Cara Membersihkan Saringan Fuel Pump Injeksi

Posted on

Kurniots.comCara Membersihkan Saringan Fuel Pump Injeksi – Hal yang harus diperhatikan pada mesin sepeda motor atau mobil yang menggunakan sistem injeksi ( Injection ) adalah elemen saringan bahan bakar ( Fuel Filter ) yang berada di Fuel Pump atau pompa injeksi. Pada sistem injeksi kebanyakan saringan bahan bakar terdapat di dalam tangki.

Ketika saringan Fuel Pump kotor akan menyebabkan tenaga ngedrop dan motor atau mobil lajunya endut-endutan atau tersendat-sendat. nah bagaimana cara membersihkan saringan fuel pump atau filter fuel pump ini tentunya dengan cara membuka fuel pump dan membersihkannya.

Baca Juga: Membersihkan Karburator Motor Mobil, Begini Caranya!

Terdapat sebuah elemen penyaring yang menempel di pompa ijeksi atau fuel pump, seiring dengan umur pemakaian tidak menutup kemungkinan kotoran akan menumpuk di saringan tersebut. efeknya tenaga motor/mobil anda berkurang, atau bahkan jika terlampau parah laju kendaraan akan tersendat sendat artinya suplai bahan bakar tekor. pada dasarnya penyakit yang timbul sama seperti yang memaki karburator.

Cara Membersihkan Saringan Fuel Pump Injeksi Motor Mobil

Cara membersihkan saringan fuel pump
Cara membersihkan saringan fuel pump

Dalam langkah cara membersihkan filter atau saringan fuel pump injeksi adalah kamu harus membuka tangki bensin motor atau mobil karena kebanyakan pompa injeksi atau fuel pump berada di bagian bawah tangki motor dan untuk mobil berada di bagian atas tangki.

Baca Juga: Cara Membersihkan Busi Mobil Motor Yang Benar

Selengkapnya tentang cara membersihkan saringan fuel pump adalah sebagai berikut ini.

  • Buka pompa injeksi Fuel Pump

Letak puel pump ada yang di bagian bawah tangki, ada juga yang di bagian atas tangki. seperti pada sepeda motor kebanyakan di bawah tangki dan pada mobil dudukanya dari atas tangki bensin.

Keluarkan Fuel Pump dan akan terlihat elemen fiter/saringan bahan bakar seperti ini.

Cara Membersihkan Saringan Bensin Fuel Pump Injeksi
Cara Membersihkan Saringan Bensin Fuel Pump Injeksi

Baca Juga: Cara Memperbaiki Busi Yang Mati 100% Ampuh

  • Lepas elemen saringan

Langkah selanjutnya adalah kamu harus lepas elemen filter atau saringan fuel pump tersebut dengan mencabut pin penguncinya. Kamu cari saja diantara elemen dan pompa, hati-hati karena pin ada yang menggunakan bahan sejenis plastik.atau bila ragu, langsung saja bersihkan tanpa membuka elemen. terus bersihkan bisa dengan bensin atau semprot pake karburator cleaner/karburator spray.

  • Pasang kembali saringan dan fuel pump

Setelah saringan fuel pump bersih, pasang kembali saringan dan pasang kembali fuel pump ke tangki bahan bakar dan nikmati kembali tenaga mesin seperti saat baru.

Baca Juga: Seting PJ MJ Karburator, Ini Rahasianya!

Semoga Cara Membersihkan Saringan Fuel Pump Injeksi bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *