Tanda Kopling Tipis Yang Harus Kamu Ketahui

Posted on

Kurniots.com – Tanda Kopling Mobil & Motor Aus Atau Tipis – Kopling adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan dua poros pada kedua ujungnya dengan tujuan untuk mentransmisikan daya mekanis. Kopling atau Clutch dalam inggris adalah peralatan transmisi yang menghubungkan mesin ( poros engkol ) dengan Persneling atau Transmisi ( poros roda gigi transmisi ). Fungsi Dari kopling adalah untuk memindahkan dan memutus tenaga mesin ke transmisi. Kopling tipis atau aus akan membuat penyaluran tenaga dari mesin menjadi tidak maksimal.

Salah satu tanda kopling tipis adalah mesin meraung ttapi tidak ada tarikan pada saat berakselerasi alias selip. Mobil atau motormu tidak ada hentakan saat di gas itu salah satu ciri kopling tipis atau aus. tanda kopling tipis pada mobil juga bisa dikenali dengan bau hangus pada saat mobil menaiki tanjakan.

Gejala Kopling Mobil & Motor Tipis

Tanda Kopling Mobil Motor Tipis Yang Harus Kamu Ketahui

Kopling tipis akan menyebabkan kopling slip / selip. kondisi ini akan menyebabkan kendaraan seperti kurang bertenaga. untuk mengetahui tanda kopling tipis yang menyebabkan selip, kita tidak usah membuka transmisi jika malas. kita bisa mengeceknya, karena pada dasarnya itu akan terasa ketika mengendarai kendaraan tersebut. Berikut adalah  gejala Kopling Mobil dan Sepeda Motor rusak / aus / tipis .

Gejala Kopling Mobil Mobil Tipis

  • Tercium bau gosong ketika melewati medan tanjakan.
  • Mesin serasa meraung tapi hentakan tenaga kurang.
  • Kopling terasa agak berat ketika di injak.
  • Ketika menekan gas secara spontan hentakan tenaga tidak dan mesin serasa mengaung.

Ada Cara mengecek kopling tanpa membuka transmisi yang bisa anda lakukan, namun cara berikut ini jangan dilakukan terlalu sering karena efeknya akan membuat kopling cepat habis. lakukan ketika anda mencurigai jika kopling sudah tipis.

caranya adalah anda anda tarik rem tangan atau ganjal roda menggunakan balok yang agak besar. hidupkan mesin masukin gigi ( kalo saya biasa masukin gigi 3 ) pilih 2 atau 3. lepas kopling sambil injak gas seperti biasa anda akan melaju. jika mesin mati akibat beban berat tandanya kopling bagus. dan jika mesin terus hidup itu tanda kopling selip yang mungkin akibat kopling tipis. kenapa mungkin, karena bisa akibat dari yang lain. contohnya dekrup rusak atau drek laher macet.

Gejala Kopling Motor Tipis

Tanda kopling tipis pada sepeda motor pasti akan sangat terasa ketika anda oper gigi dan memutar grip gas secara spontan mesin akan mengaung tapi motor tidak menghentak. ini tanda plat kopling tipis.

Namun ciri kopling motor tipis di atas itu tidak sepenuhnya mengindikasi kanfas kopling tipis. karena kopling slip bisa juga diakibatkan oleh kerusakan dekrup / Clutch Cover ( Mobil ) dan Pegas Kopling / Per kopling ( Sepeda Motor.

sekian tentang tanda kopling mobil dan motor tipis atau aus dan semoga ini bermanfaat untuk anda. dan terimakasih atas kunjungan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *