Spooring Menggunakan Benang & Meteran Itu Mudah, Begini Caranya!

Posted on

Spooring Balancing Cara Spooring Menggunakan Benang & Meteran – Sering kita dengan istilah Spooring dan Balancing roda mobil. untuk apakah itu. yang pasti itu dilakukan pada roda dan kaki-kaki mobil atau roda kemudi mobil. yang di spooring itu adalah kaki-kaki agar selaras dan yang di balancing itu lebih kepada velg dan ban mobil.

Istilah spooring pastinya sudah tidak asing lagi bagi anda para pemilik kendaraan roda 4 ( Mobil ). Spooring artinya adalah keselarasan. yang diatur disini adalah keselarasan roda. bisa juga diartikan pelurusan roda. langkah spooring biasa dilakukan di bengkel khusus spooring dengan menggunakan alat khusus. namun dengan alat sederhana pun bisa dilakukan jika memang jauh dari bengkel khusus tersebut.

Spooring memang hal yang harus anda lakukan jika terjadi masalah pada sistem kemudi. kemudi yang bergetar bisa bikin keselamatan anda jadi taruhan. Pada kali ini akan coba saya bahas tentang bagaimana cara spooring menggunakan benang dan meteran. seperti kita ketahui spooring memang biasa dilakukan menggunakan alat canggih. namun untuk cara yang sederhana bisa anda coba tips ini.

Cara Spooring Mobil Menggunakan Benang

Cara spooring menggunakan benang & meteran
Cara spooring menggunakan benang & meteran

Baca Juga : Cara Membuka Tie Rod & Ball Joint

Tanda mobil perlu di spooring yang paling kelihatan adalah kondisi pada alur ban. jika kembang ban habisnya tidak rata, misal kembang habis bagian luar atau dalamnya saja atau malah tidak rata sama sekali atau bergelombang atau ban terlihat tidak lurus. itu salah satu tanda roda perlu di spooring. nah bagaimana cara mudah untuk spooring jika untuk yang jauh dari bengkel, solusinya adalah spooring menggunakan benang & meteran. berikut cara spooring menggunakan benang.

Cara spooring mobil menggunakan benang

pertama kita parkirkan mobil di tempat yang permukaannya rata.

  • lepas dop velg/velk bila anda menggunakanya.
  • lingkarkan benang dari roda belakang kearah roda depan sampai ke roda belakang sisi lainnya. dengan mengikatkan ujung-ujung benang ke chasis,per, atau apa saja di bagian dalam belakang roda.
  • setel panjang tie rod sehingga mendapatkan setelan yang pas.
  • setelan yang pas yaitu anda lihat pada roda depan, sisi roda depan bagian belakangnya pas menyentuh benang (tidak renggang dan tidak mendorong benang). pada kedua sisi roda depan (roda kiri dan kanan)
  • kencangkan kembali mur pengunci setelan tie rod.

Cara Spooring Mobil Menggunakan Meteran

Spooring menggunakan benang dan meteran adalah solusi sederhana, mudah namun ampuh untuk dilakukan disaat lokasi anda jauh dari bengkel khusus spooring dan balanching. dan untuk yang ingin menggunakan media meteran, berikut adalah cara spooring menggunakan meteran.

Dengan menggunakan meteran, ukur roda depan ( sisi depan dan sisi belakang ) anatara roda kanan dan kiri  dapatkan angka yang sama di kedua sisinya ( sisi depan dan sisi belakang ). dan untuk mengatur panjang pendeknya, setelan terdapat pada pipa dudukan tie rod. kondisi Ball joint & Tie rod jangan oblak, jika oblak, sebaiknya Perbaiki terlebih dahulu.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Tie Rod dan Ball Joint

Cara ini biasa dilakukan di bengkel didaerah yang tidak tersedia alat spooring. namun cara ini juga terbukti ampuh untuk memperbaiki setir bergetar dan ban habis sebelah. bagaimana dengan anda, apa mau mencoba cara ini, terimakasih atas kunjungan anda dan semoga Cara Spooring Menggunakan Benang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *