Menyetel Karburator Motor Mobil, Begini Caranya!

Posted on

Kurniots.com – Menyetel karburator adalah perawatan rutin yang dilakukan baik saat setelah melakukan pembersihan karburator atau pada saat dirasa ada penurunan performa pada mesin. yang akan saya bahas sekarang berlaku untuk cara seting karbu motor & mobil.

setelah sebelumnya dibahas tentang bagaimana cara membersihkan karburator yang bisa anda lihat di artikel Cara Membersihkan Karburator, kali ini akan saya bahas bagaimana cara seting karburator.

Mengingat fungsi karburator ini sangatlah vital maka sudah seharusnya anda merawat kondisi karburator secara berkala. Seting karburator yang tidak pas bisa menyebabkan motor atau mobil anda boros bahan bakar, tenaga mesin tidak maksimal dan bahkan ngempos dan mesin tekor.

Dalam melakukan penyetelan angin karburator sebaiknya anda lepas filter udara agar penyetelan lebih mudah dan feelingnya dapet. tidak ada ukuran baku dalam menyetel karburator. Disini yang berlaku adalah Feeling atau perasaan. Namun meski begitu, bukan juga asal putar kanan kiri karena ada patokannya.

Jika anda tidak sedang membongkar karburator, sebelum melakukan penyetelan angin, alangkah baiknya anda gunakan Karburator Cleaner untuk membersihkan bagian venturi dan lobang intake. cara menggunakanya bisa anda baca di artikel Karburator Cleaner.

Cara menyetel angin karburator
Karburator Cleaner, Cairan pembersih karburator ampuh

Cara Menyetel Angin Karburator Mobil & Motor

Berikut adalah cara menyetel karburator. Cara ini berlaku untuk semua jenis karburator baik mobil, motor atau mesin lainnya yang menggunakan karburator.

  1. Langkah pertama dalam seting karburator motor & mobil adalah hidupkan mesin
  2. Kemudian gunakan Obeng atau tangan kosong untuk memutar setelan gas / lansam searah jarum jam agar RPM sedikit naik dan biarkan mesin dengan RPM agak tinggi.
  3. Selanjutnya memakai Obeng min (-), Putar Setelan Angin searah jarum jam hingga RPM mesin turun / ngedrop dan setelah drop, kemudian Balik putaran berlawanan jarum jam dan berhenti di saat RPM mesin paling tinggi.
  4. Terakhir anda kembalikan langkah kedua, atur lansam mesin ke posisi normal.

Bagi yang dirasa belum jelas membaca langka-langkah cara menyetel karburator diatas, anda bisa lihat video berikut dan ikuti langkah-langkahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *