Karburator, Fungsi Komponen Cara Kerja Cara Menyetel

Posted on

Kurniots.com – Karburator Motor & karburator Mobil atau Karbu pada mesin lainnya merupakan komponen yang berfungsi sebagai pengabut bahan bakar pada mesin. Merupakan sebuah alat yang mencampur udara dan BBM untuk sebuah mesin pembakaran dalam yang bisa kita temui di Mesin Motor, Mesin Mobil dan mesin-mesin lainnya yang sering kita temui yang menggunakan bahan bakar bensin.

Dikutif dari Wikipedia, Karburator pertama kali ditemukan oleh Karl Benz pada tahun 1885 dan dipatenkan pada tahun 1886. Kini kita jarang menemukan mobil ataupun motor modern yang mesinnya masih menggunakan karburator. Mesin mobil & motor jaman sekarang hampir semua menggunakan sistem injeksi yang kita kenal dengan nama EFI, jarang sekali yang menggunakan karbu.

Meskipun mobil & motor kini sudah mulai meninggalkan karburator, namun mesin-mesin perkakas masih menggunakannya untuk sistem pengabut bahan bakarnya. pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai apa itu fungsi karbu, komponen karbu, cara kerja & cara menyetel atau cara seting karburator beserta gambar.

Fungsi Karburator

Fungsi Karburator
Fungsi Karburator Mobil & Motor

Seperti sudah diutarakan diawal pembahasan, karburator adalah komponen pengabut yang berfungsi sebagai pengabut bahan bakar pada mesin yang mencampur udara dan BBM untuk sebuah mesin pembakaran dalam yang bisa kita temui di Mesin Motor, Mesin Mobil dan mesin-mesin lainnya.

Karburator memiliki 3 fungsi utama yaitu untuk menggabungkan Bahan Bakar (bensin) dengan udara sehingga menciptakan campuran yang mudah terbakar. Mengatur Rasio (perbandingan) Udara dan BBM & ketiga adalah untuk mengendalikan / Mengatur Kecepatan mesin baik pada mesin mobil, mesin motor dan mesin pembakaran dalam lainnya.

Nah setelah mengenal fungsi utama dari karbu pada mesin, mari kita lanjutkan pada apa saja komponen karburator.

Komponen Karburator

Kita ketahui ada macam jenis dan bentuk karburator yang digunakan pada mobil dan motor. dan meski merek dan bentuk serta ukuran berbeda-beda, namun pada dasarnya baik karbu mobil, karbu motor atau pada mesin lainnya, pada dasarnya memiliki komponen yang sama.

Beberapa part pada karburator ditambahkan untuk fungsi lainnya seperti sensor dan idle up. dan bisa saja berbeda bentuk dan ukuran untuk tiap modelnya. beberapa macam komponennya adalah sebagai berikut.

Komponen Karburator
Komponen Karburator Mobil & Motor
  1. Mangkok (float chamber) : Berfungsi sebagai penyimpan bahan bakar sementara sebelum digunakan.
  2. Pelampung(floater): Berfungsi mengatur bahan bakar agar tetap pada mangkuk.
  3. Jarum pelampung (floater valve): Berfungsi mengatur masuknya bahan bakar ke dalam mangkuk karburator.
  4. Skep/katup gas (throtle valve): Berfungsi mengatur banyaknya gas yang masuk ke dalam silinder.
  5. Jarum skep/jarum gas(Needle jet): Berfungsi mengaturbesarnya semprotan bahan bakar dari main nozzle pada waktu motor di gas.
  6. Pemancar Jarum (main nozzle/needle jet): Berfungsi memancarkan bahan bakar waktu motor di gas, besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep.
  7. Main jet: Berfungsi memancarkan bahan bakar ketika motor di gas penuh(tinggi)
  8. Pilot jet: Berfungsi memancarkan bahan bakar waktu lamsam/stationer.
  9. Sekrup gas/baut gas (throttle screw): Berfungsi menyetel posisi skep sebelum di gas.
  10. Katup cuk (choke valve): Berfungsi menutup udala luar yang akan masuk ke dalam karburator sehingga gas menjadi kaya, digunakan pada waktu start.
  11. Sekrup udara (air screw): Berfungsi mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bahan bakar.

Komponen karburator lainnya adalah seperti idle up, komponen ini berfungsi untuk menaikan RPM mesin untuk kondisi AC atau Lampu dinyalakan dan saat Stir di belokan. komponen ini berbeda-beda bentuk dan jumlahnya tergantung dari pabrikannya.

Cara Kerja Karbu

Cara kerja dari karburator dimulai pada saat mesin dihidupkan. Saat mesin hidup, mesin mengisap udara luar masuk melalui karbu. Karena kecepatan udara yang memasuki spuyer kecil, maka tekanan udara di permukaan saluran masuk rendah. Sehingga bahan bakar yang memancar melalui spuyer kecil. campuran BBM dan udara akan menghasilkan gas yang nantinya akan dibakar diruang bakar.

Karburator bekerja dengan prinsip perbedaan tekanan. Pada dasarnya karbu bekerja menggunakan Prinsip Bernoulli. semakin cepat udara bergerak maka semakin kecil tekanan statis-nya namun makin tinggi tekanan dinamis-nya.

Pedal gas pada mobil atau grip gas pada motor sebenarnya tidak secara langsung mengendalikan besarnya aliran bahan bakar yang masuk kedalam ruang bakar mesin melainkan mengendalikan katup dalam karburator untuk menentukan besarnya aliran udara yang dapat masuk kedalam ruang bakar mesin. Udara bergerak dalam karbu inilah yang memiliki tekanan untuk menarik serta bahan bakar masuk kedalam ruang bakar mesin.

Cara Menyetel / Seting Karbu

Ada beberapa hal yang membuat Anda harus mengerti cara menyetel karburator agar berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah selama penggunaannya. Karbu yang setingannya tidak benar atau setelannya kurang pas akan mengakibatkan beberapa kerugian diantaranya konsumsi BBM boros, mesin loyo dan yang bisa fatal adalah mesin panas.

Seting karburator juga jangan terlalu irit, alih-alih ingin irit BBM malah menimbulkan kerusakan mesin. Jangan anggap remeh mesin panas karena seting karbu yang terlalu irit karena bisa overheat dan mengakibatkan kerusakan mesinparah akibat macet.

Baca juga : Cara Membersihkan KarburatorUlasan lengkap tentang cara membersihkan karbu mobil & motor

Untuk menyetel karburator standar, terutama sehabis melakukan pembersihan, anda hanya perlu melakukan pemasangan kembali komponen-komponennya dengan benar dan terakhir menyetel angin kembali. untuk menyetel angin karbu itu mudah. singkatnya anda hanya tinggal naikan posisi lansam, putar setelan angin searah jarum jam sampai RPM drop dan balikan (putar berlawanan jarum jam) sampai RPM paling tinggi. terakhir tinggal sesuaikan lansam mesin.

Lain hal dengan seting karburator untuk mendapatkan performa terbaik, dilakukan upgrade pada spuyer (Main & Pilot jet), ini memerlukan pengetahuan khusus tentang tanda-tanda setingan besaran Pilot Jet dan Main Jet pas atau belum. Mengenai bagaimana cara seting karbu secara lengkap dan detail, silahkan dilihat informasinya di artikel yang sudah saya tulis di Cara Seting / Menyetel Karbu.

Beberapa karburator yang populer digunakan untuk modifikasi dan laris serta paling banyak dicari di pasaran adalah untuk modifikasi sepeda motor yaitu Karbu PE 24, PE 26, PE 28 dan Karbu PWK. Tak ketinggalan juga beberapa karbu motor seperti karbu RX King, Mio, Beat dan karbu Tiger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *