Penyebab Oli Mesin Sering Berkurang, Hati-hati Dapat Akibatkan Mesin Macet!

Posted on

Kurniots.comPenyebab Oli Mesin Sering Berkurang – Oli Mesin sangat penting fungsinya sebagi pelumas mesin yang mencegah dan melindungi bagian mesin yang bergerak dengan cara mencegah kontak atau gesekan langsung dua logam yang berhubungan. makanya sangatlah penting untuk selalu menjaga kualitas atau kondisi oli dan keberadaanya di dalam mesin. jika oli kurang, maka mesin bisa hancur.

Oli Mesin itu pada umumnya Tidak akan berkurang atau lebih tepatnya tidak perlu penambahan sampai waktu penggantian berikutnya. terkecuali pada mesin mobil yang sudah menerapkan teknologi Turbo pada mesinnya. untuk yang memakai turbo biasanya sering ditemukan oli mesin berkurang dan harus di tambah sebelum masa penngantian oli.

Pada Mesin Sepeda Motor Dan Mobil yang tak pakai turbo, oli mesin sering berkurang itu menandakan ada yang tidak beres pada mesin tersebut. hal yang paling mendasar yang menyebabkan oli berkurang adalah kebocoran gasket dan oil seal. namun jika ditemukan tidak ada kebocoran pada dua point tersebut. maka berikut beberapa yang bisa mengakibatkan oli mesin mobil motor sering berkurang.

Baca Juga: Arti Kode API & SAE Oli Mobil Motor

Oli Mesin Mobil Motor Sering Berkurang, Inilah Penyebabnya!

Penyebab oli mesin mobil motor sering kurang
Penyebab oli mesin mobil motor sering kurang

Oli mesin mobil motor yang sering berkurang dapat diakibatkan oleh beberapa hal. mengetahui penyebabnya dapat mencegah kerusakan parah pada mesin karena tentunya anda akan segera melakukan perbaikan berdasarkan analisa kerusakannya.

Sil Klep atau Katup Bocor

Sil klep atau katup bocor bisa menyebabkan oli mesin berkurang, ini dikarenakan oli rembes dan masuk ke batang klep kemudian tersedot ke ruang bakar melalui manipold. ini pastinya terus berlangsung ketika mesin hidup. maka oli pun pasti berkurang.

Baca Juga: Jenis Oli Pelumas Mobil Motor & Mesin Lainnya

Ring Seher / Ring Piston Aus atau Lengket dan Boring Aus

Yang kedua adalah ring seher atau ring piston aus atau lengket, atau Cylinder atau Boring Aus / sudah longgar. kondisi ini akan menyebabkan oli pelumas yang berada di Cylinder atau boring tidak tersapu sempurana oleh ring piston yang akan menyebabkan oli terbakar pada saat proses pembakaran. dan pastinya akan membuat oli berkurang.

Kebocoraan Gasket dan Oli sil

ini sudah di jelaskan di atas dan ini pastinya terlihat dengan jelas.

Urutan Pemasangan Ring Piston Tidak Benar

Sama seperti point yang kedua dimana kesalahan pemasangan ring piston akan menyebabkan oli tidak tersapu sempurna dan akan terbakar di ruang bakar sehingga mesin akan sering mengalami oli yang berkurang.

Asap Knalpot Putih

Asap knalpot putih adalah salah satu dari efek yang ditimbulkan dari sil klep bocor, ring piston aus / lengket. dan kesalahan pemasangan ring piston. juga boring sudah aus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *