Cara Memperbaiki Baut Oli Dol Untuk Mobil & Motor

Posted on

Kurniots.comCara Memperbaiki Baut Oli Dol – Salah satu problem yang suka bikin pusing adalah Baut Pembuangan oli Dratnya Dol / slek. jika pada mobil ini tidak perlu repot karena karter bisa dilepas dan terpisah dengan mesin. lain hal jika pada sepeda motor yang otomatis lubang baut oli itu terdapat pada blok mesin.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah membuat drat baru yang lebih besar, itupun jika situasi masih bisa diperbesar dan jika tidak bisa maka harus di las atau cor ulang dan otomatis turun mesin.

Cara lain yang bisa diterapkan adalah cara sederhana yang bisa mensiasati drat baut Oli dol yaitu dengan beberapa cara berikut ini.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Tangki Bensin / Bahan Bakar Bocor Tanpa Las

Cara Memperbaiki Baut Oli Dol Untuk Mobil

cara memperbaiki baut oli dol
cara memperbaiki baut oli dol

Cara pertama adalah untuk memperbaiki baut oli dol atau slek pada baut pembuangan oli mobil. Untuk mengatasi baut oli dol pada mobil sedikit lebih mudah, caranya kamu tinggal ikuti langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama kamu buang oli mesin sampai habis
  2. Selanjutnya kamu ganti baut pembuangan oli jika drat bautnya udah rusak
  3. Kasih seal tape (balut dratnya) pada dratnya dan kamu pasang baut dan coba kencangkan. cukup asal rapat saja karena dratnya kan udah jelek dan pasti gak mau kenceng.
  4. Selanjutnya kamu bersihkan baut dan area sekitarnya pakai bensin dan keringkan.
  5. Terakhir kamu ambil plastic steel dan tutup baut sampai area sekitar bauut pakai plastic steel dan biarkan kering.

Baca Juga: 3 Cara Memperbaiki Baut Busi Dol

Note: Untuk membuka baut oli pada saat ganti oli nanti, kamu cukup pecahkan saja plastic steel yang tadi. plastic steel bakal lepas kalo udah pecah.

Cara Memperbaiki Baut Oli Dol Untuk Motor

Pada dasarnya, kamu bisa aplikasikan cara pertama tadi untuk di motor. tapi memang kalo dimotor itu kadang agak sulit karena posisi baut di blok mesinnya gak rata gak seperti di mobil. untuk cara memperbaiki baut oli dol di motor, kamu bisa lakukan beberapa cara berikut ini.

  • Tap ulang drat baut oli

Cara yang pertama untuk memperbaiki baut oli dol jika baut oli baru kali ini rusak atau dol, kamu bisa tap ulang drat baut oli dengan ukuran drat yang lebih besar. cara ini bisa kamu aplikasikan jika drat masih original dan baru pertama rusak.

Baca Juga: Cara Menguras Radiator Mobil Motor Itu Bisa Kamu Lakukan Sendiri!!!

  • Tahan pake plat

Ada satu cara yang bisa kamu coba juga jika posisi baut olinya memungkinkan yaitu bikin plat penahan yang bisa dipasang di baut footstep depan. kamu bisa lihat gambar berikut dibawah ini.

Cara Mengatasi Baut Pembuangan Oli Slek / Dol
Cara Mengatasi Baut Pembuangan Oli Slek / Dol

Cara-cara diatas adalah beberapa cara untuk memperbaiki baut oli dol. cara yang lebih paten tentunya adalah dengan mengganti mur dratnya jika pada mobil dan cor kembali drat jika pada motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *