Ukuran Klep Shogun Diameter & Panjang IN EX

ukuran klep shogun 110 125 cc
ukuran klep shogun 110 125 cc

Ukuran Klep Shogun – Pada jamannya, Suzuki shogun pernah berjaya di kancah dunia balap motor Indonesia. Dulu, kita bisa melihat motor suzuki shogun banyak digunakan di arena balap dari mulai sirkuit aspal (road race, drag race) sampai sirkuit garuk tanah (grass track, motocross).

Motor keluaran suzuki ini dikenal kencang banget pada era nya. Bisa dibilang suzuki shogun adalah yang paling pertama terkenal dengan CDI tipe DC dengan Non limit. hingga beberapa masa, CDI milik suzuki shogun ini banyak digunakan oleh para mekanik untuk pengapian keperluan balap.

Selain dari CDI DC yang legend di kalangan penghobi motor balap pada saat itu, ada juga komponen lain yang banyak dicaplok mesin lain untuk keperluan modifikasi sektor mesin yaitu Klep. Klep suzuki shogun ternyata banyak digunakan dalam dunia modifikasi mesin dan ini tentunya pasti akibat ukuran klep shogun ternyata cocok dengan hasil hitungan para mekanik.

Motor suzuki shogun sendiri keluar dalam beberapa model diantaranya Shogun generasi pertama (Shogun kebo) dan shogun R dengan kapasitas mesin 110cc dan Shogun SP 125cc. Kembali ke per klep-an, dalam menentukan ukuran klep itu tidaklah asal-asalan. Ukuran klep ditentukan berdasarkan rumus untuk mencari berapa besar diameter yang dibutuhkan dari spesifikasi ruang bakar itu sendiri.

Jadi para mekanik balap mengggunakan klep shogun tentunya karena ukuran klep shogun pas dengan spesifikasi atau ukuran bberdasarkan penghitungan mereka. Nah untuk kamu yang mau tahu rumusnya kamu bisa llihat di bawah ini.

Rumus hitung diameter klep: Rumus Hitung Menentukan Diameter Klep Motor

Ukuran Diameter Klep Shogun 110 & 125 cc

ukuran klep shogun 110 125 cc
ukuran klep shogun 110 & 125 cc

Oke langsung saja kita berapa sebenarnya ukuran klep shogun baik diameter payung klep dan diameter batang klepnya. untuk ukuran klep shogun adalah 25 mm untuk klep IN dan 22 mm untuk klep EX dan untuk ukuran diameter batang klep shogun adalah 5 mm.

MotorKlep INKlep EXBatang
Suzuki Shogun 11025 mm22 mm5 mm
Suzuki Shogun 12525 mm22 mm5 mm
Ukuran diameter klep suzuki shogun 110 & 125 cc

Dari data diatas kita temukan bahwa ukuran klep shogun baik 110 cc dan 125 cc itu ternyata sama aik dari ukuran diameter payung klep dan ukuran diameter batang klepnya.

Untuk kamu yang memerlukan data ukuran klep untuk motor lainnya, kamu bisa cek di bawah ini.

Data ukuran klep semua motor: Ukuran Klep Berbagai Motor, Ini Data Diameter & Panjangnya!

Kenapa Harus Klep Shogun?

Di pasaran, sudah banyak ragam klep yang bisa menjadi pilihan karena kebutuhan yang semakin beragam. Mulai dari modifikasi bore-up harian hingga versi ekstrem, biasanya memiliki klep favorit. Mulai dari klep asal motor lain (substitusi) hingga pemakaian klep mobil.

Baca juga: Ukuran Kerenggangan Klep ( Celah Katup ) Semua Motor

Balik ke pertanyaan kenapa harus shogun? selain dari banyak hasil hitungan para mekanik yang pas dengan ukuran klep shogun, juga karena memang klep IN dan EX dari Suzuki Shogun diameter payung klep diklaim paling besar (25 mm dan 22 mm) dibandingkan klep standar pabrik lainnya untuk motor standard dengan kapasitas sekelasnya.