Skema Diagram Kelistrikan Supra Fit, X & Grand (Honda C100 Series) Free Download

Posted on

Kurniots.comSkema Diagram Kelistrikan Supra Fit, X & Grand (Honda C100 Series) – Keluarga Honda C100 series memang terkenal bandel, irit dan banyak digunakan dari mulai untuk perjalanan sehari-hari sampai buat dagang bakso, cilok, somay dll. Supra fit ataupun keluarga Honda supra lainnya yaitu Supra X dan Supra Fit (Supra Series) masuk kedalam keluarga honda dengan mengusung mesin C100 series. Selain Honda Supra, C100 juga adalah Honda Astrea Grand dan Legenda serta Honda Astrea Prima.

Karena sama-sama merupakan keluarga Supra Series dan sama-sama keluarga C100 Series, skema diagram kelistrikan Supra Fit, Supra X dan Honda Grand itu pada dasarnya sama. Warna-warna kabel yang digunakan keluarga honda ini pun sama. Karena kita ketahui bersama jika keluarga Supra Series dan Honda C100 Series ini keluaran lama, bisa dipastikan sekarang ini kabel body nya sudah mulai usang dan lapuk.

Penyakit motor-motor tua seperti Honda Supra Fit itu memang selain rangka dan mesin yang sudah mulai minta turun mesin, kabel-kabel body nya sudah mulai berantakan dan kelistrikan banyak yang tidak berfungsi. Untuk memperbaiki kondisi ini memang sebaiknya diganti satu set atau kamu bangun atau rakit kembali kabel body yang udah pada usang dan rapuh tersebut. Untuk melakukan itu, maka kamu butuh gambar skema diagram kelistrikan supra Fit sebagai patokannya atau untuk mempercepat dan mempermudah kamu dalam melakukan analisa dan perbaikan jalurjalur kelistrikan baik pada motor Supra Fit atau supra Series dan Honda Grand atau Legenda atau astrea prima.

Baca Juga: Skema Diagram Kelistrikan Vario 110 Karbu Download

Gambar Skema Diagram Kelistrikan Supra Fit, X & Grand

Admin disini punya gambar skema diagram kelistrikan supra fit yang bisa kamu gunakan dan aplikasikan pada Honda Supra Fit, Supra X, Honda Grand dan Honda Legenda bahkan untuk Astrea Prima. untuk kamu yang sedang melakukan perbaikan dan sedang membutuhkan diagram atau skema kelistrikan motor Honda C100 Series tersebut, silahkan lihat berikut ini.

Gambar 1. Skema Diagram Kelistrikan Supra 100 Series

Diatas adalah gambar skema diagram kelistrikan supra fit. Untuk warna-warna kabel pada kelistrikan supra fit, pada umumnya semua Honda Supra Series dan Honda C100 Series itu sama. maka dalam kabel body motor Honda Supra, Supra Fit, Honda Grand, Honda Legenda dan Honda Astrea Prima, pada bagian CDI, Spul dan Kiprok adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Skema Diagram Kelistrikan GL 100 CDI Grand

Skema Warna Kabel Kelistrikan CDI Supra Series & Grand

Skema Diagram Kelistrikan Supra Fit, X & Grand (Honda C100 Series)

Warna Kabel Kelistrikan CDI:

  1. Hitam Strip Putih
  2. Hitam Strip Merah
  3. Hitam Strip Kuning
  4. Biru Strip Putih
  5. Warna Hijau

Keterangan Warna Kabel Kelistrikan CDI:

  • Kabel warna hitam strip putih ini berasal dari kunci kontak yang langsung masuk ke CDI atau ottak pengapian dari sepeda motor tersebut.
  • Kabel berwarna Hitam strip Merah berasal dari spul pengapian yang menuju CDI (input CDI).
  • Kabel Hitam Strip Kuning untuk output CDI (kabel yang menuju koil pengapian).
  • Kabel Biru strip Putih berasal dari Pulser magnet.
  • Kabel warna hijau kabel masa (-)

Baca Juga: Ciri Atau Tanda Pulser dan CDI Bermasalah, Rusak / Lemah

Skema Warna Kabel Kelistrikan Spul Supra Series & Grand

Warna Kabel Kelistrikan Spul:

  1. Warna Putih
  2. Warna Kuning
  3. Warna Biru Strip Kuning
  4. Warna Hitam Strip Merah

Keterangan Warna Kabel Kelistrikan Spul:

  • Kabel Warna Putih berfungsi sebagai spul pengisian untuk mengisi arus listrik ke Accu / aki, Kabel warna putih ini akan masuk terlebih dahulu ke kiprok / rectifier sebelum masuk ke accu.
  • Kabel Warna Kuning untuk penerangan ke lampu utama yang melewati kiprok terlebih dahulu, setelah masuk kedalam kiprok kabel warna kuning tersebut akan masuk ke saklar On / Off.
  • Kabel Warna Biru Strip Kuning adalah kabel pulser magnet.
  • Kabel Warna Hitam Strip Merah berfungsi sebagai spul pengapian atau sumber pengapian yang dikeluarkan oleh busi, kabel ini menuju ke CDI.

Baca Juga: Cara Cek Pulser Motor Menggunakan Avometer Atau Multitester

Skema Warna Kabel Kelistrikan Kiprok Supra Series & Grand

Warna Kabel Kelistrikan Kiprok:

  1. Warna Hijau.
  2. Warna Merah.
  3. Warna Putih.
  4. Warna Kuning.

Keterangan Warna Kabel Kelistrikan Kiprok:

  • Kabel Warn Hijau adalah masa alias ground atau negative (-).
  • Kabel Warna Merah ke positif accu langsung dan melewati Fuse / sekring.
  • Kabel Warna Putih dari spul pengisian langsung masuk ke kiprok.
  • Kabel Warna Kuning berasal dari spul penerangan lampu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *