Karburator Banjir, Begini Cara Memperbaikinya!

Posted on

Kurniots.com РKarburator banjir adalah salah satu kendala yang bisa terjadi pada karburator mobil atau motor karena umur atau karena kurangnya perawatan yang mengakibatkan karburator kotor. Kotoran yang menumpuk di mangkok karburator inilah yang sering menjadi penyebab terjadinya banjir pada karburator.

Karburator banjir ditandai dengan keluarnya bensin dari lubang pembuangan pada karburator dan bensin meluap ke area lubang venturi yang bisa menyebabkan bensin masuk dan membasahi area filter udara dan masuk ke ruang bakar mesin serta berakibat membasahi busi.

Cara memperbaiki karburator banjir sangatlah mudah, anda hanya perlu membuka dan membersihkan seluruh bagian karburator dan seting ulang jarum pelampung jika diperlukan.

Sebelum dilanjut, bagi yang ingin mengetahui terkait apa itu karburator, jenis, sejarah dan fungsi, bisa anda baca di artikel Fungsi, Komponen & Cara Kerja Karburator.

Penyebab Karburator Banjir

Cara Memperbaiki Karburator Banjir Pada Motor dan Mobil
Cara Memperbaiki Karburator Banjir Pada Motor dan Mobil

Karburator yang banjir bisa diakibatkan oleh terganjalnya jarum pelampung atau needle valve oleh kotoran dan/atau akibat dari jarum pelampung sudah aus atau kondisinya sudah rusak.

Jarum pelampung yang sudah aus mengakibatkan kebocoran karena valve tentunya tidak bisa menutup sempurna.

Selanjunya, juga bisa diakibatkan oleh pelampung karburator yang letaknya ada di dalam mangkuk kondisinya bocor. meski jarang terjadi, ini juga bisa mengakibatkan karburator mobil atau karburator motor menjadi banjir.

Cara Memperbaiki Karburator Banjir Pada Motor dan Mobil

Untuk memperbaiki karburator banjir baik untuk mobil atau motor pada prinsipnya sama, perbedaanya hanya jika pada mobil desain karburatornya tidak sesimpel sepeda motor.

Kalau terjadi banjir pada karburator, yang harus di cek di keduanya sama-sama bagian jarum pelampung atau needle valve nya.

Jarum pelampung karburator
Jarum pelampung karburator

Untuk hasil terbaik, dalam memperbaiki kerusakan karburator seperti ini, anda disarankan untuk membongkar karburator. tapi dalam beberapa kasus atau kondisi, kita bisa mensiasatinya dengan tanpa membongkar karburator. anda bisa coba cara pertama ini.

Memperbaiki Karburator Motor & Mobil Banjir Tanpa Bongkarini bisa dilakukan jika anda tidak memungkinkan untuk membongkar karburator

  1. Untuk cara pertama, tipsnya adalah coba anda buka baut atau sekrup pembuangan di bagian bawah karburator yang letaknya berada di mangkuk karburator.
  2. Sebelumnya anda harus tutup kran bensin terlebih dahulu (yang gak pake kran manual tidak usah).
  3. Buang bensin yang ada di bak penampungan (bak karburator).
  4. Setelah habis, buka kran bensin atau kalo yang tidak menggunakan kran bisa slah-slah mesin atau jika mobil putar kontak posisi on.
  5. Biarkan bensin terus keluar bersama sisa kotoran yang mengendap sampai dirasa cukup bersih.
  6. Tutup kembali baut / sekrup pembuangan.
Pembuangan bensin karbu pe 28
Pembuangan bensin karbu pe 28

Cara ini sering saya gunakan saat sedang malas atau sedang dalam kondisi darurat. Jika dengan cara ini karburator masih banjir, maka anda harus menggunakan cara yang kedua. Cara kedua ini yang umum dilakukan yaitu dengan membongkar dan membersihkan karburator.

Cara Memperbaiki Karburator Mobil & Motor BanjirCara memperbaiki dengan membuka dan membersihkan karburator

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melepas dan membongkar Karburator yang banjir dan perhatikan dengan teliti bagian-bagiannya jika anda belum paham betul. agar nanti tidak bingung saat memasang.
  • Jika semua komponen sudah terbuka, Lepas pelampung tersebut dengan menarik keluar kawat pin nya, maka pelampung akan terlepas bersama dengan jarum pelampung / Needle valve.
  • Dan ini bagian pentingnya, Anda perhatikan apakah ada kotoran yang mengganjal di jarum pelampung atau dudukanya. jika ada kotoran kemungkinan hanya terganjal, pada step ini tinggal bersihkan dan pasang lagi. jika tidak ada yang mengganjal atau masih banjir, lanjut ke point selanjutnya.
  • Lakukan penyetelan dengan cara membengkokan ke atas sedikit saja, logam yang di gunakan untuk dudukan needle valve. Note: untuk yang bahannya plastik ini harus dilakukan pengganjalan karena tidak mungkin dibengkokan. saran terbaik adalah ganti jarum pelampung.
  • Pasang kembali pelampung dan juga needle valve.
  • Sebelum dilanjut, terkait dengan cara membuka dan membersihkan karburator, saya telah ulas dan bisa anda baca di Cara membersihkan karburator.
  • Lakukan pengecekan dengan cara meniup lubang masuk yang berhubungan dengan selang bensin, dan gerakan pada pelampung ke atas dan ke bawah.
  • Pastikan bahwa pelampung berada di bawah, needle valve terbuka penuh, dan ketika posisi pelampung sejajar needle valve bisa menutup secara sempurna. Jika belum pas lakukanlah penyetelan ulang.
  • Jika sudah dilakukan penyetelan masih saja bocor, maka saya sarankan untuk mengganti jarum pelampung dengan yang baru.
  • Terakhir adalah tentunya anda rakit kembali seluruh komponen karburator dan memasangnya kembali ke mesin.
Seting pelampung karburator
Seting pelampung karburator

Jangan dulu hidupkan mesin ya, karena di langkah terakhir ini anda perlu bersihkan busi. Karburator banjir akan membuat busi basah yang menyebabkan mesin akan tidak mau hidup.

Buka dan bersihkan busi, sebelum busi dipasang kembali, slah-slah atau start mesin tanpa busi agar bensin di ruang bakar keluar dan ruang bakar kering baru kemudian pasang kembali busi.

Setelah berhasil memperbaikinya dan mesin hidup, maka anda harus melakukan penyetelan karburator. Caranya bisa anda lihat di Cara Menyetel Karburator.

Ini penting karena setelah dilakukan pembongkaran maka sebaiknya dilakukan seting ulang angin agar performa mesin nantinya maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *