Penyebab Overheat / Mesin Panas Yang Harus Diketahui Sebelum Mesin Rusak Parah

Posted on

Kurniots.com – Penyebab Overheat / Mesin Panas – Overheating atau Panas berlebih pada mesin mobil dan Sepeda Motor adalah gejala tidak normal dan sangat berbahaya untuk mesin. Overheat atau mesin panas berlebih bisa membuat mesin mobil anda rusak dan macet.

Gejala yang timbul disamping suhu pada temperatur control meningkat terlalu panas adalah Tarikan atau akselerasi terasa berat. Lalu, ketika meluncur normal dan setiap akan menambah kecepatan muncul suara ngelitik di mesin.

Overheating atau Panas berlebih pada mesin mobil jika tak disadari oleh pengemudi dan mobil atau sepeda motor terus dibawa jalan dalam kondisi mesin overheating akan menyebabkan mesin rusak parah. komponen mesin memuai akibat kepanasan bahkan bisa meleleh pada beberapa komponen. bisa juga piston macet.

Baca Juga: Cara Kerja Thermostat & Efek Mencabut Thermostat Pada Mesin

Penyebab Mesin Panas Berlebih Atau Overheat

penyebab mesin overheat panas berlebih

Beberapa penyebab kasus mesin panas berlebih ini diantaranya disebabkan oleh hal-hal berikut ini :

  • Kipas pendingin rusak ( terbalik, kipas elektrik mati )

Kipas pendingin radiator yang bermasalah akan membuat sistem pendinginan cairan radiator tidak maksimal dan akan membuat mesin panas. pada prinsipnya kipas pendingin menyedot udara dingin dari arah depan mobil dan meniupkannya ke radiator.

Baca Juga: Cara Kerja Thermostat & Efek Mencabut Thermostat Pada Mesin

Jika kipas mati ( elektrik ) maka proses pendinginan tidak berlangsung dan akan membuat tempratur naik. begitu juga jika posisi kipas terbalik, maka arah tiupan kipas terbalik jadi akan membuat tempratur naik. jadi kipas pendingin yang rusak dapat menjadi penyebab mesin panas berlebih atau mesin overheat.

  • Thermostat macet (rusak).

Thermostat merupakan komponen sistem pendingin mesin. baik itu di mesin mobil maupun mesin sepeda motor. Thermostat berfungsi sebagai katup dimana jika mesin panas maka thermostat akan terbuka mengalirkan sirkulasi air yang panas menuju radiator untuk didinginkan dan dikembalikan lagi ke mesin sehingga suhu mesin turun dan optimal.

Jika thermosthat macet maka saat mesin panas katup tidak membuka dan akan mengakibatkan mesin panas berlebih.

  • Bahan bakar terlalu irit

Selanjutnya yang dapat menjadi penyebab mesin panas berlebih atau mesin overheat adalah Bahan bakar yang terlalu irit. ini akibat campuran bahan bakar dan udara terlalu kurus atau irit. setel kembali atau bersihkan karburator dari kotoran.

  • Paking cyliderhead/cylinderhead gasket rusak

Cylinderhead gasket rusak atau terbakar juga bisa menyebabkan mesin overheat atau panas, karena kompresi pasti bocor. dan jika kompresi bocor melintas ke saluran cairan pendingin yang berada di sekitar lubang silinder atau boring akan membuat tempratur naik dan sistem pendingin tidak normal.

  • Radiator tersumbat (kotor).

Radiator tersumbat (kotor) juga sudah pasti membuat tempratur naik, ini karena radiator merupakan satu alat pendingin pada mesin.dengan tersumbatnya sistem pendingin membuat sitem pendingin tidak bekerja. dan akibatnya mesin overheat. solusinya dengan menguras radiator.

  • Air Radiator atau Cairan pendingin kurang

Air Radiator atau Cairan pendingin kurang sudah barang tentu akan membuat sistem pendingin tidak bekerja dengan maksimal dan akan menyebabkan sistem pendingin.

Nah dari poin di atas bisa kita simpulkan kalau perawatan secara rutin bisa membuat kita terhindar dari kerusakan fatal yang bisa terjadi akibat overheating atau panas berlebih. dan jangan anggap remeh sistem pendingin mesin karena semua itu sangat berpengaruh pada usia mesin anda. dengan mengenali gejala dan penyebab mesin mobil atau motor overheat atau panas berlebih maka anda akan terhindar dari resiko kerusakan mesin yang parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *