Tujuan Spooring dan Balancing Roda Mobil

Posted on

Kurniots.comTujuan Spooring dan Balancing Roda Mobil – Sering kita dengan istilah Spooring dan Balancing pada kaki-kaki dan ban mobil. Untuk apakah itu. yang pasti itu dilakukan pada roda dan kaki-kaki mobil atau roda kemudi. Secara singkatnya, spooring dan balancing adalah untuk menyelaraskan kaki-kaki dan roda mobil.

Bagian yang dilakukan spooring itu adalah kaki-kaki mobil agar selaras dan yang di balancing itu lebih kepada velg dan ban mobil. lalu apakah sebetulnya kedua istilah Spooring dan Balancing ini secara teknis. berikut ini untuk lebih jelasnya.

Arti Istilah & Tujuan Spooring dan Balancing

Tujuan Spooring dan Balancing Roda Mobil
Tujuan Spooring dan Balancing Roda Mobil
  • Spooring

Wheel Alignment’ atau yang biasa dikenal sebagai spooring merupakan analisa, pengukuran dan penyesuaian sudut suspensi dan kemudi yang dilakukan terhadap mobil anda dan bertujuan untuk memastikan apakah roda mobil sudah sesuai dengan standar pabrikan mobil.

Baca Juga: Membuka Tie Rod dan Ball Joint, Begini Caranya!

Secara simplenya adalah menyelaraskan ke empat roda baik kemiringan, dan kelurusannya. Yang diselaraskan atau yang diatur penempatan atau alignmentnya adalah Camber, Caster dan Toe.

  • Balancing

Nah kalo anda pasti tahu artinya, ya proses ini untuk menyeimbangkan apa yang seimbang, Proses balancing dilakukan dengan cara melepas roda dan memutar pada alat balancing. Proses ini setelah ban dibalance biasa, selanjutnya dipasang pada mobil dan diputar pada mobil untuk diatur keseimbangan total.

Baca Juga: Memperbaiki Tie Rod dan Ball Joint, Begini Caranya!

Dalam hal ini yang turut mempengaruhi adalah bearing roda, hub roda bahkan lugnut atau mur roda. cara menyeimbangkannya bagian yang lebih ringan ditambahin bobotnya dengan timah. Dipasang sedemikian biar distribusi bobotnya lebih merata.

Untuk Spooring sendiri lebih akuratnya dilakukan dengan alat khusus biasa terdapat di bengkel-bengkel spooring dan balancing namun bisa juga dengan Cara Spooring Sederhana.

Bagaimanakah atau seperti apakah tanda mobil perlu di spooring, salah satu tanda yang bisa terlihat adalah ban mobil yang habisnya tidak rata dan kemudi yang tidak lurus atau tidak stabil bisa juga berat ke salah satu sisi kamu bisa baca artikel memperbaiki ban mobil tidak rata untuk lebih memperdalamnya. Sekian tentang Tujuan Spooring dan Balancing Roda Mobil semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *