Cara Memperbaiki Aki Basah Motor Mobil 100% Ampuh

Posted on

Kurniots.com – Aki Basah masih menjadi pilihan banyak orang meski Aki Kering menawarkan ke-praktisannya karena tidak memerlukan perawatan. Harga aki yang lumayan mahal dan umur pakai aki yang kadang tidak awet membuat orang banyak mencari tahu bagaimana cara memperbaiki aki basah mobil atau motor.

Sebelum lanjut ke cara memperbaiki aki basah yang sudah tidak bisa menyimpan setrum, mungkin di benak kamu terbesit pertanyaan. dapatkah aki basah yang rusak atau soak diperbaiki?…. Jawabannya adalah tentu saja bisa. dan beberapa kerusakan pada aki adalah aki tidak menyimpan setrum. Jika dibiarkan satu malam, aki soak atau ngedrop.

Aki basah yang lemah tidak bisa menyimpan setrum, aki ngedrop atau juga tekor bisa kamu perbaiki asalkan kondisi elemen aki nya masih bagus. berdasarkan dari pengalaman, aki basah yang soak itu disebabkan oleh sudah buruknya kualitas air aki dan elemen-elemen aki kotor. mari langsung saja kita ke cara memperbaiki aki basah yang rusak dengan berbagai kondisi. namun sebelumnya langkah diagnosa kerusakan aki terlebih dahulu.

Cara Diagnosa Kerusakan Aki dan Sistem Pengisian (Charge)

Sebelum melakukan langkah-langkah cara memperbaiki aki basah yang akan saya ulas dibawah ini, alangkah baiknya anda cek dulu arus pengisian aki apakah ada arusnya atau tidak. Periksa dahulu arus pengisian aki, kabel yang berasal dari regulator atau kiprok biasanya terhubung ke kutub positif aki atau ke kabel aki bagian positif (+).

Untuk sepeda motor paling mudah mengeceknya, anda tinggal engkol mesin dan cek apakah ada setrum dari kabel positif. Jika tidak ada setrum, cek dulu kiprok dan spul, jika ada setrum maka lanjut kita perbaiki aki kering karena bisa dipastikan aki rusak.

Untuk Mobil, kalo pada mobil lama, bukan Injeksi EFI, anda bisa lepas kabel kutub positif aki saat mesin hidup. jika mesin tetap hidup, dipastikan sistem pengisian normal. cara kedua bisa dilihat dari dinamo amper atau dinamo pengisian. saat mesin hidup, coba dekatkan obeng di depan puley nya. jika ada daya magnet, berarti sistem pengisian bagus. tapi awas, hati2 menggunakan cara kedua ini.

Memperbaiki Aki Basah Rusak dengan Menguras Air Aki

Cara memperbaiki aki basah motor mobil
Cara kuras aki untuk memperbaiki aki basah motor mobil

Cara memperbaiki aki basah yang rusak, soak, lemah ngedrop dan tidak menyimpan setrum pada motor ataupun mobil yang paling ampuh adalah dengan cara menguras air aki lama dan membersihkan elemen-elemen aki. sebetulnya sama saja dengan cara memperbaiki aki kering. Beda nya hanya jika pada cara memperbaiki aki kering yang sudah saya ulas, tidak dibersihkan elemen2nya. kamu bisa baca selengkapnya di Cara Memperbaiki Aki Kering.

Dalam memperbaiki aki basah, Orang-orang juga ada yang menggunakan bodrex dan garam, tapi menurut saya, menguras aki adalah cara yang ampuh. Dan berikut ini cara menguras aki basah sampai bersih ke elemen-elemennya sehingga nantinya aki akan pulih normal lagi bisa sampai 100%. pertama kita siapkan peralatan yang diperlukan.

Alat-Alat untuk menguras aki basah :

  1. Air Aki (Accu Zuur) air aki ini sering disebut Akisir, ini bukan untuk menambah melainkan untuk mengisi aki baru. Awas jangan ketukar sama air aki untuk nambah ya.
  2. Obeng (-)
  3. Sarung Tangan
  4. Masker (jika perlu) karena bau air aki menyengat.
  5. Air Panas
  6. Air Di ember atau Air Kran untuk mencuci
  7. Corong kecil
Cara memperbaiki aki basah
Perbedaan Accu Zuur dan Air Aki

Cara menguras aki basah :

Berikut adalah cara menguras aki untuk memperbaiki aki basah motor dan mobil

  1. Lepas aki dari mobil atau motor
  2. Buka penutup lobang-lobang aki, anda bisa gunakan obeng atau putar pakai tangan juga bisa.
  3. Buang cairan aki dengan cara aki dibalik. hati-hati air aki berbahaya, buang di tempat aman.
  4. Masukan air panas melalui lubang-lubang aki, kemudian kocok dan buang kembali. lakukan berulang hingga elemen aki bersih. Langkah no 4 ini sebetulnya bisa di lewati jika aki kondisi elemen nya bersih. namun dari pengalaman dengan melakukan langkah no 4 ini kemungkinan berhasil menjadi lebih besar.
  5. Balik aki dan biarkan hingga sisa air habis keluar. sekiranya sudah keluar itu air bekas nguras, lanjut ke langkah selanjutnya
  6. Isi Aki dengan air aki (Accu Zuur) sampai batas upper level.
  7. Charge atau setrum aki. jika pada sepeda motor bisa langsung pasang dan hidupkan mesin pake slah dan nanti seiring mesin hidup ngisi sendiri setrumnya. Namun dengan melakukan strum aki terlebih dahulu akan lebih baik.
  8. Aki Siap digunakan kembali.

Penyebab Aki Basah Rusak Tidak Bisa Menyimpan Setrum

Penyebab aki basah yang rusak diantaranya karena kurangnya perawatan. Selain itu juga akibat dari komponen pengisian atau charging aki sudah tidak bekerja dengan baik. seperti kita ketahui, selalu menjaga ketinggian air aki adalah penting dilakukan. Aki yang dibiarkan lama tanpa digunakan seperti mobil dan motor yang jarang sekali dihidupkan juga bisa bikin aki cepat rusak.

Makanya sangat penting untuk memeriksa ketinggian air aki secara berkala minimal saat ganti oli. jangan lupa juga untuk menghangatkan mesin saat kendaraan lama tidak digunakan agar aki tidak cepat rusak. semoga informasi cara memperbaiki aki basah ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *