Ganti Ban Mobil Itu Mudah Bahkan Cewek Pun Bisa, Ini Cara & Triknya!

Posted on

Cara Mengganti Ban Mobil – Mengganti ban mobil adalah salah satu yang harus kamu pahami dan bisa kamu lakukan apabila kamu sudah bisa menyetir mobil karena salah satu resiko yang harus kamu hadapi ketika mengendarai mobil adalah ban kempes meski ban dalam kondisi baru sekalipun.

Sebetulnya ganti ban mobil yang kempes itu mudah, bahkan untuk wanita sekalipun pasti bisa dengan mudah bisa mengganti ban mobil yang kempes apabila tahu caranya dan tips serta triknya.

Salah satu bagian yang sulit dalam langkah mengganti ban mobil yang kempes bukanlah saat mendongkrak namun sebetulnya pada saat membuka baut ataupun mur roda (velg).

Sering terjadi banyak orang kesulitan dalam melakukan ganti ban mobil adalah pada saat mengendurkan baut roda karena jika lama tidak buka apalagi saat mengencangkan terlalu kencang akan sangat keras pada saat membukanya bahkan mungkin cowok sekalipun bakal gagal mengendurkan mur atau baut roda jika gak tahu triknya.

Baca Juga: Ban Mobil Habis Sebelah Tidak Rata, Ini Penyebabnya!

Oke buat kalian yang selama ini kesulitan untuk bisa mengganti ban mobil yang kempes, baik wanita ataupun pria, kali ini saya akan bagikan tips & trik mengganti ban mobil yang bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah.

Alat-alat Untuk Ganti Ban Mobil

Cara Ganti Ban Mobil
Cara Ganti Ban Mobil

Sebelum kita ke langkah-langkah cara mengganti ban mobil, kita harus paham dulu apa alat-alat atau kunci-kunci yang dipelukan dalam melakukan ganti ban mobil yang kempes.

Alat-alat disini adalah alat yang harus kalian siapkan atau miliki dan dengan jenisnya yang dapat memperingan atau memudahkan kalian dalam mengganti ban kempes.

Dongkrak

Alat wajib yang pertama adalah dongkrak. pilih jenis dongkrak buaya hidrolik (mobil kecil). jangan pilih yang mekanis. bedanya, kalo hidrolik itu di pompa, kalo mekanis diputar. yang hidrolik akan lebih memudahkan karena lebih enteng dan simpel.

cara ganti ban mobil dengan dongkrak buaya hidrolik
Dongkrak buaya hidrolik

Kalo cara menggunakannya pada udah paham ya, baut nya di kencengin, terus tinggal pompa. kalo mau turunin tinggal buka bautnya sedikit demi sedikit ya.

Baca Juga: Tujuan Spooring dan Balancing Roda Mobil

Kunci Roda

Seperti kita ketahui, kunci roda standard bawaan dari pabrikan itu gagangnya pendek. untuk mempermudah kita butuh yang lebih panjang. KIta bisa beli kunci roda model kunci sok yang gagangnya bisa ditarik (diperpanjang) atau kalo tidak mau beli, kamu bisa siapkan pipa yang masuk ke gagang kunci roda yang kamu punya. kunci palang 4 pun bisa kamu gunakan dan bisa diperpanjang pake pipa.

Ganjal Ban

Siapkan juga pengganjal ban, kalo kamu gak punya, bisa cari kayu balok atau batu besar di sekitar. ngapain di ganjal segala padahal ada rem tangan, kita tentunya harus jaga-jaga dari kemungkinan yang buruk.

Jangka Pengaman

Ini optional ya, kalo ada ini lebih baik untuk kesellamatan menjaga agar jika dongkrak ada masalah, jangka ini akan berfungsi menopang kendaraan dan tidak rubuh.

Jangka pengaman untuk ganti ban mobil
Jangka Pengaman

Segitiga Pengaman

Kalo ini pasti kamu tahu kan, itu segitiga buat nandai mobil yang sedang trouble yang biasa abang-abang sopir taruh beberapa meter di belakang truk yang sedang mogok atau berrmasalah.

Langkah Cara Mengganti Ban Mobil Yang Kempes

Setelah kita siapkan alat-alat atau kunci-kuncinya, yuk kita langsung aja ke langkah cara mengganti ban mobil yang kempes. Perhatikan dengan seksama karena saya juga akan kasih tips & trik cara ganti ban mobil biar kamu gak kesulitan lagi.

Siapkan Alat-alat & Kunci-kunci

Hal yang pertama harus dilakukan adalah siapkan peralatan seperti yang telah di utarakan di awal yaitu diantaranya dongkrak, kunci roda plus pipa untuk memperpanjang kunci roda (optional), segitiga pengaman dan ganjal serta jangan lupa ban serepnya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bunyi Per Mobil & Kaki-kaki

Pasang Segitiga Pengaman, Rem Tangan & Nyalakan Lampu Bahaya

Nyalakan lampu segitiga/bahaya/hazard dan jangan lupa tarik rem tangan serta pasang segitiga pengaman agar waktu kita ganti ban mobil yang kempes aman dari pengendara yang melintas karena ada signal atau pemberitahuan untuk mereka.

Kendurkan Baut Roda / Mur Roda

Langkah selanjutnya dalam mengganti ban mobil, sebelum kita mendongkrak, terlebih dahulu kita kendurkan mur/baut roda dengan menggunakan kunci roda, jika keras bisa pake pipa untuk memperpanjang kunci roda. jika tangan kamu gak kuat, kamu bisa gunakan kaki kamu buat injak sambil di hentak. Mur/baut roda  jangan sampai di lepas cukup dikendurkan.

Yang paling sulit untuk pemula ataupun kaum perrempuan adalah di bagian ini, maka tips nya adalah gunakan kunci roda model kunci sok dengan gagang yang dapat diperpanjang atau gunakan pipa untuk memperpanjang dan gunakan kaki (injak) sambil di hentak-hentak jika tangan gak cukup kuat buat mengendurkan.

Dongkrak Ban Mobil

Setelah mur atau baut roda bisa kita kendurkan, langkah selanjutnya untuk ganti ban mobil yang kempes adalah dongkrak mobil. Untuk posisi mendongkrak, bisa tempatkan dongkrak di tulang rangka atau chasis mobil, namun kelemahannya adalah kamu harus mendongkrak dengan cukup tinggi. Maka usahakan mendongkrak di bagian per atau di sayap (lengan ayun) (tergantung jenis yang digunakan apakah per keong atau per daun).

Dongkrak hingga posisi ban menggantung cukup tinggi sehingga nanti ban yang posisinya bulat sempurna tidak kempes bisa masuk.

Buka Mur roda / Baut Roda

Buka semua mur roda / baut roda dan usahakan di susun sehingga nanti akan kita pasang ke urutan asalnya. Ini penting untuk menghindari mur atau baut macet nantinya. Ini sangat penting terutama pada mobil besar atau yang ada masalah dengan drat.

Baca Juga: Tujuan Spooring dan Balancing Roda Mobil

Lepas Pasang Ban

Lepas ban yang kempes, kamu tinggal tarik saja dan pasang ban gantinya. Untuk memasang, apabila kamu tak kuat mengangkat, kamu bisa gunakan pipa untuk mencungkilnya. Selain itu, kamu juga bisa sedikit menurunkan dongkrak, tapi ini beresiko ya, jangan lakukan jika kamu gak terbiasa mengatur dongkrak.

Pasang Mur Roda/Baut Roda & Ratakan

langkah selanjutnya dalam ganti ban mobil kempes adalah kamu pasang lagi mur atau baut roda satu per satu dan ratakan. Setelah semuanya rata, kamu kencangkan sedikit dengan pola zig zag, kamu bisa hentak atau pukul gagang dengan telapak tangan. gak usah kenceng-kenceng karena bisa sakit tanganmu.

Turunkan Dongkrak & Kencangkan Mur & Baut Roda

Langkah terakhir dalam proses ganti ban mobil yang kempes adalah turunkan dongkrak dan kencangkan baut roda atau mur roda. mengencangkannya jangan pakai pipa ya, cukup pakai kunci roda nya saja karena itu sudah cukup kencang.

Hal-hal Penting Dalam Mengganti Ban Mobil Dengan Yang Baru

Selain cara dan tips ganti ban mobil kempes diatas, ada hal-hal penting yang harus kamu ketahui dalam menggganti ban mobil.

Yang pertama dan penting adalah setelah mengganti ban mobil dengan yang baru maka kita harus melakukan pengecekan tekanan angin ban. Mengecek tekanan sangat penting apalagi jika ban serep lama tersimpan dan tak pernah kamu cek tekanan anginnya.

Baca Juga: Spooring Menggunakan Benang & Meteran Itu Mudah, Begini Caranya!

Selanjutnya adalah jenis baut atau mur roda. arrah putaran mengencangkan dan mengendurkan baut roda atau mur roda kendaraan itu tidaklah sama. Perlu kamu ketahui, Untuk mobil kecil Mengencangkan Mur/baud roda searah dengan jarum jam, roda kanan dan kiri sama Mengendurkan Mur/baut roda berlawanan jarum jam, roda kanan dan kiri sama.

Lain hal dengan mobil esar (Bus & Truk). Untuk mobil truk & bus (mobil-mobil besar), roda kanan mengencankan (searah jarum jam), mengendurkan (berlawanan jarum jam). Roda kiri mengencankan (berlawanan jarum jam), mengendurkan ( searah jarum jam).

Sekian tentang cara ganti ban mobil yang kempes, semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.