Buka Pasang Klep Motor Mobil Begini Cara Paling Gampangnya!

Posted on

Kurniots.com  – Buka Pasang Klep Motor Mobil – Klep atau Katup pada mesin mobil dan mesin motor bekerja secara bergantian dan bersama-sama membuka dan menutup lubang hisap dan lubang buang pada saat proses menyedot campuran bahan bakar dan udara dan pada saat membuang sisa pembakaran serta menutup kedua lubang (in & ex) agar terjadi kompresi di ruang bakar.

Kerusakan yang dapat terjadi pada klep mesin adalah kebocoran yang dapat mengakibatkan kompresi bocor. akibat dari kompresi yang bocor dapat mengakibatkan mesin mati atau jika kebocorannya ringan dapat menyebabkan mesin ngempos dan lansam tidak stabil.

Solusi untuk kerusakan pada area klep adalah dengan melakukan skir atau skur klep dan untuk itu perlu dilakukan pembongkaran dan pelepasan klep. Cara buka pasang klep motor atau mobil inilah yang harus anda ketahui agar dapat membuka dan memasang klep motor atau mobil dengan atau tanpa bantuan treker khusus klep.

Cara Buka Klep Motor Mobil Dengan Atau Tanpa Treker

Pada cara melepas atau cara buka klep motor mobil berikut ini dilakukan bukan hanya menggunakan alat khusus atau treker klep namun juga dengan alat sederhana yang pastinya mudah ditemukan. bagaimana caranya, berikut ini.

1. Cara buka Klep Motor Mobil Menggunakan Treker

Cara Melepas Klep / Katup Mesin
Treker Klep

Sangat mudah untuk melepas kunci penahan pegas katup ( spi klep ) jika anda mempunyai alat pembukanya. anda tinggal pasang tekan dan lepas spi klep dengan mudah. alat khusus atau treker ini beragam bentuknya, salah satunya seperti gambar diatas.

Baca Juga : Ukuran Kerenggangan Klep

2. Cara Buka Klep Motor Mobil Menggunakan Alat Sederhana

Cara yang kedua ini menurut saya justru lebih mudah dan cepat, caranya menggunakan pipa atau kunci busi dan palu. langkah yang dilakukan berikut ini.

Cara Melepas Klep / Katup Mesin
Teknik Membuka dan Pasang Klep Alat sederhana
  • Siapkan kunci busi atau pipa atau kunci T yang diameternya lebih besar dari diameter klip pengunci atau spi klep yang terpasang di batang katup.
  • Siapkan palu yang sedang saja.
  • Simpan Cylinderhead diatas balok kayu atau papan kayu.
  • Masukan kain atau kertas pada satu ujung jika yang anda gunakan kunci busi atau pipa supaya rapat di satu bagian.
  • Tempelkan kunci busi atau pipa di atas plat penahan per klep / katup, bagian yang menempel adaalah yang bolong. dan tahan.
  • pukul pipa atau kunci busi pakai palu agak keras supaya per tertekan kebawah dan kunci penahan pegas katup ( klip pengunci / spi klep ) akan lepas dengan sendirinya.

Langkah selanjutnya ya anda tinggal ambi per klep dan cabut klep dari bos nya.

Baca Juga : Cara Menyetel Klep Mobil & Motor

Cara Pasang Klep Motor Mobil Dengan Atau Tanpa Treker

Langkah atau cara pasang klep motor mobil yang dilakukan disini menggunakan alat sederhana, karena kalo pake alat khusus kan itu mudah. bisa membuka pasti memasangnya juga gampang. namun bagaimana jika anda tidak punya alat dan membuka dengan menggunakan cara sederhana diatas, nah disini jawabannya.

Langkah Memasang Klep atau Katup Mesin
Langkah Cara Memasang Klep atau Katup Mesin
  • Yang pertama harus dilakukan adalah pastinya membersihkan klep dan siting klep serta bos nya.
  • kemudian jangan lupa pasang dulu sil klepnya. kasih oli biar gak seret dan tinggak tekan aja.
  • beri pelumas di batang klep, olesi oli di payung klep dan siting dan masukan klep.
  • masukan per klep kecil dan besar beserta penahannya, jika per klep ada bagian ulir yang rapat dan renggang, bagian rapat di posisi bawah.
  • Ganjal daun klep atau katup pakai lap yang fungsinya agar klep tertahan saat nanti di tekan.
  • Tempelkan kunci busi atau pipa diatas plat penahan per klep/katup, sisi yang menempel yaitu yang tertutup bekas ban.
  • Tekan kebawah dan itu secara langsung bakal memasukan klip pengunci lihat hasilnya.
  • Atau pukul pipa atau kunci busi memakai palu agak keras agar per tertekan kebawah. ini juga sama dan menurut saya lebih gampang.
  • lalu teliti katup dari kebocoran dengan memasukan bensin ke lubang in serta ex satu persatu lihat pada payung klep untuk mengecek kebocoran.

Baca Juga : Cara memperbaiki klep bocor tanpa bongkar

Bagi kamu yang ingin mencoba memperbaiki kebocoran klep atau kompresi bocor akibat klep terganjal kotoran, bisa coba cara memperbaiki klep bocor tanpa bongkar yang sebelumnya sudah saya tulis. pada artikel tersebut saya informasikan cara mudah yang bisa anda lakukan tanpa bongkar mesin. semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *