Gigi Kopling Motor Bunyi Nangis, Begini Cara Memperbaikinya!

Posted on

Kurniots.com – Gigi Kopling motor kamu bunyi, jangan buru-buru ganti ya. Gigi kopling yang berbunyi nangis itu masih bisa kamu perbaiki tanpa harus diganti. Kerusakan gigi kopling motor pada umumnya yang terjadi adalah bunyi nangis. jarang sekali terjadi gigi rontok.

Cara Memperbaiki Gigi Kopling Bunyi Nangis

Pada dasarnya bunyi pada gigi kopling yang seperti bunyi tangisan itu tidak akan membuat kerusakan, hanya gak enak aja di dengernya. dan cara untuk memperbaiki gigi kopling motor bunyi nangis adalah sebagai berikut.

Cara yang pertama adalah dengan mengganti satu set Gigi Kopling dan Gigi Penyambungnya. tapi awas beli yang asli atau yang berkualitas. jangan sampai beli yang asal-asalan eh malah nangis juga.

Yang kedua adalah dengan membalik gigi penyambungnya yang terdapat di kruk as. ini biasanya berhasil atau paling tidak akan mengurangi bunyinya sehinggaa menjadi pelan.

cara memperbaiki gigi kopling motor nangis
cara memperbaiki gigi kopling motor nangis
  • Buka gigi kopling (untuk sebagian motor bisa langsung buka gigi penyambung tanpa harus buka rumah kopling) Lihat gambar diatas.
  • Balik gigi penyambung kopling dan pasang kembali.

Baca Juga : Memperbaiki Kopling Motor Berisik

Cara tersebut banyak yang berhasil namun jika sudah dibalik dan pada jangka waktu lama nangis kembali, itu anda harus menggantinya untuk menghilangkan bunyi gigi kopling nangis tersebut.

Ada beberapa sepeda motor yang tidak bisa melakukan cara ini karena sisi dari gigi koplingya tidak sama jadi gak bisa dibalik. seperti pada Honda Tiger. mungkin bisa aja dibalik tapi harus di babat dulu atau diratakan dan dibuat ulang pengganjalnya untuk mengganti bagian yang di babat.

Semoga artikel cara memperbaiki gigi kopling motor bunyi nangis tersebut bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *