Cara Menguras Radiator Mobil Motor Itu Bisa Kamu Lakukan Sendiri!!!

Posted on

Kurniots.comCara Menguras Radiator – Radiator merupakan salah satu sistem pendingin pada mesin, keberadannya sangat penting untuk proses mendinginkan mesin saat mesin hidup dan terjadi pembakaran. namun kadang raditor juga salah satu yang kurang diperhatikan oleh pemilik kendaraan.

Merawat radiator bukan hanya memastikan cairan pendingin tidak kurang saja, namun juga mengganti cairan pendingin yang kondisinya sudah buruk atau kotor. makanya ada istilah kuras radiator.

Cara menguras radiator mobil atau motor itu ada dua cara, yang pertama menguras hanya membersihkan dan mengganti cairan pendingin radiator saja dan yang kedua adalah menguras total dengan membongkar dan membersihkan kerak yang menyumbat pada elemen pendingin.

Baca juga: Cara Kerja Thermostat & Efek Mencabut Thermostat Pada Mesin

Untuk radiator yang menggunakan cairan khusus atau Radiator Coolant biasanya tidak akan menimbulkan kerak yang akan menyumbat saluran pendingin, namun beda dengan yang menggunakan air biasa. Jadi jika radiator itu airnya keruh dan banyak kerak, maka saya sarankan untuk ke tukang kuras untuk dilakukan pembersihan menyeluruh pada saluran elemen pendingin. namun jika tidak parah, anda bisa menguras radiator dengan cara menguras radiator yang mudah berikut ini.

Cara Mudah Menguras Radiator

Cara Mudah Menguras Radiator
Cara Mudah Menguras Radiator

Berikut ini adalah cara menguras radiator mobil atau motor yang bisa anda lakukan sendiri dengan mudah dirumah.

Baca Juga: Penyebab Overheat / Mesin Panas Yang Harus Diketahui Sebelum Mesin Rusak Parah

  • Pastikan mesin dingin terlebih dulu, bahaya jika mesin panas.
  • Buka tutup radiator atas.
  • Buka sumbat radiator atau baut pembuangan di bagian bawah radiator dan biarkan air keluar sampai habis berbarengan dengan kotoran dan kerak. Jika tidak ada baut pembuangan di bagian bawah, buka slang pembuangan (bagian bawah)
  • buka kempis dan bersihkan juga kempis cadangan air radiator.
  • Tutup kembali sumbat radiator bagian bawah radiator. dan pasang kempis atau tangki cadangan.
  • Buka sumbat Katup pembuang udara untuk yang menggunakannya seperti Avanza dan Xenia. penampakannnya. ( tidak semua mobil menggunakan katup ini ya, kalo tidak ada di mobilmu skip langkah ini.)
Cara Mudah Menguras Radiator
Katup pembuang udara radiator xenia / avanza
  • Tuangkan radiator flush (1 botol 300-500 ml) de dalam radiator. Radiator Flush ini adalah cairan pembersih radiator ya gan.
  • Tuangkan/ tambahkan air bersih (kran/ sumur) hingga radiator penuh lalu tutup penutup radiator.
  • Hidupkan mesin dan gas-gas sampai mesin panas, tujuannya adalah agar thermostat terbuka dan air plus cleaner bersirkulasi dari radiator sampai ke bagian mesin. tanda-tanda thermostat terbuka adalah suhu pada indikator mesin menunjukkan 1/4 dan tidak naik lagi (biasanya 5-10 menit sudah terbuka).
  • Tetap gas-gas sampai 20 menit agar cairan pembersih cukup melakukan pembersihan
  • Setelah selesai maka dinginkan mesin terlebih dahulu (30 menit) lalu buang air kotor yang ada dalam radiator dengan cara membuka saluran pembuangan seperti langkah pertama tadi dan sudah selesai membuang tutup kembali saluran pembuangannya
  • Selanjutnya untuk cara pembilasan, tuangkan air bersih pada radiator lalu tutup penutup radiator, hidupkan mesin dan gas-gas sampai mesin panas agar bersirkulasi seperti langkah diawal tadi hingga suhu pada indikator mesin menunjukkan 1/4 dan tidak naik lagi (biasanya 5-10 menit agar thermostat terbuka dan cairan bersirkulasi).
  • Buang kembali air di dalam radiator dengan cara membuka saluran pembuangan seperti langkah diawal tadi dan sudah selesai membuang tutup kembali saluran pembuangannya. Note: Jika perlu, ulang kembali langkah pembilasan agar air kotor + radiator cleaner yang ada pada mesin juga ikut berkurang
  • Setelah dibilas maka isi radiator dengan cairan radiator/ radiator coolant sampai penuh dan tabung persediaan air radiator juga maksimum (terlihat di level air pada tabung persediaan).
  • Tutup kembali penutup radiator

Baca Juga: Ciri Cylinder Head Gasket Rusak, Ketahui Sebelum Mesin Overheat & Macet!

Radiator coolant ini cairan khusus untuk radiator yang bisa lebih mendinginkan dan juga tidak membuat radiator berkarat. Usahakan selalu mengunakan radiator coolant ya gan agar sistem pendinginan mesin selalu optimal dalam menjaga suhu mesin.

Pastikan baut pembuangan tidak bocor atau rembes setelah melakukan langkah cara menguras radiator mobil atau motor ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *