Membersihkan Karburator Motor Mobil, Begini Caranya!

Posted on

Kurniots.com – Karburator merupakan komponen penting dalam sebuah mesin. berfungsi sebagai komponen pengabut bahan bakar yang menyuplai bahan bakar yang telah dikabutkan ke dalam ruang bakar. membersihkan karburator merupakan hal yang sebaiknya dilakukan secara berkala karena kondisi karburator yang baik akan membuat kinerja mesin menjadi optimal.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh terkait apa itu karburator, jenis, sejarah dan fungsi, saya telah mengulasnya yang bisa anda baca di artikel Fungsi, Komponen & Cara Kerja Karburator. Kembali ke topik bahasan, membersihkan karburator adalah proses dimana membersihkan kotoran dan kerak pada bagian dan lubang-lubang udara karburator.

Untuk membersihkan karburator mobil & motor, yang harus anda persiapkan adalah kunci-kunci dan panduan. modal utamanya adalah mau dan terbiasa dengan bongkar-bongkar mobil atau motor. Tapi anda juga harus perhatikan, panduannya juga harus benar dan anda lakukan juga dengan benar.

Cara Membuka Karburator Mobil & Motor

Langkah pertama dalam membersihkan karburator adalah membuka karburator. Membuka karburator motor merupakan perkara yang cukup mudah dibandingkan dengan membuka karburator mobil. Dalam membuka karburator perhatikan hal-hal sebagai berikut.

Membersihkan Karburator Mobil
Membersihkan Karburator Mobil

Cara Membuka Karburator Mobil

  • Untuk membuka & membersihkan karburator mobil, pertama buka kabel kutub negatif dari aki ( accu ). Ini penting dan jangan sampai lupa. ini agar terhindar dari bahaya percikan akibat koorsleting yang bisa menyebabkan kebakaran.
  • Buka penutup Saringan Udara ( Air Filter ).
  • Sambil diperhatikan dan di ingat ( bila perlu photo dulu pake ponsel ) buka selang bahan bakar dan selang lainya yang terhubung ke karburator.
  • Buka kabel gas dan semua kabel yang terhubung ke karburator.
  • Buka mur / baut dudukan karburator dan angkat karburator dari manipold.
  • Buka dan pereteli bagian-bagian karburator yang akan di bersihkan, awas harus di ingat posisi-posisinya atau bila perlu photo lagi pake HP sebelum dibuka. ( spuyer atau main dan pilot jet jangan dibuka aja biar nanti gak kebalik pasangnya )

Cara Membuka Karburator Motor

Membersihkan Karburator Motor
Membersihkan Karburator Motor
  • Untuk membuka & membersihkan karburator motor, pertama buka kabel kutub negatif dari aki ( accu ). Biasanya untuk membuka karburator motor ini sipatnya opsional, tapi untuk kehati-hatian sebaiknya dilakukan.
  • Kendurkan Baut klem selang box filter udara (Untuk beberapa jenis motor harus dibuka bersama dengan box filternya).
  • Buka dan lepas skep gas.
  • Buka dan lepas selang bensin dan selang-selang lainnya yang terhubung ke karburator. perhatikan baik-baik dan bila perlu dokumentasikan dulu dengan HP. ingat untuk menutup kran bensin dulu jika motor menggunakan kran biasa.
  • Buka baut atau klem manipold karburator dan cabut karburator.
  • Buka dan pereteli bagian-bagian karburator yang akan di bersihkan, awas harus di ingat posisi-posisinya atau bila perlu photo lagi pake HP sebelum dibuka. ( spuyer atau main dan pilot jet jangan dibuka aja biar nanti gak kebalik pasangnya )

Cara Membersihkan Karburator Mobil & Motor

Setelah kita membuka dan mempereteli seluruh komponen karburator. langkah dalam membersihkan karburator mobil atau karburator motor adalah sebagai berikut.

  • Bersihkan seluruh bagian dan komponen karburator menggunakan bensin dan kuas atau semprot pake cairan pembersih karburator (Carburator Cleaner / Carburator spray) biar kotoran bandel ilang. Karbu cleaner ini ampuh untuk melelehkan kotoran kerak bandel di bagian karburator.
  • Semprot lobang-lobang karburator pake angin kompresor.
  • Pastikan seluruh bagian karburator bersih dan lubang-lubang karburator tidak tersumbat.
  • Jika tidak dalam keadaan terpaksa, Hindari mencolok lubang-lubang karburator karena bisa menyebabkan ukuran lubang-lubang menjadi berubah.

Cara Merakit & Memasang Karburator Mobil & Motor

Setelah karburator bersih dari kerak dan kotoran serta lubang-lubang karburator tidak tersumbat, maka langkah selanjutnya dalam membersihkan karburator ini adalah merakit karburator dan memasang karburator. langkah merakit dan memasang karburator adalah sebagai berikut.

  • Dalam step-step membuka dan membersihkan karburator, di awal saya sudah sarankan untuk memfoto bagian-bagian karburator sebelum dibongkar dan dibersihkan. nah sekarang rakit kembali semua komponen karburator. serta pasang ke manipold mesin dengan diberi sedikit sealer atau lem supaya tidak ada kebocoran (bisa juga tidak menggunakan lem asal paking diganti). gunakan foto tadi jika ada bagian yang lupa.
  • Pada tahapan merakit karburator, bagian penting adalah memastikan jarum pelampung menutup sempurna. Cara mengeceknya adalah anda tekan pelampung karburator keatas dan tiup lubang saluran bensin masuk dengan bantuan selang jika susah. pastikan tidak bocor. kalo bocor, ini bisa mengakibatkan karburator banjir. saya telah bahas ini sebelumnya dan bisa anda baca di Cara Memperbaiki Karburator Bajir.
  • Pasang seluruh selang dan komponen lainya juga pasang kabel negatif aki.
  • Start mesin dan setel / seting angin karburator. ini adalah point penting agar karburator yang sudah bersih menjadi optimal kinerjanya. Cara setelnya akan saya jelaskan selanjutnya.
  • Pasang kembali rumah saringan dan saringan udaranya.

Langkah terakhir yang sangat penting dalam membuka & membersihkan karburator mobil dan motor adalah seting karbu yang bisa dilihat di cara menyetel angin karburator. ini sangat penting karena setelan angin yang tidak pas bisa menyebabkan bensin boros dan tenaga ngedrop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *