Memperbaiki Tie Rod dan Ball Joint, Begini Caranya!

Posted on

Kurniots.com – Memperbaiki Tie Rod dan Ball Joint – Tie Rod ( Terot ) dan Ball Joint ( Boljoin ) dalah salah satu komponen alat kemudi dan kaki-kaki pada Mobil. Terot dan boljoint ini di beberapa Mobil ada yang bebas perawatan dan ada juga yang harus rutin diberikan gemuk (Grease).

Tanda Tie Rod dan Ball Joint yang harus rutin diberikan gemuk adalah terdapat lubang-lubang niple pada komponen tersebut. umumnya niple untuk memasukan gemuk ini ditemukan pada mobil-mobil besar atau truk dan bus.

Memperbaiki tie rod dan ball joint diperlukan jika sudah terjadi aus atau longgar. tie rod yang aus akan terasa pada stir yang goyang banyak speling dan untuk ball joint aus akan membuat ban miring tidak tegak lurus. kondisi ini juga bisa menyebabkan ban tidak rata dan akan terasa getaran pada stir dalam kecepatan tertentu.

Tanda Tie Rod dan Ball Joint Rusak

Memperbaiki Tie Rod dan Ball Joint
Tie Rod Mobil

Kurniots.comMembuka Tie Rod dan Ball Joint – Melepas Tie Rod dan Ball Joint itu memang ada triknya jika tidak menggunakan alat Khusus treker. jika kita tidak mempunyai alat pembuka Tie Rod dan Ball Joint anda bisa membelinya atau meminjamnya.

Jika mau lepas tie rod atau lepas ball joint tanpa treker, palu adalah alat yang harus kamu pakai. Kita bisa menggunakan palu yang sedang. bagaimana cara membuka Tie Rod dan Ball Joint dengan alat seadanya dan sederhana bisa anda simak dibawah ini.

Saya sarankan anda menggunakan alat khusus, menggunakan palu adalah cara yang banyak dipakai para mekanik di bengkel-bengkel untuk melepas tie rod atau melepas ball joint, namun tidak saya rekomendasikan jika anda ragu. resiko tanggung sendiri ya.

Baca Juga : Penyebab Ban Habis Tidak Rata / Habis Sebelah

Cara Membuka Tie Rod dan Ball Joint Mobil

cara melepas tie rod dan ball joint
cara melepas tie rod dan ball joint

Membuka Tie Rod atau membuka Ball Joint mobil bisa anda lakukan menggunakan palu konde yang sedang, caranya sbb.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Tie Rod dan Ball Joint

  • Buka dahulu pin pengaman mur Tie Rod dan Ball Joint
  • Kendurkan dan buka mur Tie Rod dan Ball Joint
  • Pukul-pukul pakai palu pada dudukan tempat Tie Rod dan Ball Joint tersebut dan ingat jangan pukul Tie Rod dan Ball Jointnya melainkan dudukannya.
Cara Membuka Tie Rod dan Ball Joint
 membuka tie rod
  • Jika bandel gak mau lepas lakukan sambil dicongkel atau beri minyak rem untuk meleburkan karat.

Baca Juga : Cara Spooring Menggunakan Benang & Meteran

Cara melepas tie rod dan ball joint seperti itu umum digunakan di bengkel-bengkel di daerah pada kendaraan berat seperti truk yang biasanya terlampau keras. yang jika menggunakan alat khusus pun malah alatnya yang kalah dan patah. anda bisa praktekan cara ini sendiri. namun hati-hati untuk yang menggunakan stir Power steering arah pukulan sebaiknya jangan memberikan hentakan ke arah stir.

Jika anda mempunyai alat khusus pembuka Tie Rod dan Ball Joint tentunya itu adalah hal yang mudah. namun terkadang ada juga kasus yang macet yang harus juga dibantu dengan sedikit pukulan. semoga berhasil dan semoga Cara Mebuka Tie Rod dan Ball Joint bermanfaat untuk anda.

Sebelum kita ke cara memperbaiki tie rod dan ball joint, kita kenali dahulu tanda tie rod dan ball joint yang rusak. tie rod dan ball joint bisa aus atau rusak seiring dengan usia pakai kendaraan dan medan yang sehari-hari dilalui. semakin buruk kualitas jalan yang sering dilalui maka akan semakin cepat komponen ini aus atau oblak.

Tanda Tie Rod Rusak adalah jarak bebas / speeling stir panjang. dan jika dipacu pada kecepatan tinggi di jalanan mulus maka setir akan bergetar sedangkan tanda Ball Joint rusak bisa terlihat posisi ban tidak tegak lurus alias miring. dan jika menginjak lubang akan membanting atau berbunyi.

Cara Memperbaiki Terot dan Joint Rusak

Memperbaiki Tie Rod dan Ball Joint
Ball Joint Mobil

Ada cara memperbaiki, ada cara mengakali. saya bedakan dua cara untuk servis tie rod dan ball joint.

Baca Juga : Cara Melepas Tie Rod & Ball Joint

Untuk memperbaiki, yang harus anda lakukan adalah mengganti tie rod dan ball joint dengan yang baru. anda tinggal buka dan ganti saja, lalu anda setel kembali keselarasan roda-roda kemudi atau istilahnya spooring.

Sementara cara yang kedua adalah cara memperbaiki tie rod dan ball joint dengan mengakalinya. untuk mengakalinya, anda gak harus ganti baru, yang harus anda lakukan adalah memperbaiki kondisi tie rod yang ada dengan cara sebagai berikut:

  • Anda Buka Tie Rod dan Ball Joint menggunakan alat Khusus membuka tierod atau dengan cara lainnya.
  • Lepas karet Boot pada Tie Rod dan Ball Joint
  • Kemudian pukul bagian ini seperti di gambar dengan alat seperti di gambar.
  • Atau anda lakukan cara kedua dengan mengganti plastik bantalan di dalamnya. buka seperti petunjuk di gambar berikut kemudian laskan plt melingkar umtuk nanti di klemkan pada penutup karena kalo di las kembali plastik akan meleleh.

Cara Servis / Memperbaiki Tie Rod dan Ball Joint

Kedua cara tadi bisa anda lakukan jika tidak ingin mengganti baru karena beberapa alasan seperti tidak tersedianya sparepart di daerah anda atau lainnya. dan setelah melakukan perbaikan pada tie rod dan ball joint, anda harus men spooring roda kendaraan tersebut untuk mengatur kembali keselarasan atau kelurusan roda-roda tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *