Jangan Salah! Inilah Ukuran Garasi Mobil & Carport Paling Ideal

Ukuran Garasi Mobil & Carport Paling Ideal
Ukuran Garasi Mobil & Carport Paling Ideal

Kurniots.com – Jangan sampai salah ya sob, inilah ukuran garasi mobil & Carport paling ideal untuk mobil dan rumah kamu.

Mobil di jaman sekarang sudah sangat banyak pilihan dan terdapat tipe-tipe keluaran mobil yang terjangkau oleh kalangan menengah.

Kepemilikan mobil di masa sekarang sudah bukan lagi hanya di masyarakat kalangan atas, akan tetapi masyarakat kelas menengah pun kini bisa dengan mudah memiliki mobil.

Adanya banyak leasing yang bisa jadi solusi untuk memiliki Mobil dengan sistem cicilan mungkin jadi salah satu alasannya.

Penting bagi pemilik mobil untuk menyiapkan garasi mobil yang ideal dan nyaman. Ukuran garasi mobil perlu disesuaikan agar mobil kesayangan Anda tetap aman.

Saat kamu memutuskan membeli mobil, memanglah sangat penting bagi kamu untuk memiliki tempat parkirnya baik Garasi atau Carport.

Carport dan Garasi sama-sama berfungsi sebagai tempat parkir mobil, namun keduanya memiliki perbedaan.

Perbedaan Garasi dan Carport

Dalam KBBI, istilah carport ditujukan untuk menyimpan kendaraan roda empat berupa atap yang ditopang dengan tiang sedangkan istilah garasi menuju kepada bagian rumah yang digunakan untuk menyimpan berbagai kendaraan bermotor.

Perbedaan paling mendasar antara Carport dan Garasi adalah pada bentuk bangunan dan bahan material bangunannya.

Garasi merupakan ruangan tertutup yang memiliki pintu sehingga dapat dikunci. Sehingga dapat menjamin keamanan kendaraan roda dua maupun roda empat yang diletakkan di dalamnya.

Sedangkan Carport merupakan tempat yang berbentuk semi terbuka. Dikarenakan carport hanya dipasang menggunakan kanopi atap yang berfungsi sebagai pelindung kendaraan dari panasnya matahari dan musim hujan.

Selengkapnya kamu bisa baca di artikel : Inilah Perbedaan Garasi & Carport

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Garasi atau Carport

Dalam membuat garasi pun tidak boleh seadanya saja. Kamu harus mempertimbangkan luas garasi yang memiliki cukup ruang untuk membuka pintu mobil, area untuk lalu lalang di depan, belakang, dan samping mobil setelah mobil terparkir, hingga ruang untuk menyimpan perkakas mobil.

Beberapa hal lain yang harus dipertimbangkan dalam membuat garasi mobil adalah:

  • Lantai yang tepat.
  • Model pintu garasi.
  • Ventilasi udara.
  • Memiliki cukup ruang untuk menyimpan spare part dan lainnya.

Ketersediaan lahan juga harus diperhatikan tentunya. Apabila memang sempit, daripada membuat garasi, mungkin lebih baik membuat Carport saja yang tidak memerlukan dinding.

Rata-rata Ukuran Garasi Mobil Yang Umum

Sebelum Anda membuat garasi, pastikan Anda mengetahui ukuran mobil Anda terlebih dahulu. Berikut ini adalah perkiraan ukuran mobil menurut jenisnya.

Ukuran Garasi Mobil Jenis van dan SUV

  • Lebar: 1,8 meter – 2,1 meter
  • Panjang: 4,9 meter – 5,8 meter
  • Tinggi: 1,5 meter – 1,8 meter

Ukuran Garasi Mobil Jenis mobil besar dan mewah

  • Lebar: 1,8 meter – 1,9 meter
  • Panjang: 4,9 meter – 5,5 meter
  • Tinggi: 1,4 meter – 1,5 meter

Ukuran Garasi Mobil Jenis mobil kecil dan sport

  • Lebar: 1,5 meter – 1,8 meter
  • Panjang: 4,3 meter – 4,9 meter
  • Tinggi: 1,2 meter – 1,5 meter

Rata-rata Ukuran Carport Yang Umum

Carport biasanya dibangun karena keterbatasan lahan, sehingga tidak dimungkinkan untuk membangun garasi di dalam rumah untuk kendaraan.

Kamu harus mempertimbangkan ukuran carport dari berbagai aspek, bukan hanya ukuran mobilnya saja, namun juga jarak aman, ketinggian, dan ruang gerak di sekitar mobil.

Ukuran Carport untuk Satu Mobil

Ingatlah untuk menyesuaikan ukuran carport dengan ukuran mobil Anda sendiri. Tapi untuk ukuran carport ideal umumnya Anda dapat mengikuti patokan berikut ini:

  • Lebar: 2,5 meter
  • Panjang: 6 meter
  • Tinggi: 2,5 meter
  • Jarak aman dengan dinding samping: 1 meter
  • Kemiringan lantai: 1-2,5 ke arah depan
  • Jalur ban mobil: 50-75 cm
  • Ruang gerak di sekitar: 1 meter

Jarak Aman Ukuran Carport

Usahakan untuk memberikan jarak aman ukuran carport sekitar 1 meter dari ukuran mobil sesungguhnya.

Misalnya, jika lebar mobil 1,7 meter, lebar ukuran carport dibuat sekitar 2,5 meter. Sedangkan untuk panjang mobil 4,5 meter, buat panjang ukuran carport menjadi 6 meter.

Rumus Ukuran Garasi Mobil Paling Ideal

Jika Anda sudah mengetahui ukuran mobil Anda, kini saatnya mengukur rumah bagi mobil kesayangan. Dilansir dari rumah.com, ukuran sebuah garasi memiliki ketentuan berikut ini.

Tinggi garasi

Tambahkan minimal 100 cm dan semakin tinggi akan semakin baik karena membuat ruang garasi menjadi longgar dan bisa difungsikan sebagai tempat penyimpanan barang-barang. Silakan sesuaikan dengan ketinggian bangunan rumah.

Panjang garasi

Tambahkan 100 cm – 120 cm. Jadi, ada 80 cm – 100 cm sebagai ruang antara mobil dengan pintu garasi dan 20 cm sebagai ruang antara mobil dengan dinding.

Lebar garasi

Tambahkan 100 cm, yaitu 80 cm untuk ruang gerak lalu lalang orang dan 20 cm untuk ruang antara mobil dengan sisi dinding lainnya.

Jadi rumus ideal ukuran garasi mobil adalah:

Panjang Garasi = Panjang mobil (mm) + 1000 mm.

Lebar Garasi = Lebar Mobil (mm) + 1000 mm.

Tinggi Garasi = Tinggi Mobil (mm) + 1000 mm.

Rumus Ukuran Pintu Garas

Saat membuat pintu garasi, Kamu bisa mengacu kepada ukuran dimensi garasi yang telah diukur. Misalnya untuk contoh garasi mobil Daihatsu Terios, Anda bisa membuatnya dengan ukuran:

Panjang garasi = 5.4 meter

Lebar garasi = 2.7 meter

Tinggi garasi = 2.8 meter

Maka ukuran pintu garasi adalah sesuai dengan lebar dan tinggi garasi, yaitu pintu dengan lebar 2,7 meter dan tinggi pintu 2,8 meter.