basah yang bermasalah.

Akan tetapi, saya sendiri belum pernah mencobanya. Saya sendiri lebih memilih membersihkan aki dengan membuang air aki lama, membersihkan kotoran dan mengganti air aki dengan yang baru.

Bolehkah menguras aki dengan air panas?

Air panas itu mampu merontokkan kotoran yang menempel ditimah aki namun bukan berarti bisa membuat kondisi aki menjadi seperti baru lagi jika elemen aki sudah terlanjur rusak.

Jadi dari sini bisa kita pahami jika air panas hanya untuk membantu membersihkan kerak dan kotoran yang diantaranya adalah merupakan bagian dari timah elemen yang rusak.