Seting PJ MJ Karburator, Ini Rahasianya!

Posted on

Kurniots.com – Seting karburator untuk mesin baik itu motor atau mobil yang dimodifikasi itu hukumnya wajib. Mesin yang sudah di oprek atau dimodifikasi tentunya memerlukan seting PJ MJ karburator lagi agar sesuai untuk memenuhi spesifikasi mesin yang telah kita upgrade. setel spuyer karburator (Pilot jet & Main jet) ini memang gampang-gampang susah.

Seting PJ MJ atau Seting spuyer karburator juga diperlukan jika kita ganti knalpot, CDI atau saat kita aplikasikan karburator bukan bawaan standard motor, contohnya yang sering banyak dipake adalah Karburator PE 28.

Saat kita Pake Karburator PE 24 atau PE 28 ke mesin motor Tiger misalnya, tentu kita butuh seting ulang Pilot Jet dan Main Jet karbu PE tersebut agar sesuai dengan spek mesin Tiger tersebut.

Sebelum dilanjut, bagi yang belum tau bagian-bagian karburator bisa baca Fungsi, Komponen & Cara Kerja Cara Karburator.

Cara Seting Spuyer (PJ MJ) Karburator

Cara seting PJ MJ karburator memang memerlukan keahlian dan bukan pekerjaan yang gampang. butuh ketelitian dan cermat. jika seting PJ MJ atau spuyer karburator tidak pas bisa mengakibatkan mesin tidak ada tenaga, brebet atau mesin ngempos. yang paling bahaya jika seting terlalu kering bisa membuat mesin jebol.

Baca Juga: Cara Membersihkan Karburator

Daripada kita ngalor ngidul kepanjangan, langsung saja kita bahas satu persatu bagaimana cara seting PJ MJ karburator yang benar, mudah dan akurat. pada intinya saya akan sajikan cara yang semudah-mudahnya.

Cara Seting Pilot Jet Karburator

Seting PJ MJ Karburator
Pilot Jet Karburator

Yang pertama kita bahas dalam seting PJ MJ karburator, kita seting dulu PJ nya. Pilot Jet bermain saat RPM bawah sampe tengah. Itu yg kerja PJ sama jarum skep. Pilot-jet itu spuyer yang diameternya lebih kecil. Takaran anginnya adanya disetel pada sekrup atau istilahnya air screw atau setelan angin. Untuk mengetahui ukuran dan setelan yang mendekati akurat bisa dideteksi dari putaran setelan anginnya.

Caranya mengetahui pas atau tidaknya setingan Pilot Jet adalah sebagai berikut.

  • Untuk seting spuyer PJ, hidupkan mesin sampai suhu ideal tercapai. Naikkan putaran mesin dengan membuka skep kira-lira 1/8 bukaan. Lalu putar air screw (setelan angin) searah jarum jam sampai mentok. pada kondisi ini seharusnya putaran mesin (rpm) turun.
  • Jaga supaya mesin jangan sampai mati bisa di gas sedikit dan tahan, lalu putar kembali setelan anginnya ke kiri dan perhatikan berapa putarannya sampai RPM tertinggi. ingat-ingat berapa putarannya.
  • Bila belum sampai 1 putaran (180 derajat) tapi mesin sudah tinggi tanpa digas, berarti pilot–jet kekecilan maka kita butuh seting PJ lagi. Biasanya kalau digas kaget akan ngok, seperti kurang besin dan memang kurang. Jika seperti ini, naikkan satu step pilotnya misalnya 25 jadi 27,5. Tetapi kalau lebih dari 2 putaran mesin belum teriak atau meninggi, berarti pilot jet kebesaran. Idealnya mesin teriak pada putaran 1 ½ putaran.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Karburator Banjir

Cara Seting Main Jet Karburator

Seting PJ MJ Karburator
Main Jet Karburator

Step selanjutnya dalam seting PJ MJ Karburator adalah jika sudah ketemu setingan Pilot Jet-nya, maka kita langsung seting Main Jet nya. Main Jet atau MJ ini bekerjja di putaran atas atau saat gas pol. Pas atau Kurangnya setingan Main Jeyt dilihat dari teriakan mesin. Mesin harus mampu meninggi cepat tetapi padat. Kalau teriaknya mesin cepat tapi enteng banget, main–jet kekecilan atau kekeringan. Kondisi ini bahaya buat mesin.

Untuk mencari seting MJ yang pas, pasang spuyer bensin yang sedikit kegedean. Jika saat digas putaran tinggi, motor tidak mau teriak atau malah teriakannya putus-putus duaarr…. dot…dot…. Nah itu pertanda main–jet besar. Untuk setingan gampangnya, naikkan klip setelan jarum skep. Hidupkan mesin lagi, cari sampai ketemu putaran mesin bersih tapi padat.

Namun seting spuyer MJ dengan cara menaikkan klip jarum skep ini berpengaruh pada putaran tengah. untuk hasil yang bagus dan maksimal tetap harus menurunkan main–jet step bye step sampai pas. Tandanya pas adalah ketemu putaran mesin bersih tapi padat. Baru seting PJ MJ karburator bisa dikatana pas.

Baca Juga: Cara Seting Angin Karburator

Dalam seting MJ (main jet) juga bisa dilihat dari warna pembakaran busi. Indikatornya adalam warna merah bata. jika warna putih terlalu kering dan jika hitam terlalu basah. Dalam seting MJ juga, indikator lainnya adalah saat dicoba jalan di gas pol. jadi dalam melakukan seting PJ MJ karburator, disarankan menggunakan busi baru agar akurat.

Biasanya kalo seting PJ MJ karburator, jika Main Jet kekecilan/kekeringan ada suara sampe kreket kreket. Kalo kegedean / kebasahan itu pas lagi gas mentok di gigi atas terus diturunin gasnya sedikit sekitar ¼ – ½ itu masih nyelonong atau masih ada tenaganya, ngga langsung ngedrop kaya kalo kita abis ngegas terus diturunin dikit gasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *